x

Gerbong Pemain Tottenham Hotspur yang Bisa Dibawa Antonio Conte ke Napoli

Kamis, 25 Mei 2023 15:52 WIB
Editor: Juni Adi
Antonio Conte dikabarkan menjadi salah satu pelatih yang bakal menggantikan Luciano Spalletti di Napoli. Foto: REUTERS/Paul Childs

FOOTBALL265.COM - Antonio Conte dikabarkan menjadi salah satu pelatih yang bakal menggantikan Luciano Spalletti di klub Liga Italia, Napoli. Jika resmi, ia kemungkinan besar bakal membawa sejumlah mantan anak asuhnya di Spurs.

Antonio Conte saat ini menjadi salah satu pelatih yang sedang mengganggur usai dipecat oleh Tottenham Hotspur pada Maret 2023 lalu.

Kedua belah pihak telah menyetujui persyaratan perjanjian terkait kompensasi dari pemecatan tersebut pada Senin (27/3/23).

Tottenham sekarang akan dipimpin oleh mantan asisten Conte, Ryan Mason secara interim hingga akhir musim.

"Kami dapat mengumumkan bahwa Pelatih Kepala Antonio Conte telah meninggalkan Klub dengan kesepakatan bersama," demikian pernyataan resmi Tottenham Hotspur.

Baca Juga

“Kami mencapai kualifikasi Liga Champions di musim pertama Antonio di klub. Kami berterima kasih kepada Antonio atas kontribusinya dan mendoakan yang terbaik untuk masa depannya."

Laga terakhir Antonio Conte bersama Tottenham Hotspur terjadi pada 18 Maret lalu ketika The Lilywhites ditahan imbang Southampton 3-3.

Baca Juga

Pasca pertandingan itu, Conte melontarkan kritik keras terhadap para pemainnya dan juga petinggi klub, sebelum dipecat.

Pria asal Italia itu memimpin 76 pertandingan Spurs antara November 2021 hingga Maret 2023. Dia memenangkan 41 pertandingan alias 53,95 persen secara keseluruhan.

Meski gagal membawa Tottenham Hotspur berprestasi, kualitas Antonio Conte ternyata tetap menarik perhatian banyak klub top Eropa lain.

Salah satunya kini yang kabarnya sedang mendekati adalah juara Serie A, Napoli meurut laporan La Gazzetta dello Sport. Partenopei ingin Conte melatih untuk menggantikan Luciano Spalletti yang pergi akhir musim ini.

Hal itu terjadi setelah adanya keretakan hubungan antara sang mantan juru taktik AS Roma itu dengan De Laurentiis. 

De Laurentiis sangat ingin menarik Conte kembali ke Serie A, di mana ia telah menikmati kesuksesan besar, memenangkan empat gelar juara Italia bersama Inter Milan dan Juventus.

Namanya pun masuk dalam daftar teratas incaran Napoli untuk jadi pelatih baru. Jika resmi, kemungkinan besar Antonio Conte bakal membawa sejumlah mantan anak asuhnya di Tottenham Hotspur.

Baca Juga

1. Son Heung-min

Dejan Kulusevski berduel dengan Declan Rice di laga Tottenham Hotspur vs West Ham (19/02/23). (Foto: Reuters/Paul Childs)

Pemain pertama yang bisa diincar Napoli di skuad Tottenham Hotspur adalah Son Heung-min. Sang pemain sudah terbukti sebagai salah satu penyerang tertajam di Eropa.

Sejak diboyong dari Bayer Leverkusen pada 2015 lalu, Son Heung-min telah membuat 145 gol dari total 371 penampilan di semua ajang untuk Tottenham Hotspur.

Salah satu performa terbaiknya terjadi di musim 2021-2022 lalu. Ketika itu ia tampil sangat tajam di semua ajang termasuk Liga Inggris, dengan merebut gelar top skor karena membuat 23 gol.

