x

Serahkan Jadwal Liga 1 ke Kapolri, Erick Thohir: Kick Off 1 Juli hingga 30 Mei 2024

Rabu, 10 Mei 2023 22:00 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir telah bertemu Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan menyerahkan jadwal pertandingan Liga 1 2023/24.

FOOTBALL265.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir telah bertemu Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan menyerahkan jadwal pertandingan Liga 1 2023/24. Dia ingin memastikan kompetisi berjalan jauh lebih baik ketimbang musim-musim sebelumnya.

Dalam rancangan jadwal kompetisi yang diserahkan ke Kepolisian, PSSI berencana menggelar Liga 1 mulai 1 Juli 2023 hingga 30 Mei 2024. Jadwal itu disusun oleh pengelola kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Dikatakan Erick Thohir, PSSI menyerahkan jadwal lebih awal agar bisa dipelajari oleh Kepolisian supaya  kendala-kendala terkait izin pertandingan  bisa diselesaikan jauh hari.

Dengan demikian, kompetisi akan berjalan lebih teratur dan tidak ada lagi yang digelar tanpa penonton. Hal itu juga memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penonton, sponsor serta pemegang hak siar.

"Hari ini saya menyerahkan jadwal Liga 1 kepada Kapolri, Pak Listyo Sigit dengan harapan PSSI akan terus berkoordinasi dengan kepolisian dalam hal perizinan, pengaturan keamanan, serta memberikan kenyamanan bagi penonton, sponsor, serta siaran televisi," kata Erick Thohir saat bertemu Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Labuan Bajo, NTT, Rabu (10/05/23).

"Jadwal yang kami serahkan ini sudah kami koordinasikan dengan PT LIB sebagai operator liga, dan kita berharap semuanya komitmen demi lancarnya kompetisi sepakbola nasional," imbuhnya.

Baca Juga

Erick menambahkan bahwa penyerahan jadwal kompetisi ini merupakan bagian dari komitmen PSSI. Federasi meminta  PT LIB untuk menyiapkan jadwal paling cepat tiga bulan sebelum kompetisi dimulai.

"Hal ini sudah dibicarakan beberapa waktu lalu termasuk permintaan dari Presiden Jokowi. Kami coba merapikan sistem, sebab jika sistemnya belum rapi, ya nanti jangan salahkan juga pihak kepolisian kalau tidak keluar izin," tutur Ketum PSSI.

"Ini merupakan hasil kesepakatan saya dengan Pak Kapolri dan Presiden sudah meminta semua izin harus keluar 3 bulan sebelum pertandingan," lanjutnya.

Baca Juga

Erick Thohir menyampaikan, Kapolri sangat mendukung langkah PSSI yang memaparkan jadwal lebih awal. Hal itu membuat Kepolisian punya waktu untuk memetakan dan berkoordinasi dengan Kepolisian di daerah terkait pengamanan kompetisi.

"Saya sudah memberikan surat resmi jadwal Liga 1 2023/24 yang akan dimulai 1 Juli sampai 30 Mei 2024 secara resmi kepada Kapolri," jelas Erick Thohir.

"Ini sebagai komitmen kita agar melakukan liga lebih baik, dimana jauh hari sudah ada koordinasi dengan kepolisian," tambahnya

Baca Juga

1. Akan Terus Follow Up Terkait Jadwal

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

PSSI akan terus lakukan follow up dengan Kapolri dan akan lakukan rapat dengan semua Kapolda di Indonesia guna melihat detail jadwal pertandingan.

"Mudah-mudahan ini menyajikan semua saya harap juga berjalan bersih dan hasilkan yang baik," tuntas Erick Thohir.

Baca Juga

Untuk musim baru, akan ada perubahan nama untuk dua kompetisi teratas. Liga 1 akan jadi Liga Indonesia dan Liga 2 berganti nama jadi Liga Nusantara.

Nanti juga ada juga Piala Presiden yang akan digelar oleh PSSI yang melibatkan klub Liga 1 dan Liga 2.

Berdasarkan kesepakatan baru dari klub peserta Liga1 pada Sarasehan beberapa waktu lalu, diketahui, klub menyarankan kuota pemain asing ditambah mulai musim depan, agar sesuai dengan standar kompetisi AFC.

Baca Juga

Adapun usulannya adalah adalah 5+1, yakni empat pemain asing (bebas)  satu pemain Asia dan satu slot Asia Tenggara.

Meskipun kuotanya 5+1, tapi yang boleh didaftarkan dalam susunan tim saat bertanding hanya 4+1. Ini agar pemain asing tidak terlalu dominan. 

PSSIErick ThohirKapolriLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Listyo Sigit Prabowo

Berita Terkini