x

Curhat Pratama Arhan Pasca Timnas U-22 Raih Medali Emas SEA Games 2023

Rabu, 17 Mei 2023 13:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Bek kiri Timnas Indonesia U-22, Pratama Arhan mengakui perasaanya campur aduk setelah skuad Garuda Muda raih medali emas SEA Games 2023.

FOOTBALL265.COM - Bek kiri Timnas Indonesia U-22, Pratama Arhan mengakui perasaanya campur aduk setelah skuad Garuda Muda raih medali emas SEA Games 2023. Dia senang sekaligus sedih karena tidak bisa bermain di laga final.

Timnas U-22 jadi juara cabor sepak bola SEA Games di Kamboja setelah taklukan Thailand U-22 dengan skor 5-2 Selasa (16/05/23) malam di National Olympic Stadium, Phnom Penh.

Pada laga semalam, Pratama Arhan tidak bisa bermain karena akumulasi kartu. Dia dapatkan kartu merah di babak semifinal kontra Thailand, jadi bek Tokyo Verdy itu merasa sedih tapi juga senang dalam waktu yang bersamaan.

Arhan sedih karena tidak berkontribusi di final, tapi bangga bisa bawa pulang medali emas setelah 32 tahun menunggu. Terakhir, cabor sepak bola naik podium pertama pada SEA Games 1991 di Filipina.

"Tentunya, rasanya campur aduk. Sedih dan senang," buka Arhan.

Baca Juga

"Sedihnya karena saya enggak bisa main di final. Senangnya karena kita sudah 32 tahun enggak dapat medali emas dan akhirnya kita mendapatkan emas ini. Ini untuk warga Indonesia," imbuhnya.

Pertandingan semalam berlangsung dramatis dan menguras energi. Timnas Indonesia U-22 sempat unggul 2-0 di babak pertama berkat gol Ramadhan Sananta ('21 dan 45+4).

Baca Juga

Tapi, Thailand berhasil samakan kedudukan jadi 2-2 di babak kedua lewat aksi Anan Yodsangwal ('65) dan Yotsakorn Burapha ('90+8).

Setelah melalui perpanjangan waktu 2x15 menit, Timnas U-23 kemudian berbalik unggul 5-2 setelah Irfan Jauhari ('92), Fajar Fathurrahman ('106) dan Beckham Putra ('120) mencetak gol tambahan.

Laga tersebut diwarnai drama dan kericuhan, dimana official Thailand menyerang bench Timnas U-22 saat menyamakan skor 2-2. Begitu pula ketika Indonesia berbalik unggul 3-2, official Thailand tersulut emosi sampai memukul manajer Timnas U-22, Sumardji.

Baca Juga

1. Geregetan dengan Kericuhan

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-22, Ramadhan Sananta usai mencetak gol ke gawang Thailand di SEA Games 2023., Selasa (16/05/23).

Menonton langsung di tribun, Pratama Arhan mengaku gregetan dengan aksi 'koboi' tersebut. Dia menyatakan pasti akan membela Indonesia mati-matian jika berada di lapangan.

"Saya sebagai pemain ya emosi juga lah, masa lihat saja, apalagi pemain kita dipukul, pasti emosi lah ingin bela negara. Apapun risiko saya lakukan demi negara," tegas eks PSIS Semarang itu.

Baca Juga

Lebih lanjut, Arhan juga memuji aksi lemparan 'maut' yang dilakukan Alfeandra Dewangga yang berujung assist untuk gol pertama Timnas U-22 oleh Ramadhan Sananta. Dia mengatakan keduanya sering berlatih saat masih sama-sama di PSIS Semarang.

"Bagus sih, tapi nggak (belajar dari Arhan), kan kita latihan bareng-bareng. Kita tiga lemparan, tiga gol," tuntasnya.

Baca Juga

Sebagai informasi, Timnas Indonesia sudah tiga kali juara cabor sepak bola di ajang SEA Games. Emas pertama diraih pada 1987, kedua pada 1991 dan ketiga pada tahun ini. 

Timnas U-22Bola InternasionalTimnas ThailandTimnas Indonesia U-22Pratama ArhanSEA Games 2023

Berita Terkini