x

Pelatih Persis Solo Sukses Bikin Sutanto Tan Bersinar, Kanu Helmiawan Selanjutnya?

Jumat, 12 Mei 2023 18:00 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Klub Liga 1, Persis Solo, memandang Muhammad Kanu Helmiawan sebagai pemain potensial yang masih bisa dikembangkan.

FOOTBALL265.COM - Persis Solo memandang Muhammad Kanu Helmiawan sebagai pemain potensial yang masih bisa dikembangkan. Kanu berpotensi dipoles mirip peran yang dijalankan Sutanto Tan pada Liga 1 2022-2023.

Pelatih asal Meksiko, Leonardo Medina Arellano, merupakan sosok yang menginginkan timnya mendominasi penguasaan bola. Makanya, dia menyulap Sutanto Tan menjadi bek tengah dalam formasi 3-5-2 atau 3-4-3.

Sutanto Tan memiliki ketenangan, akurasi passing dan pintar dalam build-up permainan. Kemampuan itu membuat seorang bek tak sekadar membuang bola ke depan, tetapi bisa mengalirkan bola ke tengah.

Kesuksesan Sutanto Tan menjalankan peran itu membuatnya masuk dalam nominasi pemain terbaik Persis Solo pada musim 2022-2023, bersama Alexis Messidoro, Ryo Matsumura dan Jaimerson Xavier.

Namun, Persis Solo tak bisa bergantung pada satu sosok saja. Laskar Sambernyawa membutuhkan back-up pemain yang bisa menjalankan fungsi yang sama.

Baca Juga

Maka, Persis Solo memutuskan untuk memberi kontrak baru pada Kanu Helmiawan. Pemain yang naik daun bersama Persita Tangerang ini punya potensi untuk jadi bek tengah yang tangguh.

Potensi ini diungkapkan Direktur Olahraga Persis Solo, Edwin Klok, dalam pengumuman Kanu Helmiawan. Gelandang yang baru berusia 22 tahun ini hanya butuh waktu untuk lebih berkembang.

Baca Juga

"Kanu berkembang dengan sangat baik. Ketika pertandingan perdananya menjadi bek tengah kala menghadapi Arema FC, ia membutuhkan sedikit adaptasi namun berhasil bermain dengan sangat baik," kata Edwin Klok.

Total pada musim lalu, Kanu Helmiawan bermain 21 kali di Liga 1 2022-2023. Ia bermain sesuai kebutuhan Persis Solo.

Kanu bisa diperankan sebagai gelandang maupun bek tengah. Peran ganda ini juga masih akan dijalankan Kanu dengan polesan dari Leonardo Medina.

"Leo berusaha menjadikan Kanu sebagai bek tengah modern. Kanu sangat kuat saat berduel, tak kenal takut dan memiliki kemampuan mumpuni saat menguasai bola. Kualitas umpan dia juga sangat bagus," papar Edwin Klok.

Baca Juga

1. Kontrak Panjang Kanu

Kanu Helmiawan gelandang Persis Solo mendapat panggilan pemusatan Timnas Indonesia U-23

Kanu Helmiawan sendiri menjadi muka lama kedua yang mendapat kontrak panjang dari Persis Solo. Sebelum ini, Persis Solo sudah memastikan Irfan Jauhari ada di tim hingga tahun 2026.

Irfan Jauhari merupakan lulusan Terang Bangsa Semarang. Performanya mulai dilirik ketika menjadi bagian dari Bali United U-18 yang dipegang I Made Pasek Wijaya.

Ketika dipromosikan ke tim senior dan persaingan sektor sayap sangat ketat, Jauhari menerima tawaran untuk gabung Persis Solo pada 2021 lalu. Jauhari membantu Persis Solo promosi ke Liga 1 2022-2023.

Edwin Klok menilai Jauhari pantas mendapatkan kontrak jangka panjang. Sama seperti Kanu, Jauhari memiliki potensi untuk berkembang lebih baik lagi.

"Kontrak Irfan Jauhari baru akan usai pada akhir 2024, tetapi kita sudah sangat yakin untuk memperpanjangnya hingga 2026," ungkap Edwin Klok.

Baca Juga

Rencananya, Persis Solo akan memulai persiapan pada Senin (15/05/23). Persis Solo memiliki waktu 45 hari andai kompetisi Liga 1 2023-2024 jadi digulirkan pada 1 Juli 2023 mendatang.

Sejauh ini, Persis Solo belum mengumumkan rekrutan anyar yang akan menggantikan Andri Ibo, Ferdinand Sinaga, Fabiano Beltrame, Samsul Arif dan Ryo Matsumura.

Baca Juga

Namun, Bos Persis Solo, Kevin Nugroho, sudah memastikan enam rekrutan anyar sudah setuju merapat ke Kota Solo. Persis Solo kemungkinan baru memperkenalan rekrutan anyar pekan depan.

Baca Juga
Persis SoloSutanto TanLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Leonardo Medina Arellano

Berita Terkini