x

Rumor Shin Tae-yong Tinggalkan Timnas Indonesia, Media Malaysia Bawa-bawa Pelatih Jepang

Sabtu, 27 Mei 2023 15:06 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong dikabarkan akan tinggalkan Timnas Indonesia usai Piala Asia 2023. Foto: Herry Ibrahim/Indosport

FOOTBALL265.COM - Rumor Shin Tae-yong tinggalkan timnas Indonesia rupanya juga beredar luas di negara tetangga. Media Malaysia menduga hal ini karena pelatih Jepang.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong baru-baru ini melempar kode tidak akan melanjutkan masa jabatannya bersama Skuat Garuda usai Piala Asia 2023.

Kontrak pria asal Korea Selatan tersebut bakal habis akhir tahun ini. Ia mengaku bahwa turnamen paling elite se-Asia bakal menjadi panggung terakhirnya menukangi Garuda.

Dikutip dari media Korea Selatan, News Naver, Shin Tae-yong sudah berdiskusi dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, terkait masa depannya.

"Saya telah berbicara dengan Ketum PSSI, Erick Thohir, kami telah menyelesaikannya dengan baik. Tidak, sampai Piala Asia," ucap Shin Tae-yong blak-blakan.

Baca Juga

Meski tidak akan melanjutkan bersama Skuat Garuda setelah Piala Asia 2023, Shin Tae-yong menegaskan bahwa dirinya akan totalitas.

"Pertama-tama, saya harus melakukan apa yang harus saya lakukan, mempersiapkan diri untuk turnamen (Piala Asia 2023). Saya berencana mempertaruhkan segalanya."

Baca Juga

"Jika bisa memenangi laga pertama, saya pikir kami akan memiliki peluang untuk lolos ke babak 16 besar. Saya akan susun rencana dan bersiap untuk laga berikutnya."

Mendengar kabar mengejutkan tentang nasib Shin Tae-yong di timnas Indonesia, tak pelak salah satu media Malaysia, Semuanya Bola, ikut terkaget-kaget.

"Shin Tae-yong akan tinggalkan Indonesia usai Piala Asia 2023," tertulis di headline berita Semuanya Bola, dilengkapi potret Shin Tae-yong yang tengah melambai.

Baca Juga

1. Pelatih Jepang Terseret

Erick Thohir saat sesi pelantikan pengurus baru PSSI Periode 2023-2027. (Foto: PSSI)

Media Malaysia menyebutkan jika nasib timnas Indonesia mungkin akan berubah jika pelatih Shin Tae-yong benar-benar meninggalkan Garuda setelah Piala Asia 2023.

Sebab, Shin Tae-yong adalah pelatih kelas dunia yang mau mengabdikan diri di Asia Tenggara, menangani timnas Indonesia. 

Mantan pelatih Korea Selatan itu pula yang berhasil mencatatkan sejarah manis, membawa timnas Indonesia melaju ke putaran final Piala Asia 2023 di Qatar.

"Masa depan timnas Indonesia tampaknya akan berubah setelah pelatih mereka, Shin Tae-yong mengisyaratkan hengkang dari tim," tulis media Malaysia, Semuanya Bola.

"Pelatih timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong mengisyaratkan akan hengkang dari skuat Garuda tahun depan, usai Piala Asia 2023 Qatar berakhir."

Baca Juga

Media Malaysia juga menulis hengkangnya Shin Tae-yong akan menjadi kerugian bagi timnas Indonesia. PSSI harus mengulang dari nol lagi dalam hal pembentukan tim.

"Jika benar PSSI melepas Shin Tae-yong, maka ini akan menjadi kerugian bagi mereka karena Shin telah meletakkan batu fondasi kemajuan sepak bola Indonesia," tulisnya.

Baca Juga

Media Semuanya Bola menduga jika nasib Shin Tae-yong yang terombang-ambing di timnas Indonesia, lantaran PSSI baru-baru ini menjalin kerja sama dengan Jepang.

Ada kemungkinan salah satu klausul kerja sama yang dimaksud adalah pemanggilan pelatih dan direktur teknik asal Jepang.

"Kontrak Shin Tae-yong tidak diperpanjang, mungkin berhubungan erat dengan kerja sama PSSI dan FA Jepang, yang baru saja ditanda tangani," lanjut Semuanya Bola.

"Apakah Timnas Indonesia akan dilatih oleh pelatih Jepang? Mari kita tunggu bersama," tuntasnya.

Baca Juga
JepangPSSIErick ThohirMalaysiaPelatihTimnas IndonesiaPiala Asia 2023Bola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini