x

Hitung-hitungan Peluang 4 Besar Liga Inggris: Nasib 3 Tim Ditentukan Chelsea!

Sabtu, 20 Mei 2023 10:51 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Kompetisi Liga Inggris (Premier League) 2022/23 menyisakan tiga laga terakhir. Tiga laga terakhir ini akan menentukan nasib tiga tim dalam perebutan dua tempat di empat besar.

FOOTBALL265.COM – Kompetisi Liga Inggris (Premier League) 2022/23 menyisakan tiga laga terakhir. Tiga laga terakhir ini akan menentukan nasib tiga tim dalam perebutan dua tempat di empat besar.

Liga Inggris memasuki babak akhir, di mana jelang musim berakhir, masih ada sederet persaingan yang diyakini akan memanas hingga partai ke-38.

Persaingan panas terjadi di jalur perebutan juara yang melibatkan dua tim, yakni Manchester City dan Arsenal. Kedua tim ini masih berpeluang menjadi kampiun di tiga laga terakhir.

Hanya saja, Man City lebih diunggulkan karena hanya butuh dua poin lagi, atau satu kemenangan lagi saja untuk mengunci gelar.

Sedangkan Arsenal harus berharap rivalnya itu tergelincir di tiga partai terakhir, dimulai saat Man City melawan Chelsea di pekan ke-37, Minggu (21/05/23).

Baca Juga

Lalu persaingan di pekan-pekan terakhir Liga Inggris 2022/23 berlanjut ke dua posisi terakhir di empat besar yang diperebutkan tiga tim, yakni Newcastle United, Manchester United, dan Liverpool.

Dengan dua hingga tiga pertandingan tersisa, ketiga tim ini masih berpeluang finis di empat besar dan tampil di Liga Champions musim depan.

Baca Juga

Saat ini tiket ke Liga Champions musim depan baru dipastikan oleh dua tim saja, yakni Man City dan Arsenal yang duduk di peringkat pertama dan kedua.

Dengan kondisi ini, mau tak mau Newcastle, Man United, dan Liverpool pun harus meraih kemenangan di seluruh partai sisa dan berharap salah satu dari pesaingnya tergelincir.

Lalu dari tiga tim tersebut, siapa yang paling berpeluang finis di posisi empat besar Liga Inggris dan tampil di Liga Champions musim depan? Apakah Newcastle United, Manchester United, atau Liverpool?

Baca Juga

1. Peluang 3 Tim Berebut 2 Tempat Tersisa

Anthony Martial mencetak gol di laga Manchester United vs Wolverhampton Wanderers (13/05/23). (Foto: REUTERS/Carl Recine)

Saat ini, Newcastle, Man United, dan Liverpool secara berurutan duduk di peringkat ketiga, keempat, dan kelima Liga Inggris 2022/23.

Perbedaan poin antara ketiganya pun terbilang tipis, di mana Newcastle yang duduk di peringkat ketiga, unggul tiga poin atas Man United dan unggul empat poin atas Liverpool.

Perbedaan poin yang tak begitu jauh ini dibarengi fakta bahwa Newcastle dan Liverpool menyisakan dua laga saja, sedangkan Man United masih memiliki tiga laga tersisa. Berikut daftar lawan ketiganya.

Baca Juga

Newcastle United:

Pekan ke-37: Leicester City (Home)
Pekan ke-38: Chelsea (Home)

Manchester United:

Pekan ke-37: Bournemouth (Away)
Laga Tunda: Chelsea (Home)
Pekan ke-38: Fulham (Home)

Liverpool:

Pekan ke-37: Aston Villa (Home)
Pekan ke-38: Southampton (Away)

Baca Juga

Melihat lawan-lawannya di laga tersisa itu, Liverpool memiliki laga tersisa paling mudah ketimbang Newcastle dan Man United.

Tapi laga mudah ini tak menjamin langkah Liverpool bisa lolos ke Liga Champions musim depan. Pun dengan Newcastle dan Man United.

Sehingga, nasib ketiga tim untuk lolos ke Liga Champions musim depan justru bergantung pada satu tim saja, yakni Chelsea yang akan bersua dua dari tiga tim itu di sisa kampanye Liga Inggris.

Baca Juga

2. Chelsea Penentu Jatah Liga Champions

Pemain Liverpool, Cody Gakpo, saat berebut bola dengan pemain Chelsea di Liga Inggris.

Chelsea bisa menjadi penentu bagi Newcastle, Man United, dan Liverpool untuk bisa atau tidaknya tampil di Liga Champions musim depan.

Klub asal London Barat itu akan berhadapan dengan Newcastle dan Man United di pekan-pekan terakhir Liga Inggris musim ini.

Perhitungannya, jika Chelsea bisa menang atau menahan imbang Man United dan Newcastle, maka kesempatan Liverpool finis empat besar terbuka lebar, dengan asumsi The Reds bisa menang di dua laga tersisa. Bagaimana skenarionya?

Jika Man United imbang dari Chelsea dan menang di dua laga lainnya, maka poin maksimal Setan Merah adalah 73 poin. Jika kalah dari The Blues? Maka poin maksimal yang didapat hanya 72 poin.

Lalu Newcastle yang menyisakan dua laga tersisa, jika imbang dari Chelsea maka poin maksimal The Magpies hanya 73 poin. Sedangkan jika kalah, maka poin maksimalnya hanya 72 poin.

Liverpool sendiri hanya akan meraih poin maksimal 71 poin dengan dua partai tersisa. Sehingga, The Reds harus berharap Chelsea bisa menahan imbang atau mengalahkan pesaingnya kelak.

Selain itu, Liverpool juga harus berharap agar Newcastle dan Man United tergelincir, baik itu kalah atau imbang di partai lainnya. Peluang ini pun cukup terbuka.

Pasalnya, Man United akan berhadapan dengan Fulham dan Bournemouth yang berstatus kuda hitam. Sedangkan Newcastle akan menghadapi Leicester City yang berjuang keluar dari zona merah.

Liverpool bisa saja gagal ke Liga Champions musim depan dan harus puas bermain di Liga Europa jika salah satu dari Newcastle dan Man United bisa meraih kemenangan atas Chelsea.

Manchester UnitedLiverpoolChelseaNewcastle UnitedIn Depth SportsLiga InggrisOne Football

Berita Terkini