x

5 Fakta Jelang Final SEA Games 2023: Indonesia vs Thailand

Selasa, 16 Mei 2023 13:11 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Beckham Putra merayakan golnya di laga Kamboja U-22 vs Timnas Indonesia U-22, SEA GAMES 2023. (Foto: PSSI)

FOOTBALL265.COM - Sejumlah fakta menarik hadir jelang pertemuan timnas Indonesia U-22 melawan Thailand di final SEA Games 2023.

Duel seru tersaji di pertandingan final cabang olahraga (cabor) sepak bola SEA Games 2023 antara Indonesia vs Thailand di Stadion National Olympic, Kamboja, Selasa (16/05/23) malam WIB.

Ini merupakan kesempatan bagi Timnas Indonesia U-22 mengakhiri penantian 32 tahun untuk merebut kembali medali emas SEA Games dari cabor sepak bola. 

Kali terakhir Timnas Indonesia U-22 mendapat emas di cabor sepak bola SEA Games terjadi pada tahun 1991 lalu. Jika melihat perjalanan Skuad Garuda Muda di SEA Games 2023 ini.

Patut optimis emas kembali diboyong oleh anak asuh Indra Sjafri. Pasalnya, performa mereka sangat menjanjikan dari babak penyisihan hingga fase gugur. 

Baca Juga

Dimana tim besutan Indra Sjafri itu belum sekalipun menelan kekalahan maupun hasil imbang, semua dilibas dengan kemenangan.

Kiprah gemilang itu diawali pada babak penyisihan Grup A. Tergabung bersama Filipina, Myanmar, Timor Leste dan tuan rumah Kamboja, Timnas Indonesia U-22 tak menemui kesulitan berarti. 

Baca Juga

Mereka menang 3-0 atas Filipina, membantai Myanmar 5-0, membungkam Timor Leste 3-0 dan menekuk Kamboja 2-1. Raihan sempurna 12 poin, membawa Merah Putih lolos ke semifinal dengan status juara grup A.

Lalu di babak semifinal, Timnas Indonesia U-22 kembali menunjukan ketangguhannya sebagai calon juara.

Melawan Vietnam sebagai runner-up Grub B, timnas Indonesia menang 3-2. Cara Indonesia lolos ke final SEA Games 2023 terbilang lebih dramatis. 

Indonesia harus bermain dengan 10 orang pemain dalam 30 menit terakhir dan terus berada dalam tekanan Vietnam saat kedudukan imbang 2-2. 

Namun Indonesia kemudian mampu mencetak gol penentu kemenangan lewat Muhammad Taufany di masa injury time. Skor 3-2 bertahan hingga laga usai.  

Sedangkan Thailand juga berhasil menyudahi babak penyisihan dengan status juara grup B. Thailand mengoleksi 10 poin dan unggul selisih gol atas Vietnam yang juga mengumpulkan poin sama.

Lolos ke semifinal, Thailand menghadapi runner-up grup A, Myanmar. Sempat mendapatkan perlawanan keras, Thailand akhirnya bisa membungkam lawannya dengan skor 3-0. Mereka pun melaju ke final.

Baca Juga

1. Tim Paling Produktif

Laga Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam pada partai semifinal SEA Games 2023. (Foto: CdM Indonesia SG 2023)

Selain mencatatkan kemenangan sempurna, im asuhan Indra Sjafri juga tampil produktif dengan mencetak sebanyak 16 gol. Rekor kebobolan Indonesia juga bagus, baru kemasukan tiga gol.

Ini adalah final ketujuh bagi timnas Indonesia U-22 di cabor sepak bola SEA Games. Enam edisi final SEA Games sebelumnya Indonesia hanya mampu meraih dua kemenangan pada 1987 dan 1991.

Pertemuan Keempat

Sementara melawan Thailand di final SEA Games, jadi pertemuan keempat bagi timnas Indonesia U-22.  Tiga pertemuan sebelumnya yang terjadi pada edisi 1991, 1997 dan 2013. 

Dari tiga pertemuan di final itu, Indonesia hanya bisa sekali menang, tepatnya pada tahun 1991 alias kali terakhir Indonesia meraih medali emas SEA Games.

Final Kedua Indra Sjafri

Indra Sjafri mampu mengantarkan Timnas Indonesia U-22 ke final SEA Games untuk kedua kalinya.

Baca Juga

Pria asal Sumatera Barat itu pernah mengantarkan Indonesia lolos ke final SEA Games pada 2019. Saat itu, Indonesia kalah 0-3 dari Vietnam di Filipina. 

Thailand Punya Pemain Klub Eropa

Pada SEA Games 2023, Thailand diperkuat dua pemain yang berkarier di klub Eropa. Dia adalah Achitpol Keereerom dan Chayapipat Supunpasuch.

Baca Juga

Achitpol bermain untuk klub kasta keempat Liga Jerman, FC Augsburg II. Sedangkan Chayapipat merupakan bagian dari klub divisi ketiga Liga Portuga, S.C Praiense.

Pratama Arhan Absen

Timnas Indonesia U-22 dipastikan tanpa bek kiri andalannya, Pratama Arhan, di final SEA Games 2023 menghadapi Thailand.

Pasalnya sang pemain harus menjalani hukuman kartu, yang ia dapat saat melawan Vietnam di babak semifinal.

Pemain asal klub Tokyo Verdy itu diganjar kartu kuning kedua karena melanggar Nguyen Duc Phu di babak kedua. 

Baca Juga
ThailandTRIVIATimnas Indonesia U-22SEA Games 2023

Berita Terkini