x

Ada Raksasa Liga Inggris! 3 Calon Pelabuhan Baru Spalletti Pasca Dibuang Napoli

Selasa, 23 Mei 2023 20:05 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Berita mengejutkan datang dari klub kampiun Liga Italia (Serie A) 2022/2023, Napoli, yang diisukan segera berpisah dengan pelatih mereka yakni Luciano Spalletti. (Foto: REUTERS/Alberto Lingria)

FOOTBALL265.COM - Berita mengejutkan datang dari klub kampiun Liga Italia (Serie A) 2022/2023, Napoli, yang diisukan segera berpisah dengan pelatih mereka yakni Luciano Spalletti.

Padahal suka cita perayaan Scudetto mereka masih sangat terasa. Kota Naples yang sudah menantikan gelar liga sejak 1990 pun masih berpesta atas capaian spesial ini.

Tidak begitu diketahui apa asal muasal dari gosip yang mengklaim jika Spalletti tidak lagi betah di Stadio Diego Armando Maradona.

Kecurigaan terbesar saat ini adalah hubungan yang memburuk dengan pemilik sekaligus presiden klub, Aurelio De Laurentiis.

Pada Sky Sports Italia, De Laurentiis memberi kode jika Spalletti punya kans untuk meninggalkan Napoli sebentar lagi meski kontraknya baru akan habis pada Juni 2024.

Baca Juga

"Spalletti adalah bintang besar dan orang sepertinya butuh tempat dimana ia bisa mengekspresikan diri sepenuhnya. Napoli adalah tempat itu dan ia bisa sukses tapi hidup adalah soal kebebasan dan saya tidak ingin mematahkan sayap siapapun," beber De Laurentiis.

Luciano Spalletti mengaku merasa aneh dengan pernyataan bosnya tersebut. Eks allenatore AS Roma dan Inter Milan justru seolah balik menggigit dengan melontarkan sedikit sentilan.

Baca Juga

"Jujur saya tidak paham dengan apa yang dimaksud (Aurelio De Laurentiis) dengan mematahkan sayap. Saya tidak butuh sayap untuk sukses, cukup sepatu saja," begitu bunyi tanggapan Spalletti.

Hanya saja info lanjutan dari The Guardian mengklaim jika gaji adalah pokok masalah ini. Spalletti inginkan kenaikan upah meski sudah menerima 3 juta Euro tiap musimnya dengan alasan pelatih lain seperti Massimiliano Allegri (Juventus) dan Jose Mourinho (AS Roma) dibayar dua kali lipat.

Akan tetapi sepertinya Spalletti tidak perlu panik jika harus berpisah dengan Napoli musim depan. Cukup banyak klub yang siap menampungnya dengan bekal trofi Liga Italia 2022/2023.

Baca Juga

1. Dari Spurs Sampai Madrid

Tottenham Hotspur. Reuters-Matthew Childs

1. Tottenham Hotspur

Setelah gagal dengan percobaan mereka dengan Nuno Espirito Santo dan Antonio Cone, Tottenham Hotspur hingga saat ini masih berstatus tanpa pelatih.

Klub top Liga Inggris tersebut sejak akhir April lalu cuma dipegang oleh Ryan Mason sebagai manajer caretaker yang menggantikan Cristian Stellini, juga sebagai nakhoda sementara.

Sejumlah nama besar sudah dikaitkan dengan The Spurs namun hingga detik ini pengumuman resmi dari manajemen soal siapa yang akan menukangi Son Heung-min dan kawan-kawan musim depan masih belum jelas.

Sempat ada kabar jika Tottennham ingin bereuni dengan Mauricio Pochettino namun Chelsea menyerobot lebih dulu.

Julian Nageslmann juga sempat mendekat namun akhirnya batal mencapai kesepakatan karena tidak puas dengan batas kebebasan dalam menjalankan tugas.

Baca Juga

Maka dari itu Luciano Spalletti mungkin patut mereka pertimbangkan. Meski hanya punya pengalaman bekerja di Italia dan Rusia, namun setidaknya ia tahun cara memenangi trofi. Sesuatu yang belum Tottenham lakukan sejak 2008.

Berikan Spalletti kontrak berdurasi tiga tahun tidak ada salahnya namun mungkin ia akan meminta pada petinggi agar dibolehkan membawa serta sejumlah pemain kepercayaannya dari Napoli yang jelas tidak akan berharga murah.

Baca Juga

2. Real Madrid

Musim ini Real Madrid sudah memenangi Piala Super Eropa, Piala Dunia Antar Klub, dan Copa del Rey namun gosip soal akan didepaknya Carlo Ancelotti tidak juga mereda.

Kegagalan menjadi juara Liga Spanyol akibat kalah saing dengan Barcelona disusul pembantaian dari Manchester City di semifinal Liga Champions jadi sebabnya.

Walau masih punya kontrak satu tahun namun Ancelotti tidak berada dalam posisi aman. Itulah kenapa ada peluang meskipun kecil bagi Spalletti menggantikannya di Santiago Bernabeu.

Baca Juga

2. CLBK dengan Roma

AS Roma. (Foto: Instagram@officialasroma)

Dalam sejarahnya, kala Real Madrid mempekerjakan pelatih asal Italia pasti ada trofi yang datang. Itu semua dibuktikan dalam dua periode kepelatihan Ancelotti (2013-2015 & 2021-sekarang) dan juga Fabio Capello (1996-1997 & 2006-2007).

Karier Spalletti memang tidak secemerlang para kompatriotnya tersebut namun dengan skuad penuh talenta Los Blancos mungkin ia bisa memenangi sejumlah gelar di Spanyol.

Tentunya jika ia berhasil membujuk sejumlah pemain kunci Napoli untuk ikut pergi seperti Victor Osimhen atau Khvicha Kvaratskhelia maka tentunya manajemen Real Madrid akan semakin senang.

3. AS Roma

Sudah pernah bersama di 2005-2009 dan 2016-2017, AS Roma jelas bukan klub yang asing bagi Luciano Spalletti.

Ia punya banyak kenangan manis bersama Serigala Ibu Kota termasuk saat memenangi trofi top flight pertamanya dalam bentuk Coppa Italia 2006/2007 dan Piala Super Italia 2007/2008.

Baca Juga

Bersama Roma pula nama Spalletti mulai dikenal publik lebih luas dan pada musim depan kedua pihak punya peluang untuk bereuni.

Ada gosip jika Jose Mourinho akan dilepas dari tugasnya sebagai manajer apabila Roma gagal lolos ke Liga Champions 2023/2024 baik dari jalur Liga Italia maupun Liga Europa.

Baca Juga

Paris Saint-Germain dan sejumlah klub Timur Tengah dikabarkan siap untuk menjadi rumah baru bagi The Special One yang harusnya masih punya setahun lagi masa kontrak di Olimpico.

Luciano Spalletti yang kini sudah punya titel Liga Italia bisa menawarkan diri untuk kembali dan menjadi penggantinya di Roma.

Dulu ia dikenal sebagai jagonya finis runner-up namun siap untuk membuktikan jika titel tersebut tidak lagi berlaku dengan prestasinya bersama Napoli.

Baca Juga
Real MadridTottenham HotspurAS RomaNapoliLuciano SpallettiLiga InggrisLiga ItaliaLiga Spanyol

Berita Terkini