x

Liga 1: Gandeng Tim Eksternal, Arema FC Geber Tes Fisik untuk Persiapan Kompetisi

Rabu, 10 Mei 2023 17:18 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
Bagas Adi Nugroho dan Johan Farizi pemain Arema FC saat lakukan tes fisik. (Foto: MO Arema FC)

FOOTBALL265.COM - Arema FC terus memantapkan persiapan tim jelang mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023/2024 mendatang. Program latihan semakin intensif dilakukan.

Memasuki pekan kedua, tahapan program latihan juga semakin meningkat levelnya. Dari yang hanya sekedar menjaga kebugaran fisik, kini mulai ditingkatkan.

Arema FC lantas menggeber tes yang khusus bertujuan untuk mengetahui level kebugaran fisik dalam sesi latihan di Stadion Gajayana, Rabu (10/05/23).

Agar program berjalan maksimal, klub berlogo kepala singa lantas menggandeng tim eksternal dari Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.

"Jadi, kita membantu tim pelatih untuk melakukan beberapa tes kebugaran (fisik)," ungkap Dokter Arema FC, Nanang Tri Wahyudi kepada awak media.

Baca Juga

"Nantinya, (penilaian) ini akan menjadi rekomendasi berkaitan dengan program latihan ke depan," imbuh dokter bergelar SpKO (spesialis keolahragaan) tersebut.

Dia lantas menjabarkan ada 7 tes yang digelar dalam latihan tersebut. Semuanya bertujuan untuk mengetahui sejauh mana level kebugaran anak asuh I Putu Gede.

Baca Juga

Ke-7 tes yang digeber Arema FC antara lain antropometri, flexibility test, dynamometer, jumpu, speed test, agility test dan submaximal test atau endurance.

"Kapten (Johan Ahmat Farizi) masih bagus, levelnya paling tinggi. Kemudian ada Bagas (Adi Nugroho) dan pemain lainnya," bilang dokter Nanag.

"Hal ini akan menjadi bahan acuan saat ada tes berikutnya. Nanti akan kita setorkan ke tim pelatih," pungkas dia.


1. Menuju Tes Case

Pelatih Arema FC, I Putu Gede.

Lebih lanjut, I Putu Gede menerangkan bahwa pihaknya memang sengaja menggelar persiapan tim lebih awal selama pramusim kompetisi.

Kebijakan ini juga selaras dengan visi dan misi yang diusung Arema FC untuk memperbaiki prestasi untuk kompetisi musim 2023/2024 mendatang.

"Ini menjadi bagian dari upaya kita untuk membangun tim ini. Dan sepertinya baru tim kita yang memulai persiapan," ungkap Pelatih Arema FC tersebut.

"Kenapa lebih awal? Karena harapannya tim ini bisa lebih baik sebelum benar-benar berlaga di kompetisi nanti," sambung eks Pelatih PSMS Medan itu.

Program yang disusun I Putu Gede bersama tim pelatih Arema FC sudah rapi. Yang pertama, adalah pembentukan tim yang diupayakan rampung Mei ini.

Baca Juga

Selanjutnya, baru kemudian Tim Singo Edan menuju test case sesungguhnya. Yaitu dengan menggeber sejumlah laga uji coba pramusim.

"Kemungkinan mulai Juni, karena test case-nya disitu. Ada beberapa pertandingan uji coba atau turnamen, lebih bagus," beber Putu.

Baca Juga

Sebelum menuju tahapan itu, aspek fisik disebutnya sangat penting. Sehingga, tes fisik yang dilakukan Arema FC pada Rabu (10/05/23) menjadi permulaan.

Upaya mematangkan level fisik bakal semakin intensif ketika pelatih yang khusus menangani aspek itu segera datang dalam waktu dekat.

"Kita akan datangkan pelatih khusus fisik yang sesuai dengan gaya permainan dan karakter tim ini," pungkas pelatih yang sempat menukangi Perseru Serui itu.

Baca Juga
Liga IndonesiaI Putu Gede SwisantosoArema FCLiga 1

Berita Terkini