x

Liga Champions: Tumbangkan AC Milan dan ke Final, Inter Banjir Rekor Mentereng

Rabu, 17 Mei 2023 05:45 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Edin Dzeko mencetak gol di laga AC Milan vs Inter Milan (11/05/23). (Foto: REUTERS/Claudia Greco)

FOOTBALL265.COM – Sederet rekor serta fakta menarik terjadi pasca leg kedua semifinal Liga Champions 22/23 antara Inter Milan vs AC Milan, Rabu (17/05/23) dini hari WIB.

Bertanding di stadio Giuseppe Meazza, tuan rumah Inter Milan berhasil memastikan tiket ke final usai mengalahkan AC Milan dengan skor tipis 1-0.

Tampil di depan pendukung sendiri, Inter Milan mampu menekan sejak awal laga dan sempat ciptakan peluang berbahaya ke pertahanan AC Milan.

Sayangnya, Inter Milan gagal mencetak gol lantaran buruknya penyelesaian akhir serta tangguhnya lini pertahanan Rossoneri. Hingga peluit babak pertama berakhir, kedudukan tanpa gol tetap tak berubah.

Selepas jeda, Inter Milan sedikit menurunkan tempo permainan namun masih tetap bisa mengurung pertahanan AC Milan lewat serangan balik.

Baca Juga

Terus menekan, Inter Milan akhirnya bisa membuka skor melalui tembakan Lautaro Martinez pada menit ke-74’.

Memaksimalkan umpan Romelu Lukaku, bintang Timnas Argentina tersebut lepaskan bola yang tak mampu dihadang kiper Mike Maignan. Skor 1-0 buat tuan rumah.

Baca Juga

Bagi Lautaro Martinez, ini merupakan golnya yang ke-25 musim ini buat Inter Milan dari 52 pertandingan di semua kompetisi.

Hingga peluit panjang berbunyi, kedudukan 1-0 tetap tak berubah dan membuat Inter Milan berhasil lolos ke final dengan aggregate 3-0.

Pada babak final, Inter Milan akan bertemu dengan pemenang antara Manchester City kontra Real Madrid yang baru akan bertanding dini hari nanti.

Selepas kemenangan Inter Milan atas AC Milan tadi, sejumlah rekor impresif pun sukses ditorehkan skuad La Beneamata. Lantas apa sajakah itu? Berikut INDOSPORT coba merangkum:

Baca Juga

1. Inter Raja Kota Milan

Federico Dimarco merayakan gol Henrikh Mkhitaryan bersama Nicolo Barella, Lautaro Martinez, dan Edin Dzeko di laga AC Milan vs Inter Milan (11/05/23). (Foto: REUTERS/Alessandro Garofalo)

Rekor pertama adalah, superiornya kekuatan Inter Milan ketika menghadapi sang rival sekota sepanjang musim ini.

Melansir dari laman Transfermarkt, diketahui bahwa Inter Milan sepanjang musim 22/23 ini sudah lima kali bertemu dengan AC Milan di berbagai kompetisi.

Hasilnya, Inter Milan mampu empat kali menang dan cuma sekali kalah. Selain itu, Inter Milan juga catatkan rekor gol yang fantastik ketika berjumpa Rossoneri.

Di mana dari lima pertemuan musim 22/23, Inter Milan cuma kebobolan tiga kali dan berhasil mencetak 7 gol ke gawang AC Milan.

Lautaro Martinez Si Mesin Gol
Rekor berikutnya datang dari catatan gol Lautaro Martinez. Tambahan satu gol ke gawang AC Milan dini hari tadi, membuat bintang Timnas Argentina itu masuk dalam daftar penyerang subur Inter.

Baca Juga

Dari keterangan laman Opta, diketahui bahwa Lautaro Martinez jadi pemain Argentina ketiga yang mampu mencetak 10 gol di ajang Eropa buat Inter Milan.

Lautaro Martinez berhasil menyamai catatan dua pemain Argentina lain, yakni Julio Cruz (13 gol) dan Hernan Crespo (11) yang lebih dulu bisa mencetak 10 gol buat Inter Milan di kompetisi Eropa.

Baca Juga

Si Jenius Simone Inzaghi
Terakhir adalah rekor sang pelatih Inter Milan, Simone Inzaghi yang jadi satu-satunya allenatore asal Italia yang bisa membawa La Beneamata tampil di final Liga Champions.

Masih dari keterangan laman Opta, disebutkan bahwa Inter Milan hanya sekali dilatih oleh pelatih asli Italia dan mampu mencapai final Liga Champions yakni pada tahun 1972.

Saat itu, Inter Milan asuhan Giovanni Invernizzi berhasil melangkah ke babak final European Cup. Akan tetapi, di ajang tersebut Inter Milan gagal menjadi juara setelah kalah dari Ajax (2-0) pada partai final.

Baca Juga
Liga ChampionsAC MilanInter Milan

Berita Terkini