x

Mengenang Duel Indonesia vs Argentina di Jepang Jelang FIFA Matchday Juni 2023

Selasa, 23 Mei 2023 09:12 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Terungkap fakta jika Timnas Indonesia ternyata pernah berduel dengan Argentina jauh-jauh hari, sebelum keduanya bertemu di FIFA Matchday pada Juni 2023.

FOOTBALL265.COM – Terungkap fakta jika Timnas Indonesia ternyata pernah berduel dengan Argentina jauh-jauh hari, sebelum keduanya bertemu di FIFA Matchday pada Juni 2023.

Kepastian tim Merah Putih akan bertemu kampiun Piala Dunia 2022 itu diungkapkan oleh tim berjuluk La Albiceleste tersebut melalui media sosial Twitter.

Dalam kicauan akun @argentina, disebutkan bahwa Lionel Messi dkk akan berhadapan dengan Indonesia pada 19 Juni 2023 di Jakarta.

Kedatangan juara dunia tiga kali ini ke Indonesia untuk melakoni agenda FIFA Matchday sekaligus melakukan tur Asia pada Juni nanti.

Sebelum melawat dan bertanding melawan Indonesia, tim besutan Lionel Scaloni ini akan terlebih dahulu melawan Australia di Beijing, China, pada tanggal 15 Juni 2023.

Baca Juga

Dengan adanya konfirmasi tersebut, Timnas Indonesia pun dipastikan akan beruji tanding melawan Argentina pada FIFA Matchday bulan Juni 2023.

Namun sebelum melawan Argentina, tim arahan Shin Tae-yong akan terlebih dahulu menghadapi Palestina di Surabaya, Jawa Timur, pada 14 Juni 2023.

Baca Juga

Dengan hadirnya Argentina, pendukung Timnas Indonesia makin tak sabar untuk melihat para jagoannya berhadapan dengan pemain yang memiliki kualitas level dunia.

Apalagi pertemuan ini akan menjadi pertemuan pertama antara Indonesia dan Argentina di atas lapangan, jika melihat catatan keduanya.

Akan tetapi, nyatanya Timnas Indonesia pernah berhadapan dengan Argentina di Jepang pada tahun 1979. Dalam rangka apa pertandingan itu?

Baca Juga

1. Saat Maradona Perkenalkan Diri ke Dunia lewat Indonesia

Para pemain Argentina merayakan dengan trofi di luar stadion usai menjuarai Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Hannah Mckay)

Timnas Indonesia pernah berhadapan dengan Argentina 44 tahun silam, yakni di ajang Piala Dunia U-20 1979 yang bertempat di Jepang.

Saat itu, Timnas Indonesia diperkuat oleh beberapa nama beken seperti Mundari Karya, Bambang Nurdiansyah, Tommy Latuperissa, dan para pemain lainnya.

Meski di level U-20, Argentina turun dengan para pemain ternamanya kala itu. Salah satu yang paling dikenang adalah kehadiran Diego Maradona.

Di ajang ini, Maradona mengenalkan dirinya ke dunia sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa di masa mendatang.

Di Piala Dunia U-20 1979, Timnas Indonesia bersua Argentina mengingat kedua tim berada dalam grup yang sama, yakni grup B.

Baca Juga

Grup B ajang tersebut tak hanya berisikan Argentina dan Indonesia saja, melainkan juga ada tim-tim kuat lainnya seperti Yugoslavia dan Polandia.

Adapun pertemuan Indonesia dan Argentina terjadi di pertandingan pertama grup B, yakni pada tanggal 26 Agustus 1979 di Stadion Omiya, Jepang.

Baca Juga

Dalam laga tersebut, Timnas Indonesia besutan Soetjipto Soentoro harus menelan kekalahan menyakitkan dengan skor 0-5 dari Argentina lewat Hattrick Ramon Diaz dan Brace Maradona.

Kekalahan ini terasa menyakitkan karena Argentina kala itu berhasil mencetak lima gol hanya dalam waktu kurang dari 40 menit di babak pertama.

Kemenangan telak atas Indonesia itu pun pernah dikenang oleh Maradona sebagai salah satu laga yang tak akan pernah dilupakannya.

Baca Juga

2. Kenangan Maradona Melawan Indonesia

Pendukung timnas Argentina merayakan gelar Piala Dunia 2022 dengan membentangkan poster besar bergambar Diego Maradona.

Tepat tiga bulan sebelum Diego Maradona berpulang, ia mengenang laga debutnya di Piala Dunia U-20 1979 melawan Timnas Indonesia.

Baginya, laga melawan Indonesia itu merupakan laga berkesan baginya dan rekan-rekannya menyusul penampilan superior Maradona di menit-menit awal.

“Kemarin, saya melihat bahwa Juan Ernesto dan Sergio Garcia mengingat debut kami di World Youth Championship 1979 di Jepang. Dan saya tidak dapat melupakannya. Pertandingan pertama melawan Indonesia, dan kami menang 5-0,” buka Maradona di media sosial Instagram-nya.

“Kami mencetak 4 gol dalam 15 menit, dan kemudian kami menjaga fisik kami untuk pertandingan berikutnya. Kami memiliki keinginan besar untuk bersaing,” lanjutnya.

Unggahan Diego Maradona kala berhadapan dengan Timnas Indonesia. (Foto: instagram@maradona)

Maradona bahkan mengenang bahwa ada salah satu pemain Timnas Indonesia yang meminta bertukar jersey dengannya pasca pertandingan.

Tapi ia menolak menukar jersey nomor 10 nya dengan pemain Indonesia itu karena telah berjanji dengan salah satu saudaranya.

“Ada salah satu dari mereka yang meminta jersey saya, tapi saya sudah berjanji dengan saudara saya,” ungkap Maradona.

Kini, pemain Timnas Indonesia pun akan kembali bersua dengan Argentina dengan bertemu penerus Maradona sendiri, yakni Lionel Messi.

Akankah Timnas Indonesia bisa memberikan kejutan dan menghindari pembantaian dari Argentina seperti tahun 1979 silam pada FIFA Matchday di Juni nanti?

ArgentinaUji CobaDiego MaradonaTimnas IndonesiaIn Depth SportsOne Football

Berita Terkini