x

7 Pemain Naturalisasi yang Siap Bela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Jumat, 12 Mei 2023 17:45 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Sandy Walsh dan Jordi Amat. Foto: PSSI

FOOTBALL265.COM - Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong baru saja tergabung ke dalam Grup D di Piala Asia 2023 yang akan dimainkan Januari tahun depan di Qatar.

Di Grup D Piala Asia 2023, Timnas Indonesia bakal bersua lawan kuat yaitu Irak, Vietnam dan Jepang berdasarkan drawing yang dilakukan di Qatar, Kamis (10/05/23) kemarin.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong berkesempatan hadir langsung di acara drawing Piala Asia 2023.

Menyikapi hasil drawing, Erick Thohir menyatakan Timnas Indonesia siap bersaing di Grup D. Seluruh lawan dinilai tangguh, jadi persiapan skuat Garuda harus maksimal. 

Jepang jadi lawan paling berat karena berstatus juara empat kali Piala Asia dan langganan Piala Dunia. Bahkan, di Piala Dunia 2022 lalu, tim Samurai Biru sukses mengalahkan Jerman dan Spanyol.

Baca Juga

Lalu ada Vietnam yang menjadi rival berat Timnas Indonesia di Asia Tenggara, serta Irak yang juga tak bisa dianggap enteng.

Meski menghadapi lawan tangguh, Erick Thohir menegaskan Indonesia tak gentar. Tim asuhan Shin Tae-yong disebut siap tampil habis-habisan.

"Kita sudah tahu kualitas Jepang levelnya sudah elite dunia, juga dengan Irak dan Vietnam. Seluruhnya adalah tim yang tangguh," katanya.

Baca Juga

"Tapi semua bisa terjadi dalam 90 menit dan semua dimulai dengan skor 0-0. Kita siap, meski tantangannya tidak mudah," imbuhnya.

Selain itu, Shin Tae-yong diprediksi juga akan memakai jasa pemain naturalisasi di Timnas Indonesia. Ada setidaknya tujuh pemain keturunan Eropa yang bisa dipasang di Piala Asia 2023. Siapa saja mereka?

Baca Juga

1. 1. Marc Klok

Pemain Timnas Indonesia Marc Klok memprotes keras wasit pada pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion My Dinh National, Hanoi, Senin (09/01/23). (Foto: PSSI)

Yang pertama jelas ada gelandang andalan Persib Bandung yaitu Marc Klok. Ia sudah menjadi anak kesayangan Shin Tae-yong sejak SEA Games 2021 lalu.

Peran Marc Klok di lini tengah Timnas Indonesia tidak tergantikan. Karena sudah paham bahasa Indonesia, ia mampu berkomunikasi dengan baik dengan rekan-rekannya di lapangan.

Bahkan setelah drawing Piala Asia 2023, Marc Klok sempat buka suara di media sosial. Ia mengirim sinyal kepada calon lawannya yakni Vietnam, Irak dan Jepang.

"Lest go. See you (sambil memberikan emoticon bendera Jepang, Irak dan Vietnam," tulis Marc Klok di Instagram.

2. Stefano Lilipaly

Yang kedua ada Stefano Lilipaly, di mana pemain Borneo FC ini juga sudah lama tinggal di Tanah Air dan paham bahasa Indonesia.

Baca Juga

Hal ini membuat Stefano Lilipaly bisa berkomunikasi dengan baik dengan rekan-rekannya di lapangan. Ia sempat membuktikan kualitasnya saat dipanggil Shin Tae-yong di FIFA Matchday Maret 2023 lalu.

Saat itu Stefano Lilipaly mampu membawa Timnas Indonesia unggul 3-1 atas Burundi. Hal ini membuatnya kemungkinan akan kembali dipanggil oleh Shin Tae-yong jelang Piala Asia 2023.

Baca Juga

3. Jordi Amat

Pemain selanjutnya ada Jordi Amat yang dipastikan bakal dipanggil ke Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023. Pengalamannya pernah mentas di Eropa sangat dibutuhkan untuk meredam para striker Jepang.

Meski berstatus sebagai bek tengah, Jordi Amat diketahui sudah mencetak gol debut bagi Timnas Indonesia. Ia mencetak gol saat Garuda ditahan Burundi 2-2 di leg kedUA FIFA Matchday Maret 2023.

Baca Juga

2. 4. Sandy Walsh

Sandy Walsh di Kemenkumham untuk rampungkan proses naturalisasi menjadi WNI, Kamis (17/12/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Selanjutnya ada Sandy Walsh yang dipastikan besar bisa ikut di Piala Asia 2023. Ia sempat beberapa kali gagal memenuhi panggilan Shin Tae-yong karena terganjal izin klub.

Kemudian di FIFA Matchday Maret 2023 lalu, ia kembali gagal menjalani debut karena masih dalam pemulihan cedera. Namun, Sandy Walsh pernah menyatakan kesiapannya di Piala Asia 2023.

Bek milik klub kasta tertinggi Liga Belgia, KV Mechelen tersebut sangat dibutuhkan perannya sebagai bek kanan. Apalagi ia memiliki pengalaman bermain di Eropa.

5. Shayne Pattynama

Sama seperti Sandy Walsh, Shayne Pattynama juga sudah tidak sabar menjalani debut bersama Timnas Indonesia.

Namun ada kabar baik, di mana anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, memastikan bahwa proses perpindahan federasi Shayne Pattynama dari KNVB ke PSSI sudah disetujui FIFA

Ia sangat layak membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Kiprahnya di level Eropa bersama klub Norwegia yakni Viking FK, menjadi tolok ukur bek kiri 24 tahun itu memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

6. Ivar Jenner

Ivar Jenner juga bisa menjadi tambahan pemain naturalisasi di Timnas Indonesia senior untuk Piala Asia 2023.

Ia tercatat pernah ikut tampil bersama Timnas Indonesia U-20 saat berjumpa Baerum SK untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023.

7. Rafael Struick

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir sempat menyebut proses naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick akan segera selesai karena sudah ditandatangani oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Rafael Struick bisa dipertimbangkan oleh Shin Tae-yong untuk masuk ke dalam skuat Timnas Indonesia senior di Piala Asia 2023.

Stefano LilipalyNaturalisasiTimnas IndonesiaPiala Asia 2023Sandy WalshMarc KlokIvar JennerShin Tae-yongShayne PattynamaJordi AmatRafael William Struick

Berita Terkini