x

Buka Main! Ilkay Gundogan Cetak Gol Tercepat Sepanjang Sejarah Final Piala FA

Sabtu, 3 Juni 2023 21:51 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Ilkay Gundogan baru saja mencetak sejarah besar dalam laga final Piala FA 2023 antara Manchester City vs Manchester United pada Sabtu (03/06/23) malam WIB.

FOOTBALL265.COM - Ilkay Gundogan baru saja mencetak sejarah besar dalam laga final Piala FA 2023 antara Manchester City vs Manchester United pada Sabtu (03/06/23) malam WIB.

Gelandang The Citizens tersebut mencetak gol tercepat dalam sejarah partai puncak kompetisi tersebut ketika waktu baru menunjukkan detik ke-13.

Berlaga di Wembley Stadium, City memang lebih difavoritkan ketimbang United namun tidak ada yang menyangkan jika sang unggulan bisa memimpin begitu cepat.

Semua berawal dari skema cerdik Manchester City yang dimulai sejak kick-off dengan mengalirkan bola pada kiper mereka, Ederson Moraes.

Sang bintang Brasil kemudian langsung mengirim umpan lambung ke arah kotak penalti United dan si kulit bundar dengan ragu-ragu disapu leh Victor Lindelof.

Baca Juga

Akan tetapi second ball kemudian langsung jatuh ke hadapan Gundogan yang tanpa membuang waktu langsung menghujamkan sepakan voli keras menembus gawang David de Gea.

Gol tersebut pun langsung tercatat dalam sejarah sebagai gol tercepat di final Piala FA memecahkan rekor sebelumnya, 25 detik, yang tercipta pada edisi 2009.

Baca Juga

Kala itu Louis Saha, yang merupakan mantan pemain Manchester United, mengemas lesakan kilat untuk membawa Everton unggul atas Chelsea di stadion yang sama.

Pada akhirnya The Toffees harus kalah 1-2 usai The Blues membalas melalui Didier Drogba dan Frank Lampard.

Menarik untuk menanti apakah gol Ilkay Gundogan membawa takdir yang sama atau berbeda untuk Manchester City di final Piala FA kali ini. Saat ini di jeda pergantian babak skor antara Manchester City vs Manchester United adalah 1-1 berkat gol penalti balasan Bruno Fernandes.

Baca Juga

1. Segera Tinggalkan City?

Ilkay Gundogan, pemain Manchester City. Foto: REUTERS/Chris Radburn

Apabila Manchester City bisa menjadi kampiun Piala FA musim ini, maka Ilkay Gundogan berpotensi untuk memberikan kado perpisahan yang luar biasa manis bagi klubnya.

Pasalnya ada isu jika playmaker Jerman berdarah Turki tersebut akan hengkang pada bursa transfer musim panas 2023 nanti.

Kontraknya di Manchester Biru hanya sampai 30 Juni mendatang dan jika tidak ada persetujuan baru maka ia akan diperbolehkan pergi secara cuma-cuma.

Sudah banyak klub yang mengantre untuk mendapatkan jasa Gundogan. Sebut saja Barcelona dan juga Arsenal.

Meski usianya sudah 32 tahun namun eks Borussia Dortmund tersebut masih merupakan pemain dengan kualitas kelas wahid.

Baca Juga

Pengalamannya membuat Gundogan menjadi pemain yang semakin bisa diandalkan di waktu-waktu krusial.

Terbukti dengan meningkat drastisnya jumlah gol dan assist pria kelahiran Gelsenkirchen, Jerman, tersebut saat City tengah menghadapi persaingan untuk gelar juara Liga Inggris dan final Liga Champions 2022/2023.

Baca Juga

Dalam lima laga terakhirnya ada empat gol dan dua assist yang ia sumbangkan dan membuat City meraih dua target tadi.

Menurut kabar dari Fabrizio Romano, statistik ini membuat Manchester City berniat untuk memberinya perpanjangan masa bakti untuk semusim lagi dengan opsi perpanjangan lain.

Ilkay Gundogan adalah salah satu pemain top dengan apresiasi terminim dewasa ini dan gol cepatnya di final Piala FA 2023 ke gawang Manchester United bisa merubah stigma tersebut.

Baca Juga
Manchester UnitedManchester CityPiala FALouis SahaIlkay GundoganLiga Inggris

Berita Terkini