x

Liga 1: Profil Edo Febriansyah, Bek Timnas Indonesia Amunisi Anyar Persib

Sabtu, 27 Mei 2023 15:45 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
Pergerakan bek Timnas Indonesia, Moh Edo Febriansyah dijatuhkan pemain Timor Leste dalam pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (27/01/22). Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

FOOTBALL265.COM - Persib Bandung resmi merekrut, Edo Febriansyah, sebagai amunisi anyar menyambut Liga 1 Indonesia 2023-2024 yang rencananya akan bergulir pada Juli mendatang.

Pengumuman Edo Febriansyah sebagai rekrutan anyar disampaikan via akun media sosial Persib, salah satunya Instagram @persib, Senin (8/5/23). 

"Edo Febriansah, pemain kelahiran Kediri, 25 Juli 1997 ini direkrut atas rekomendasi tim pelatih untuk memperkuat lini pertahanan Persib di musim mendatang," begitu keterangan dalam postingan Instagram Persib.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, mengatakan perekrutan Edo berdasarkan rekomendasi tim pelatih untuk memperkuat lini pertahanan. Personel timnas Indonesia itu meneken kontrak berdurasi dua tahun.

"Kami selalu bergerak dari rekomendasi tim pelatih. Syukurlah kami bisa menjalin kesepakatan dengan pemain yang dibutuhkan tim pelatih," ungkap Teddy Tjahjono beberapa hari lalu.

Baca Juga

Edo sendiri mengaku senang bisa bergabung dengan Persib Bandung yang dianggap merupakan salah satu tim besar dan penuh sejarah di Indonesia.

Selain itu, Edo juga menilai Persib ditangani oleh pelatih berkualitas, yakni Luis Milla. Sosok pelatih asal Spanyol itu tentu memiliki segudang pengalaman, sehingga dia semakin termotivasi menatap Liga 1 2023-2024.

Baca Juga

"Yang pasti senang bisa bergabung dengan Persib, apalagi dengan adanya coach Luis Milla. Pelatih luar biasa bagus dengan segudang pengalaman dan taktiknya," ungkap Edo Febriansyah.

Sebelum bergabung dengan Persib, pemain berusia 25 tahun ini merupakan salah satu andalan Rans Nusantara FC saat mengarungi Liga 1 2022-2023, untuk mengisi posisi bek kiri.

Dalam 34 pertandingan Liga 1 2022-2023, dia mendapat kesempatan bermain sebanyak 25 kali (2.168 menit). Dia absen sembilan laga karena dipanggil timnas Indonesia, salah satunya di Piala AFF 2022.

Baca Juga

1. Bek Produktif

Pemain PSS Sleman berusaha menggagalkan aksi Edo Febriansyah nomor 97

Meski berposisi bek, dia mampu menyumbangkan lima gol dan lima assist. Sayangnya, Rans Nusantara FC harus finis di dasar klasemen Liga 1 2022-2023.

Jika melihat posisinya sebagai bek kiri, eks pemain Persita Tangerang ini bisa menjadi opsi menambah kekuatan lini pertahanan Persib Bandung saat mengarungi Liga 1 2023-2024.

Apalagi, dua pemain Persib yang berposisi bek kiri dibekap cedera dan harus menjalani program pemulihan di Liga 1 2022-2023, yakni Zalnando dan David Rumakiek. 

Baca Juga

Zalnando sendiri kontraknya sudah diperpanjang oleh manajemen Persib, sedangkan David Rumakiek resmi dilepas setelah berakhirnya Liga 1 2022-2023.

Edo Febriansyah, mengawali kariernya sebagai pesepak bola profesional dengan memperkuat PS Bengkulu (2017), kemudian dia hijrah ke Persiwa Wamena (2018).

Penampilan Edo menarik atensi Persik Kediri, hingga akhirnya bergabung dengan tim berjuluk Macan Putih dan membawa tim tersebut promosi ke Liga 1 pada 2019.

Baca Juga

Setelah membantu Persik promosi ke Liga 1, Edo berlabuh ke Persita Tangerang di Liga 1 2020. Dia tampil dalam 25 pertandingan dengan sumbangsih empat gol selama semusim di sana.

Penampilannya menarik perhatian pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Edo lantas dibawa ke Piala AFF 2020 dan membantu skuat Garuda menembus final dan jadi runner-up.


2. Hadapi Argentina

Laga persahabatan antara Timnas Indonesia vs Argentina.

Edo Febriansyah juga kembali dipanggil timnas Indonesia untuk persiapan FIFA Matchday melawan Palestina dan Argentina pada Juni mendatang.

Selain Edo, tiga pemain Persib lain yang mendapat panggilan bergabung dengan timnas Indonesia, yakni Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Rachmat Irianto.

Pemanggilan keempat pemain Persib tersebut disampaikan melalui surat bernomor 1677/AGB/264/V-2023. Mereka semua diharapkan bisa mengikuti rangkaian program yang akan berlangsung di Jakarta pada 5 Juni nanti. 

Skuad Garuda sendiri dijadwalkan melakoni dua pertandingan berlabel FIFA Matchday, yakni menghadapi Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (14 Juni), dan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta (19 Juni). 

Persib BandungTimnas IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Edo FebriansahOne Football

Berita Terkini