x

Profil Kike Linares, Bek PSM Jebolan Liga Spanyol yang Pernah Dibantai Timnas U-23

Selasa, 13 Juni 2023 02:01 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
PSM Makassar belum lama ini memperkenalkan bek asing baru, Kike Linares. Pemain 23 tahun itu bahkan telah jalani debut bersama Juku Eja.

FOOTBALL265.COM - PSM Makassar belum lama ini memperkenalkan bek asing baru, Kike Linares. Pemain 23 tahun itu bahkan telah jalani debut bersama Juku Eja di play off (Indonesia) untuk Liga Champions Asia 2023/24.

Kike didatangkan untuk memperkokoh lini pertahanan dan mengisi slot Asia Tenggara. Pasalnya, ia memiliki paspor Filipina, meski lahir dan besar di Spanyol.

Bek tengah tersebut mengawali karier di klub Spanyol, 26 Febrero U-19. Setelahnya, Kike pindah ke klub divisi empat Liga Spanyol, CD El Palo pada 2018 lalu.

Setahun berselang, pemain kelahiran 12 Juli 1999 itu menyebrang ke klub divisi keempat lainnya, UD Montijo pada Juli 2019. Enam bulan kemudian, Kike dilepas ke klub Gibraltar, FC Bruno's Magpies pada Januari 2020.

Tak lama di Gibraltar, Kike kembali ke Spanyol pada Agustus 2020 dan bermain untuk UD San Pedro di kasta keempat. Di sana, ia bertahan dua musim.

Baca Juga

Pada Juli 2022, Kike memulai petualangannya ke Asia Tenggara dengan bergabung ke klub kasta teratas Liga Thailand, Lamphun Warriors. Dia tampil 20 pertandingan di semua kompetisi dan sukses cetak tiga gol.

Untuk level Timnas, Kike menjalani debut dengan tim senior Filipina pada 23 Maret 2022. Laga pertamanya disertai 'pil pahit' karena Filipina kalah 0-2 dari Malaysia.

Baca Juga

Sejauh ini, bek 187 cm itu telah mainkan tiga laga bersama tim senior Filipina. Sedangkan di level tim U-23, Kike tampil empat kali di ajang SEA Games 2021 Vietnam.

Menariknya, Kike ternyata pernah melawan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. Apesnya, Filipina U-23 dibantai 4-0 oleh skuad Garuda Muda di babak penyisihan Grup A.

Bersama PSM, Kike telah jalani dua pertandingan resmi di play off Liga Champions Asia 2023/24. Total ia mainkan 163 menit, sayangnya Juku Eja gagal melaju ke fase berikutnya usai kalah adu penalti dari Bali United.

Baca Juga

1. Butuh Adaptasi

PSM Makassar Rekrut 2 pemain asing anyar untuk Liga 1 2023/2024.

Debutnya pun dinilai cukup baik oleh para penggemar PSM karena bisa kunci pergerakan striker Bali United, Ilija Spasojevic. Hanya saja, Kike dikatakan butuh adaptasi lantaran baru bergabung pada awal bulan ini. 

Beruntung adaptasi Kike berjalan lancar karena ia mengatakan rekan satu kamarnya sangat ramah. Itu membuatnya nyaman dan senang berada di PSM.

Baca Juga

Sejauh ini Kike dilaporkan terlihat akrab dengan salah satu pemain asing PSM, Kenzo Nambu. 

Menurut sang agen, Azmi Ponti, Kike Linares mau bergabung dengan PSM Makassar karena tim asal Sulawesi Selatan itu akan beraksi di Piala AFC 2023/24. Juku Eja dapat slot tersebut karena merupakan juara bertahan Liga 1.

Baca Juga

Kesempatan main di level Asia dikatakan membuat Kike tertarik, mengingat dia masih berusia muda dan butuh pengalaman, guna meningkatkan kemampuan dan kualitasnya.

Berdasarkan catatan Transfermarkt, harga pasaran Kike Linares berada di angka Rp2,17 miliar. Ini merupakan nilai tertinggi sepanjang karir profesionalnya.

Baca Juga
PSM MakassarIn Depth SportsLiga 1profilIndepth

Berita Terkini