Tetapi Napoli harus rela mengeluarkan kocek cukup dalam untuk memboyongnya ke Stadion Diego Armando Maradona, karena Spurs memagarainya harga cukup tinggi berkisar 80 juta euro.

Di Italia, Son Heung-min kemungkinan besar tidak akan lama beradaptasi dengan kultur sepak bola di sana. Hal itu dibuktikan dengan penampilan cemerlang rekan senegaranya, Kim Min-jaee sebagai seorang bek.

Rodrigo Bentancur

Kemudian ada pemain berposisi sebagai gelandang, Rodrigo Bentacur. Sebelum membela Tottenham Hotspur, ia memperkuat raksasa Liga Italia, Juventus. 

Bersama Bianconeri, Rodrigo Bentacur telah tampil dalam 181 penampilan dan membuat 3 gol serta 18 assist di semua ajang sepak bola yang diikuti Juventus.

Namun pada musim dingin 2022, ia diboyong oleh Tottenham Hotspur berdasarkan rekomendasi pelatih Antonio Conte saat itu, yang membutuhkan pemain tambahan di sektor tengah.

Mudahnya proses transfer Rodrigo Bentacur ke Spurs karena dia merupakan mantan anak asuh Conte sewaktu keduanya di Juventus.

Rodrigo Bentacur pun bisa mengikuti jejak Conte lagi kembali ke Italia memperkuat Napoli. Penglamannya pernah bermain di Serie A, bisa menambah opsi di lini tengah untuk mengarungi Liga Champions musim depan.

Dejan Kulusevski

Dejan Kulusevski diboyong oleh Tottenham Hotspur pada musim dingin 2023 lalu dengan status pinjaman dari Juventus.

Kulusevski sejatinya sudah dianggap bukan pemain Juventus lagi begitu ia menuntaskan kepindahan ke Tottenham Hotspur pada Januari 2022 lalu sebagai pinjaman dengan opsi pembelian bersyarat.

Yakni Tottenham baru punya opsi mempermanenkan Kulusevski dari Juventus andai mereka sukses mengamankan tiket lolos ke Liga Champions 2023/2024.

Hanya saja musim ini sudah dipastikan mustahil untuk diraih, karena  ada gap 12 poin dengan empat besar saat Liga Inggris 2022/2023.

Opsi kembali ke Juventus pun sangat realistis. Disisi lain, Dejan Kulusevski tidak ingin kembali karena menit bermain yang kurang dan tidak bisa tampil di pentas Eropa.

Juventus saat ini bertengger di peringkat ke-7 setelah dihukum pengurangan 10 poin. Menyisakan dua pertandingan lagi tidak cukup untuk membawa Bianconeri menembus Eropa khususnya Liga Champions.

Hijrah ke Napoli mengikuti mantan pelatihnya Antonio Conte bisa jadi opsi terbaik Kulusevski, karena Napoli dipastikan tampil di Liga Champions musim depan.

Ivan Perisic

Terakhir ada Ivan Perisic.  Ivan Perisic merupakan salah satu pemain kesayangan Conte di Tottenham Hotspur karena ia selalu jadi andalan di sektor penyerangan sayap.

Ia didatangkan dari Inter Milan pada musim panas 2022 lalu dengan status gratis. Meski usianya sudah tidak muda lagi, tetapi kualitas pemain asal Kroasia itu masih sangat diandalkan.

Buktinya, musim ini ia jadi pemain top assist di Tottenham Hotspur dengan koleksi 8 umpan dan membuat 1 gol dari 34 penampilan di Liga Inggris.

Perisic juga jadi pemain kesayangan Conte sewaktu di Inter Milan, dan jadi pemain kunci dalam memenangkan scudeti Serie A. Bukan tidak mungkin Napoli akan menggodanya musim panas nanti.

Tottenham HotspurAntonio ConteNapoliLuciano SpallettiLiga ItaliaTRIVIA

Berita Terkini