x

Rafael Leao Cedera, AC Milan Ketar-ketir Hadapi Inter Milan di Liga Champions

Minggu, 7 Mei 2023 12:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Cedera yang menghantam Rafael Leao membuat AC Milan ketar-ketir jelang menghadapi Inter Milan pada semifinal Liga Champions 2023. REUTERS/Daniele Mascolo

FOOTBALL265.COM – Cedera yang menghantam Rafael Leao membuat AC Milan ketar-ketir jelang menghadapi Inter Milan pada semifinal Liga Champions 2023.

Pasalnya, AC Milan saat ini belum menemukan alternatif yang pas untuk menggantikan Leao sebagai mesin serangan skuad Stefano Pioli.

Diketahui, Rafael Leao terpaksa ditarik lebih awal dalam laga kemenangan AC Milan atas Lazio yang berakhir skor 0-2 pada lanjutan Liga Italia, Sabtu (6/5/23).

Dua gol untuk kemenangan AC Milan tersebut dicetak oleh Ismael Bennacer (17’) dan Theo Hernandez (29’).

Menurut laporan, Rafael Leao mengalami cedera otot. Dia tampak mencengkeram paha kanan sehingga membuatnya ditarik di menit ke-22.

Baca Juga

Stefano Pioli khawatir jika Rafael Leao tidak ditarik lebih awal akan membuat cedera jadi tambah parah. Namun Leao sendiri sudah meyakinkan kondisinya baik-baik saja.

Melansir Football Italia, tes terhadap Leao akan dilakukan dalam waktu dekat. Namun, AC Milan tetap merasa khawatir jika Rafael Leao terpaksa absen sisa pertandingan musim ini.

Baca Juga

Rafael Leao sendiri merupakan bagian penting daskuat Stefano Pioli yang terus berjuang di jalur kemenangan sejauh musim ini.

Tidak hanya di Liga Spanyol, tetapi pemain sayap Portugal itu juga menjadi andalan Pioli yang akan bertanding di semifinal Liga Champions melawan Inter Milan pekan depan.

AC Milan dijadwalkan akan menghadapi Inter Milan pada leg pertama Liga Champions, Rabu (11/05/23). Jika Leao tidak bisa beraksi, Rossoneri harus mencari alternatif lain.

Baca Juga

1. Siapa Pengganti Leao?

Selebrasi pemain AC Milan Theo Hernandez merayakan gol kedua mereka bersama Alexis Saelemaekers pada Serie A Italia, Sabtu (06/05/23). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

Hampir semua penggemar AC Milan tidak bisa membayangkan 11 pemain tanpa Rafael Leao berjibaku menghadapi Romelu Lukaku dan kawan-kawan di semifinal Liga Champions nanti.

Namun, jika memaksakan diri bermain meski cederanya belum pulih 100 persen, Rafael Leao bisa memengaruhi hasil akhir AC Milan dalam perburuan tiket Liga Champions musim depan.

Sehingga, AC Milan butuh Plan B dengan menempatkan pemain-pemain yang sekiranya bisa menggantikan peran vital Rafael Leao sebagai kiri.

Menurut Football Italia, pengganti yang pas untuk Rafael Leao adalah Ante Rebic. Namun, winger asal Kroasia tersebut sudah jarang diandalkan karena performanya menurun.

Ante Rebic baru memainkan 22 pertandingan di Liga Italia dengan mengantongi tiga gol dan dua assist.  Selain itu, dia sudah tiga kali pertandingan terakhir menjadi pemain cadangan.

Baca Juga

Winger berusia 29 tahun tersebut bahkan hanya bermain 21 menit saat AC Milan menumbangkan Lazio di pertandingan terakhir Serie A Italia.

Opsi lainnya terlihat saat laga kontra Lazio, yakni Alexis Saelemaekers yang menggantikan posisi Leao di sayap kiri. Permainannya tidak buruk-buruk amat.

Saelemaekers tampil cukup efektif saat mengacak-acak lini pertahanan Lazio dan bahkan lebih bertahan daripada Leao. Perannya ini membuat ruang bagi Theo Hernandez lebih sering menyerang ke belakang.

Baca Juga

Selain itu, Saelemaekers juga akan menjadi penghalang jika Denzel Dumfries berusaha maju ke depan di sayap kanan mereka.

Opsi lain, Brahim Diaz yang diistirahatkan di laga Lazio vs AC Milan juga bisa dimainkan. Diaz bisa bermain melebar dari sayap kanan melawan Inter.

Jika nanti AC Milan memasang Brahim Diaz, Ismael Bennacer akan mengambil peran lebih dalam sebagai trequartista atau playmaker yang menginisiasi serangan.

Baca Juga
Liga ChampionsAC MilanInter MilanAC Milan NewsRafael LeaoBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini