x

Profil Moussa Sidibe, Gelandang Kidal Calon Idola Baru Suporter Persis Solo

Jumat, 9 Juni 2023 16:37 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Moussa Sidibe resmi diperkenalkan sebagai pengganti Ryo Matsumura di Persis Solo. (Foto: MO Persis Solo)

FOOTBALL265.COM - Persis Solo resmi memperkenalkan Moussa Sidibe. Gelandang asal Mali menjadi rekrutan kedua menuju Liga 1 Indonesia 2023-2024. Berikut profilnya.

Moussa Sidibe diperkenalkan pada Kamis (8/6/23). Perkenalan tersebut sejatinya tak begitu mengejutkan. Publik Solo sudah mengetahui sosok Moussa sejak foto kehadirannya di Stadion Manahan Solo tersebar pada Sabtu (3/6/23).

Moussa didatangkan untuk mengisi slot sektor penyerangan yang ditinggalkan Ryo Matsumura. Winger asal Jepang itu pilih menerima tawaran menggiurkan dari tim papan atas Liga 1, Persija Jakarta.

Inilah momen pertamanya berkarier di Indonesia. Sebelum ini, Moussa sempat lama berada di Liga Spanyol, dengan membela tim Costa Brava (Liga 3 dan Liga 4), FC Andorra (Liga 3), Ponferradina (Liga 2) dan Cordoba (Liga 3).

Moussa merasa perjalanan di Spanyol sudah cukup. Makanya, Moussa menjajal petualangan baru dengan terbang ke Asia Tenggara. Moussa menjalin kesepakatan dengan Johor Darul Takzim (JDT).

Pada 2022, dia hanya main tiga kali di tim utama dan sering dimainkan di tim JDT II yang berkompetisi di kasta kedua Liga Malaysia.

Baca Juga

Kemudian, pada tahun ini atau setelah berhasil mengantarkan JDT II jadi juara kompetisi kasta kedua Liga Malaysia 2022, Moussa Sidibe dipinjamkan ke klub Thai League 1, Ratchaburi.

Tuah Uji Coba

Moussa memang sudah ditakdirkan untuk mencicipi ketatnya kompetisi Liga 1 di Indonesia. Moussa mengenal Persis Solo pada 13 November lalu.

JDT menurunkan beberapa pemain JDT II, termasuk Moussa Sidibe, dalam agenda uji coba internasional melawan Persis Solo di Stadion Sultan Ibrahim, Johor Bahru.

Baca Juga

Ternyata, performa Moussa dalam laga itu sangat luar biasa. Moussa mencetak gol untuk JDT lewat sepakan bebas. Laga itu berakhir dengan skor 1-1 setelah Persis Solo mencetak gol lewat Fernando Rodriguez.

Performa cantik itu memancing ketertarikan terhadap Moussa. Direktur Olahraga Persis Solo, Edwin Klok, menyebut Moussa bisa bermain di tiga posisi berbeda dalam sektor penyerangan.

"Moussa Sidibe sudah berada dalam radar kita sejak waktu yang lama, ia merupakan pemain yang sangat potensial," kata Edwin Klok, Kamis (8/6/23).

Baca Juga

1. Duet Fernando Rodriguez

Moussa Sidibe resmi diperkenalkan sebagai pengganti Ryo Matsumura di Persis Solo. (Foto: MO Persis Solo)

Fernando merupakan sosok yang paling bahagia dengan kedatangan Moussa Sidibe. Kedua pemain ini merupakan tulang punggung JDT II saat menjadi juara kasta kedua Liga Malaysia 2022.

Pada musim tersebut, Fernando mencetak delapan gol. Sementara Moussa mencetak lima gol dan beberapa assist untuk gol Fernando.

Baca Juga

Makanya, setelah Persis Solo memperkenalkan Moussa pada Kamis malam, Fernando langsung mengucapkan terima kasih pada Moussa karena mau menyusulnya.

"Saudaraku, terima kasih telah datang ke keluarga yang luar biasa ini!! Saya sangat bersyukur bahwa permainan menyatukan kita lagi!! LA PANTERA (julukan Moussa)," tulis fernando saat mengunggah selebrasinya bersama Moussa.

Baca Juga

"Ku mencintaimu saudaraku dan aku berharap yang terbaik untukmu di klub yang luar biasa ini!! kita berganti baju, tapi kita akan berjuang bersama untuk tujuan yang sama!!" tandasnya.


2. 3 Posisi Berbeda

Moussa Sidibe resmi diperkenalkan sebagai pengganti Ryo Matsumura di Persis Solo. (Foto: MO Persis Solo)

Moussa Sidibe cukup dikenal di Malaysia sebagai seorang gelandang sayap kanan, meski sebenarnya dia adalah pemain berkaki kidal. Ada kemungkinan bahwa posisi kanan akan ditempatinya lagi.

Posisi sayap kanan tak memiliki banyak pesaing karena Irfan Bachdim belum deal, dan Gavin Kwan Adsit lebih ditempatkan sebagai wing back kanan. Sementara di sektor sayap kiri sudah ada Irfan Jauhari dan Ramadhan Sananta.

Lalu, untuk posisi gelandang serang, Persis Solo dirumorkan segera menghadirkan pemain asing di pos tersebut. Belum diketahui siapa pemain yang masuk bidikan.

Gelandang serang asal Meksiko, Francisco Rivera, yang awalnya dirumorkan gabung Persis justru resmi berseragam Madura United.

Moussa Sidibe berpotensi mencatatkan debut bersama Persis Solo pada laga uji coba internasional melawan Jeonbuk Hyundai Motors di Stadion Manahan pada 17 Juni mendatang.

Bursa TransferPersis SoloBola IndonesiaBerita Liga 1One FootballMoussa Sidibe

Berita Terkini