x

Media Barat Kawal Perjuangan Timnas Indonesia Ciptakan Sejarah SEA Games 2023

Selasa, 16 Mei 2023 15:40 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Perjuangan Timnas Indonesia U-22 menciptakan sejarah di SEA Games 2023 jelang menghadapi Thailand di final sepak bola putra mendapat sorotan media asing.

FOOTBALL265.COM - Perjuangan Timnas Indonesia U-22 menciptakan sejarah di SEA Games 2023 jelang menghadapi Thailand di final sepak bola putra mendapat sorotan media asing.

Final sepak bola SEA Games 2023 akan diwarnai dengan duel sengit antara Timnas Indonesia U-22 vs Thailand di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, pada Selasa (16/05/23).

Timnas Indonesia U-22 berhasil mencapai babak pamungkas setelah menjadi juara di Grup A mampu memberikan kejutan yakni meraih kemenangan 3-2 atas Vietnam selaku runner-up Grup B di semifinal.

Skuat Garuda berhasil menang berkat gol dari Komang Teguh (10’), Muhammad Ferrari (54’) dan Muhammad Taufany (90+5’).

Sementara Thailand menang telak 3-0 atas Myanmar di babak semifinal sepak bola SEA Games 2022 kemarin.

Baca Juga

ESPN menyoroti potensi Timnas Indonesia dan Thailand menciptakan sejarah bagi masing-masing tim jika mampu memenangkan medali emas di ajang multiolahraga Asia Tenggara ini.

Sejarah akan tercipta di Olympic Stadium Phnom Penh pada Selasa malam, terlepas dari apakah Thailand atau Indonesia yang menang di final sepak bola putra SEA Games ke-32,” tulis ESPN.

Baca Juga

Bagi Timnas Indonesia, di mata ESPN, kemenangan medali emas ini bisa mengakhiri penantian gelar juara sejak medali emas pertama yang berhasil diraih pada 1991.

Kala itu, Timnas Indonesia di bawah arahan pelatih asal Rusia, Anatoli Fyodorich Polosin, berhasil meraih medali emas, setelah mengalahkan Thailand lewat adu penalti dengan skor 4-3.

Medali emas SEA Games 2023 kali ini tidak hanya mengakhiri penantian gelar di turnamen serupa, tetapi juga di semua kompetisi lingkup Asia Tenggara.

Baca Juga

1. Indonesia Sudah Menantikan Gelar 30 Tahun Lamanya

Laga antara Timnas Indonesia vs Vietnam pada babak semifinal SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Sabtu (13/05/23).

Diketahui, negara yang meraih enam kali status runner-up Piala AFF, tidak pernah memenangkan trofi juara membuat Indonesia selalu dijuluki sebagai tim nomor dua di kawasan ini.

Selain itu, medali emas SEA Games ini bisa menjadi pelipur lara setelah Indonesia dicabut hak tuan rumahnya untuk ajang Piala Dunia U-20 2023 (20 Mei-11 Juni) yang dipindahkah ke Argentina.

Kembali ke beberapa tahun lalu, sepak bola Indonesia juga sempat jatuh tenggelam setelah FIFA memberlakukan skorsing dua tahun kepada PSSI tidak bole menggelar turnamen nasional dan mengikuti ajang internasional.

Jadi, jika Timnas Indonesia U-22 berhasil mengalahkan Thailand dan meraih medali emas SEA Games 2023 ini bisa menunjukkan bahwa sepak bola Tanah Air saat ini sudah membaik.

Tapi bagi orang Indonesia, dan penggemar mereka yang sudah lama menanti, kemenangan pertama sejak 1991 dan gelar perdananya sejak lama untuk Timnas Indonesia bisa jauh lebih berarti,” tulis ESPN.

Baca Juga

Dan untuk negara terpadat keempat di dunia dengan lebih dari seratus juta penggemar yang mendukung, sepak bola Indonesia pasti bisa melakukannya dengan baik saat ini,” lanjut ESPN.

Dibandingkan dengan Indonesia, medali emas SEA Games 2023 tampaknya tidak ada apa-apanya bagi Thailand selain mengukuhkan dominasi mereka di Asia Tenggara.

Baca Juga

Bagi pasukan Gajah Perang, ini akan menjadi medali emas ke-17 di SEA Games, di mana Timnas Thailand senior sudah memenangkan 9 emas, sedangkan timnas juniornya memenangkan 7 emas sebelumnya.

Namun, medali SEA Games 2023 ini mungkin akan jadi ajang pemanasan bagi Thailand sebelum mereka mengalihkan fokus ke ajang Piala Asia 2023 pada 2024 mendatang.

Secara head-to-head, ini merupakan final keempat duel Timnas Indonesia vs Thailand yang terjadi di ajang bergengsi dua tahunan tersebut.

Sebelumnya momen ini sempat terjadi di SEA Games edisi 1991, 1997 dan 2003. Namun Tim Merah Putih hanya mampu sekali menang pada 1991.

Baca Juga
ThailandTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-22Sepak BolaBerita Timnas IndonesiaSEA Games 2023

Berita Terkini