x

Elias Dolah Gabung Timnas Thailand, Teco Punya Harapan Khusus

Rabu, 14 Juni 2023 17:25 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco. Foto: MO Bali United.

FOOTBALL265.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, punya harapan khusus selama Elias Dolah bergabung dengan Timnas Thailand.

Program Alexandre Polking diharapkan bisa meningkatkan level kebugaran sang pemain.

Elias Dolah secara mengejutkan tampil pada leg kedua play-off Liga Champions Asia melawan PSM Makassar, Sabtu (10/6/23) lalu. Padahal, ia baru beberapa hari tiba di Indonesia.

Efek dari mepetnya waktu persiapan itu sangat terlihat. Kondisi fisik Dolah merosot pada babak kedua. Alhasil, ia digantikan Ryuji Utomo pada menit ke-71.

Setelah laga tersebut, Dolah tak punya waktu lama bersama tim pelatih. Ia harus kembali terbang untuk memenuhi panggilan Timnas Thailand.

Baca Juga

Ya, nama Elias Dolah masuk dalam daftar yang disiapkan pelatih Alexandre Polking menuju FIFA Matchday melawan Chinese Taipei pada 16 Juni 2023 dan Hongkong pada 19 Juni 2023.

Bali United merelakan Dolah untuk gabung Timnas Thailand. Stefano Cugurra Teco justru memiliki harapan khusus selama pemainnya bersama tim Gajah Putih.

Baca Juga

Teco yakin Thailand punya standar level latihan yang tinggi. Program ini akan membantu Dolah bersiap menuju laga perdana Liga 1 2023-2024.

"Semoga dengan adanya agenda bersama Thailand, dia bisa memperbaiki kondisi fisik untuk lebih siap buat tanding tanggal 1 Juli melawan PSS Sleman," kata Teco, Rabu (14/6/23).

Menurut Teco, Dolah tampil bagus di kandang PSM. Dolah yang memiliki pengalaman panjang berkarier di Swedia dan Thailand bisa mengawal ketat Everton Nascimento dkk.

Baca Juga

1. Elias Dolah Masih Butuh Penyesuaian dengan Bali United

Bek Timnas Thailand, Elias Dolah, saat diperkenalkan Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (6/6/23). Foto: MO Bali United.

Hanya memang, kondisi fisik Elias Dolah tak bisa dipungkiri belum maksimal. Teco menyebut sang pemain belum sempat digenjot program fisik karena baru menyelesaikan musim bersama Port FC di Liga Thailand.

"Dia terlihat bagus walau hanya ikut dua latihan dan bisa main melawan PSM, tim yang juara Liga 1 musim lalu," ungkap Teco.

"Dia baru datang dari libur dan belum banyak latihan fisik. Akhirnya di pertandingan tidak bisa bermain penuh dan digantikan Ryuji yang juga bermain bagus," ujarnya.

Selain bisa bermain bagus, Elias Dolah juga bisa lebih dahulu merasakan level dari sepak bola Hongkong.

Hal itu sangat penting mengingat Bali United akan bersua Lee Man FC Hongkong pada preliminary first round Liga Champions Asia.

Baca Juga

Di Timnas Hongkong, ada 12 nama yang berpotensi dipanggil dari tim Lee Man FC. Empat nama terdepan adalah Chang Hai Yin (penyerang), Wong Hai (gelandang), Yu Wai Lim (bek), dan Tsui Wang Kit (bek).

Lalu, masih ada Chan Ka Ho, Yuen Ho Chun, Fung Hing Wa, Wong Chun Ho, Ngan Lok Fung, Cheng Siu Kwan dan dua pemain berstatus naturalisasi, Diego Eli, dan Yuto Nakamura.

Baca Juga

Teco mengatakan tim pelatih sudah melirik Lee Man FC, meski pertandingan baru akan digelar pada Agustus mendatang. Persiapan ini dilakukan berbarengan dengan persiapan menuju Liga 1 2023-2024.

"Saya dan tim pelatih sudah mulai melihat beberapa pertandingan dari mereka (Lee Man FC)," ungkap Teco.

Jika sukses mengalahkan wakil Hongkong, Bali United akan bersua juara bertahan Liga Champions Asia, Urawa Red Diamonds. Dalam regulasi terbaru, juara bertahan tak mendapat tiket lolos langsung ke babak utama.

Bali United masih punya waktu untuk meningkatkan level permainan tim, termasuk melakoni beberapa pekan di Liga 1 2023-2024.

Baca Juga
Bali UnitedLiga IndonesiaStefano Cugurra TecoElias Dolah

Berita Terkini