x

Road to Final Liga Europa, Sevilla: Sang Raja Penakluk Man United dan Juventus

Rabu, 31 Mei 2023 14:05 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Indra Citra Sena
Selebrasi para pemain Sevilla usai mengalahkan Juventus dan melangkah ke final Liga Europa (19/05/23). (Foto: REUTERS/Jon Nazca)

FOOTBALL265.COM – Perjalananan Sevilla menuju final Liga Europa ternyata diawali dari dari fase grup Liga Champions sebelum melewati Juventus

Sevilla merupakan salah satu kontestan Liga Champions musim 2022-2023 dengan mengawali kompetisi dari grup G.

Kala itu, Sevilla berada satu grup dengan finalis Liga Champions musim ini, Manchester City, Copenhagen, dan Borussia Dortmund.

Dalam perjalanannya di musim ini, tim asal Distrik Seville ini memulai dengan cukup buruk ketika dihajar 0-4 oleh Manchester City dan 1-4 dari Borussia Dortmund

Dalam paruh pertama fase grup Liga Champions, Sevilla bahkan hanya mendapatkan satu poin dari hasil imbang kontra Copenhagen di pekan kedua.

Baca Juga

Barulah pada paruh kedua fase grup Liga Champions, Sevilla mendapatkan hasil imbang dari Dortmund di pekan keempat.

Kepastian berpindah ke Liga Europa terjadi ketika pada pekan kelima mereka mampu menekuk Copenhagen dengan skor 3-0.

Baca Juga

Hanya saja, kekalahan dari Manchester City sempat menjadi noda sebelum Sevilla kemudian berpindah kasta ke Liga Europa.

Sebelum memasuki babak 16 besar, Sevilla harus menjalani babak play-off melawan tim-tim runner-up Liga Europa.

Kala itu, Sevilla harus menghadapi PSV Eindhoven sebagai lawan di babak play-off 16 besar Liga Europa

Baca Juga

1. Bertemu Juventus dan Man United

Selebrasi para pemain Sevilla usai mengalahkan Juventus dan melangkah ke final Liga Europa (19/05/23). (Foto: REUTERS/Jon Nazca)

Sang peraih gelar juara terbanyak di Liga Europa ini mampu tampil digdaya dalam laga yang digelar di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan pada Februari 2023 lalu dengan skor 3-0.

Sevilla yang kala itu masih ditukangi oleh Jorge Sampaoli menyerah kalah di Stadion Phillips dengan skor 0-2.

Selepas menghadapi PSV Eindhoven, Sevilla kemudian dipertemukan dengan tim asal Turki, Fenerbahce di babak 16 besar Liga Europa.

Pada laga pertama, lagi-lagi Sevilla mampu menekuk Fenerbahce dengan skor 2-0 di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan.

Hanya saja, dalam leg kedua babak 16 besar, Sevilla kemudian ditekuk Fenerbahce dengan skor tipis 0-1 yang masih membuat mereka lolos ke perempat final.

Baca Juga

Kedigdayaan Sevilla kemudian terjadi di babak perempt final ketika mereka harus bertemu dengan klub raksasa Liga Inggris, Manchester United.

Manchester United yang sempat unggul 2-0 lebih dulu mampu ditahan imbang 2-2 jelang akhir babak kedua dalam salah satu laga perdana Sevilla yang kala itu baru dilatih Jose Luis Mendilibar.

Baca Juga

Selepas hasil imbang di Stadion Old Trafford, Sevilla mampu membuat Manchester United bertekuk lutut di leg kedua dengan skor 3-0 di Ramon Sanchez Pizjuan.

Juventus yang ditemui di babak semifinal agaknya menjadi lawan tersulit dengan hasil yang cukup a lot 1-1 di Allianz Stadium.

Sevilla yang bermain taktis kemuidian mampu memaksakan kemenagan 2-1 dari Juventus di babak perpanjangan waktu yang membawa mereka berjumpa AS Roma di final Liga Europa.

Baca Juga
Manchester UnitedLiga EuropaJuventusSevilla

Berita Terkini