x

Profil Tyronne del Pino, Pemain Asing Rekrutan Pertama Persib di Liga 1 2023/2024

Senin, 29 Mei 2023 19:47 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
Tyronne Gustavo del Pino Ramos. (Foto: Instagram@tyronne11)

FOOTBALL265.COM - Tyronne Gustavo del Pino Ramos, resmi bergabung dengan tim Persib Bandung untuk persiapan mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Pengumuman pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini, disampaikan Persib melalui akun media sosial di antaranya melalui akun Instagram @persib, Minggu (28/05/23).

"Satu komposisi baru, untuk melengkapi racikan tim ala Luis Milla. Wilujeng sumping Tyronne Del Pino," tulis Persib dalam keterangannya.

Pemain asal Spanyol ini, menjadi pilar asing pertama yang direkrut oleh skuad Maung Bandung untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Pasalnya, sebelumnya skuad Maung Bandung fokus mendatangkan pemain lokal, manajemen Persib sendiri sudah merekrut tiga pilar lokal yakni Ryan Kurnia, Edo Febriansah dan I Putu Gede.

Baca Juga

Selain itu, perekrutan Tyronne del Pino ini tak lepas dari adanya perubahan komposisi pemain asing yang diterapkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk kompetisi Liga 1 musim 2023-2024. 

Sebagai informasi, kuota pemain asing yang bisa didaftarkan oleh tim peserta kompetisi Liga 1 2023-2024 sebanyak 5 (asing bebas) + 1 (anggota ASEAN) dan seluruhnya dapat dimainkan dalam setiap pertandingan.

Baca Juga

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, mengatakan perekrutan Tyronne del Pino merupakan rekomendasi dari pelatih Luis Milla. Pasalnya, pelatih yang mengetahui terkait kebutuhan tim.

Sehingga, manajemen Persib berusaha untuk memenuhi kebutuhan tim untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024, agar tim kebanggaan Bobotoh bisa tampil maksimal.

Selain itu, Teddy mengatakan pemain kelahiran Las Palmas, 27 January 1991 ini dikontrak oleh manajemen Persib dengan durasi satu tahun dan opsi perpanjangan satu tahun.

Baca Juga

1. Catatan Karier Del Pino

Tyronne Gustavo del Pino Ramos. (Foto: Instagram@tyronne11)

"Atas rekomendasi pelatih, kita mengontraknya dengan durasi satu tahun dan ada opsi perpanjangan satu tahun," ungkap Teddy, Minggu (28/05/23).

Pelatih Persib, Luis Milla, sebelumnya juga mengatakan jika skuad Maung Bandung membutuhkan tambahan pemain asing, untuk menambah kekuatan saat mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2023.

"Untuk pemain asing yang tersisa, kami harus segera untuk mendatangkannya. Rencananya kami akan memulai pramusim dan saat itu kami akan menganalisa pemain di dalam tim. Jadi kami berusaha untuk bisa mendapatkan pemain ini," tegas Luis Milla.

Sejauh ini, tim Persib memiliki empat pemain asing, keempat pilar tersebut yakni David da Silva dan Ciro Alves asal Brasil, Nick Kuipers dari Belanda dan Daisuke Sato asal Filipina.

Keempat pemain tersebut, sebelumnya sudah memperkuat Persib saat kompetisi Liga 1 musim 2022-2023. Bahkan, David da Silva menjadi top skor di tim kebanggaan Bobotoh dengan mengoleksi 24 gol.

Sehingga, dengan bergabungnya Tyronne del Pino, skuad Maung Bandung memiliki lima pemain asing untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Del Pino merupakan pemain jebolan Akademi Las Palmas. Namun, pada masa kontraknya bersama Las Palmas, ia sempat dipinjamkan ke Barkaldo, Huesca dan Tenerife sebelum akhirnya berbaju Lamia (Yunani) dan memperkuat Nakhonratchasima Mazda FC.

Selama memperkuat Lamia, Tyronne del Pino, bermain dalam 48 pertandingan dengan mengumpulkan 2.471 menit bermain.

Sedangkan, musim lalu Tyronne del Pino bermain untuk klub Thailand, Nakhonratchasima Mazda FC. Saat itu, dia menjadi salah satu pemain yang sering mendapatkan kesempatan bermain.

Dari catatan Transfermarkt Tyronne del Pino bermain dalam 27 pertandingan dengan mengoleksi 2.136 menit bermain dan menyumbangkan 7 gol dan empat assist.
 


2. Kemampuan Serbabisa

Tyronne Gustavo del Pino Ramos. (Foto: Instagram@tyronne11)

Selain bermain sebagai gelandang serang, Tyronne del Pino, juga bisa mengisi posisi sayap kanan dan kiri. Sehingga, Luis Milla memiliki beberapa opsi untuk memasangnya saat musim 2023-2024.

Sementara itu, Tyronne del Pino, bukan pemain Spanyol pertama yang memperkuat Persib, pasalnya sebelumnya sudah ada Juan Carlos Belencoso yang lebih dulu berkostum Maung Bandung pada musim 2016.

Saat itu, Belencoso didatangkan oleh pelatih Persib, Dejan Antonic, untuk menambah ketajaman lini depan skuat Maung Bandung pada pertandingan Piala Bhayangkara dan Indonesia Soccer Championship (ISC). 

Sebelumnya, Belencoso bermain untuk klub Hongkong, Kitchee, selama 2 tahun dia berhasil mencetak 29 gol dari 32 pertandingan. Bahkan, Belencoso berhasil menyabet gelar top scorer AFC Cup musim (2014) dengan catatan 11 gol.

Sedangkan saat memperkuat Persib Bandung di musim 2016, dia tampil dalam delapan pertandingan. Namun, striker asal Spanyol ini cenderung mandul di ISC 2016 tak ada satu gol pun yang disarangkan olehnya.

Penampilan yang tidak sesuai harapan tersebut, membuat manajemen Persib mengambil keputusan untuk melepas Belencoso. 
 

Persib BandungLiga 1Tyronne Gustavo del Pino Ramos

Berita Terkini