x

Prediksi Ranking FIFA Timnas Indonesia Bila Menang atas Palestina

Senin, 12 Juni 2023 13:25 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Jordi Amat dan Para Pemain Timnas Indonesia Merayakan Gol ke Gawang Burundi

FOOTBALL265.COM - Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong berpotensi mendulang banyak poin di ranking FIFA bila bisa meraih kemenangan atas Palestina di laga uji coba.

Pertandingan uji coba bertajuk FIFA Matchday Juni 2023 akan mempertemukan Timnas Indonesia vs Palestina pada Rabu (14/06/23) pukul 19.30 WIB.

Duel Timnas Indonesia vs Palestina digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Pertandingan ini juga menjadi laga amal, karena PSSI berniat menyumbangkan 10 persen dari penjualan tiket.

Nantinya dana ini disumbanglan untuk kemerdekaan rakyat Palestina. Hal itu diungkapkan oleh ketua umum PSSI, Erick Thohir.

"Yang pasti kita punya kesepakatan, PSSI dan Pemerintah Daerah akan menyumbangkan 10 persen dari pada penjualan tiket (Indonesia vs Palestina) untuk perjuangan rakyat Palestina," ujar Erick Thohir.

Baca Juga

Sementara itu, pelatih skuat Garuda yaitu Shin Tae-yong mengutarakan harapan besarnya jelang FIFA matchday melawan Palestina.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut meminta agar Jordi Amat dkk. dapat segera meningkatkan kondisi fisik dan mau mengikuti semua instruksinya jelang pertandingan internasional ini.

Baca Juga

"Saya hanya bisa berusaha untuk meningkatkan fisik pemain biar bisa main semaksimal mungkin di pertandingan nanti," ungkap Shin Tae-yon.

Bila Timnas Indonesia bisa menang atas Palestina, maka ranking FIFA skuat Garuda bakal mengalami peningkatan. Berikut INDOSPORT telah merangkum perhitungannya:

Baca Juga

1. Prediksi Ranking FIFA Timnas Indonesia vs Palestina

Gala dinner Timnas Indonesia di Taman Surya.

Jelang menghadapi Palestina di pertandingan Internasional, Timnas Indonesia saat ini menempati posisi 149 di ranking FIFA dengan mengemas 1046,14 poin.

Sedangkan Palestina berada di posisi 93 ranking FIFA dengan perolehan 1239.19 poin. Bermain melawan tim yang memiliki ranking lebih baik tentu menguntungkan Timnas Indonesia.

Bila menang, pasukan Shin Tae-yong bisa mengalami penambahan poin cukup signifikan. Bila seri, mereka juga akan mendapatkan tambahan poin.

Kemenangan atas Palestina membuat Timnas Indonesia bisa mendapatkan tambahan 6,77 poin. Maka Garuda bakal mendapatkan total 1052,91 poin.

Baca Juga

Dengan jumlah poin tersebut, Timnas Indonesia akan naik satu tingkat ke posisi 148 di ranking FIFA, menggeser Liberia yang mengoleksi 1049,94 poin.

Kemudian bila imbang, mereka hanya mendapat tambahan 1,77 poin. Hal itu membuat posisi Lberia di urutan ke-48 masih belum bisa disalip.

Baca Juga

Kemudian bila kalah, Timnas Indonesia akan mendapatkan pengurangan 3,23 poin. Hal ini membuat posisi mereka turun satu tingkat ke urutan 150.

Di bawah Timnas Indonesia ada Lesotho yang mengoleksi total 1046,02 poin di ranking FIFA. Maka dari itu, Asnawi Mangkualam dkk wajib menang atas Palestina, atau meraih hasil imbang.

Baca Juga

2. Tanpa Sandy Walsh

Suasana pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Sandy Walsh jelang FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo. (Foto: PSSI)

Jelang bersua Palestina, Timnas Indonesia harus mendapatkan kabar buruk. Garuda diprediksi kembali gagal memainkan bintang naturalisasi, Sandy Waalsh.

Hal ini disampaikan oleh pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong yang mulai memimpin latihan di Surabaya. Dia mengaku sangat sedih dan tak menyangka kalau Sandy Walsh dibekap cedera.

“Memang di dalam pikiran saya, Sandy sebagai starter, tetapi karena nggak bisa dimasukkan sangat disayangkan,” kata Shin Tae-yong sebelum memimpin latihan, Sabtu (10/6/23).

“(Dia) tidak akan bisa main untuk FIFA Matchday kali ini, tetapi tidak akan dikembalikan ke klub, tetap di timnas Indonesia,” lanjutnya.

Diketahui, Sandy Walsh tampak ikut latihan bersama para penggawa timnas Indonesia lain, namun dia terus didampingi tim dokter di tepi lapangan, mulai pemanasan hingga latihan dimulai.

Bahkan manajer timnas Indonesia, Sumardji, yang hadir dalam latihan di Stadion GBT mendatangi Sandy Walsh untuk menanyakan kondisi cederanya dan berbincang dengan tim dokter.

Sandy Walsh sejatinya sudah terlihat mengalami cedera ketika mengikuti sesi latihan di Lapangan Thor, Surabaya, Rabu (7/6/23) lalu. Pemain blasteran Belanda ini tampak meninggalkan lokasi latihan duluan.

FIFAPalestinaTimnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini