x

Suporter PSS Sleman Beri Kritikan Pedas, Leonard Tupamahu Angkat Bicara

Senin, 12 Juni 2023 13:30 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Bek PSS Sleman, Leonard Tupamahu, menanggapi positif kritik pedas suporter atas kekalahan 0-1 dari Borneo FC dalam uji coba di Stadion Maguwoharjo. (Foto: MO PSS Sleman)

FOOTBALL265.COM - Bek PSS Sleman, Leonard Tupamahu, menanggapi positif kritik pedas suporter atas kekalahan 0-1 dari Borneo FC dalam uji coba di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (11/06/23). Tim Elang Jawa siap kerja lebih keras lagi.

Leo baru saja dikenalkan secara resmi oleh PSS pada Minggu pagi. Peraih dua gelar Liga 1 bersama Bali United ini menjadi opsi anyar untuk pos bek tengah.

Tak butuh waktu lama bagi Leo mencatatkan debut. Pada sore harinya, Leo langsung dimainkan dalam uji coba melawan salah satu mantan klubnya, Borneo FC.

Sayangnya, debut Leo tak berjalan dengan suasana bagus. Gol tunggal Borneo FC lewat tandukan kepala Leo Lelis menghadirkan kekecewaan dari suporter setia PSS.

Pada akhir-akhir laga, suporter menyanyikan lagu yang mempertanyakan cara bermain PSS. Suporter pun turut menyinggung harga tiket uji coba yang tak sebanding dengan performa tim di lapangan.

Baca Juga

Puncaknya, saat anthem 'Sampai Kau Bisa' diputar usai laga, suporter tak ikut bernyanyi dan melemparkan beberapa flare ke lapangan.

Terkait kritik itu, Leonard Tupamahu mewajarkan sikap suporter. Ia menilai suporter layak melakukan kritik setelah pertandingan selesai.

"Aku pikir ini hal yang harus kita terima, karena pada pertandingan ini kita tidak mendapatkan hasil yang kita harapkan. Kita semua pasti ingin menang, BCS juga ingin melihat kami menang dan bermain bagus," kata Leonard usai pertandingan.

Baca Juga

Sebagai pemain yang baru bergabung, kritik pedas itu tak membuat nyali tim menjadi ciut. Justru kritikan itu perlu direspons dengan perbaikan performa di atas lapangan.

Setelah partai ini, PSS masih memiliki dua uji coba melawan sesama tim Liga 1 pada 17 Juni dan 24 Juni 2023. PSS kemungkinan bakal melawan Barito Putera dan Persib Bandung.

"Kritikan ini harus kita terima untuk ke depan menjadi lebih baik lagi. Kita belajar lebih keras lagi untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya," ujar Leonard.

Baca Juga

1. Pelajaran Bagi PSS Sleman

Pelatih PSS Sleman, Marian Mihail.

Terkait jalannya pertandingan, Leonard menilai PSS mendapat pembelajaran istimewa menuju Liga 1 2023-2024 yang akan dimulai pada 1 Juli 2023.

Leonard menyadari bahwa Borneo FC merupakan salah satu tim kuat di Liga 1. Musim lalu, Borneo FC sukses mengamankan posisi empat klasemen akhir, di bawah PSM Makassar, Persija Jakarta dan Persib Bandung.

"Jujur ini pertandingan yang bagus. Kita tahu Borneo tim favorit di liga, terutama ini bagus sekali buat saya sebagai pemain yang baru saja bergabung," ucap Leonard.

"Pertandingan ini bagus untuk saya tahu bagaimana harus kerja sama dengan empat pemain belakang, kiper, gelandang, dan para pemain lain," imbuhnya.

Dalam laga ini, Leonard masuk pada paruh kedua menggantikan bek asal Brasil, Thales Lira. Leonard sempat berduet dengan I Nyoman Ansanay, sebelum kemudian berpasangan dengan Nur Diansyah.

Baca Juga

"Ini tes yang bagus buat saya. Saya harap dari hasil pertandingan ini saya bisa belajar untuk pertandingan selanjutnya," kata Leonard.

Hasil ini menjadi kekalahan pertama PSS Sleman sepanjang pramusim jelang Liga 1 2023-2024. Dalam dua uji coba sebelumnya, PSS Sleman menang 14-0 atas tim AMS dan 2-0 atas Persip Pekalongan.

Baca Juga

Sementara bagi Borneo FC, kemenangan ini melanjutkan tren positif selama pemusatan latihan di Yogyakarta. Kemenangan sebelumnya dicatatkan atas Bhayangkara FC 2-1.

Baca Juga
PSS SlemanLeonard TupamahuLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini