x

4 Pemain Belakang yang Jadi Korban Kedatangan Josko Gvardiol di Manchester City

Jumat, 16 Juni 2023 19:14 WIB
Editor: Juni Adi
Josko Gvardiol berduel dengan Erling Haaland di laga RB Leipzig vs Manchester City (23/02/23). (Foto: REUTERS/Annegret Hilse)

FOOTBALL265.COM - Klub Liga Inggris (Premier League) Manchester City berpeluang untuk mendapatkan bek baru Josko Gvardiol, tetapi kehadirannya bisa mengorbankan lima pemain lain.

Manchester City akhirnya mulai bergerak di lantai bursa transfer musim panas 2023 ini. Sektor belakang tampaknya jadi titik awal yang akan segera dibenahi oleh Pep Guardiola saat jeda kompetisi kali ini.

Meski sebenarnya Manchester City sangat kokoh di sektor pertahanan, tetapi kedalama skuad nampaknya jadi pertimbangan untuk Guardiola tetap mencari bek tambahan di jendela transfer.

Salah satu bek yang sedang diincarnya adalah Josko Gvardiol. Pemain milik RB Leipzig itu dilaporkan oleh Fabrizio Romano menjadi buruan nomor wahid The Citizens. 

Negosiasi secara pribadi dengan sang pemain tengah berjalan untuk kesepakatan detail kontrak serta gaji nantinya, dan disambut positif oleh sang pemain.

Baca Juga

Sayangnya jika kedua belah pihak sepakat, Manchester City tetap bakal menemui kendala berupa harga tinggi yang bakal dipatok oleh RB Leipzig sebesar 80 juta euro.

Bek berusia 21 tahun itu bakal jadi bek termahal kedua di Liga Inggris, seandainya Manchester City bersedia menebusnya dengan harga segitu.

Baca Juga

Rekor sebelumnya tercatat ketika Manchester United membayar sekitar 80 juta pound atau Rp 1,51 triliun untuk mengontrak Harry Maguire dari Leicester City pada 2019.

"RB Leipzig hanya akan menjual Gvardiol dengan harga yang tinggi. Kalau tidak berani, mereka siap mempertahankannya untuk semusim lagi," cuit Fabrizio Romano di Twitternya.

Kontrak Josko Gvardiol sendiri kontraknya masih berjalan cukup panjang hingga Juni 2027 mendatang. Tak heran jika pemain asal Kroasia ini dipatok cukup harga jual cukup tinggi.

Tetapi kehadiran Josko Gvardiol bakal menjadi petaka bagi sejumlah pemain lama Manchester City karena mereka bisa jadi korban. Siapa saja?

Baca Juga

1. Aymeric Laporte

Aymeric Laporte berselebrasi merayakan gol ke gawang Everton

Kehadiran Josko Gvardiol di Manchester City nanti satu pemain yang pasti bakal jadi korban adalah Aymeric Laporte. Bagaimana tidak, sang pemain memang sudah masuk dalam daftar jual pihak klub di musim panas ini.

Pemain sepak bola berusia 29 tahun sekarang bukan lagi jadi pilihan utama. Pep Guardiola lebih senang memakai bek lain untuk memperkuat lini pertahanan The Citizens.

Sepanjang musim 2022/23, Aymeric Laporte harus puas dibelakang Ruben Dias, Nathan Ake, dan Manuel Akanji.

Sementara John Stones telah bermain di lini tengah Manchester City dan Kyle Walker telah digunakan dengan formasi tiga bek.

Aymeric Laporte gabung ke Manchester City pada 2018. Klub Liga Inggris memboyongya dari Athletic Bilbao dan mengeluarkan biaya sebesar 57 juta pounds. 

Baca Juga

Selain bek tengah, ia juga bisa beroperasi sebagai bek kiri, tetapi itu juga tidak membantu lantaran dirinya sulit mengambil tempat di posisi itu. 

Kehilangan Laporte membuat Manchester City sangat ngotot unntuk mendatangkan Gvardiol jadi suksesornya. Aymeric Laporte sendiri gabung ke Manchester City pada 2018.

Baca Juga

Klub Liga Inggris memboyongya dari Athletic Bilbao dan mengeluarkan biaya sebesar 57 juta pounds. Selain bek tengah, ia juga bisa beroperasi sebagai bek kiri.

Nathan Ake

Selanjutnya ada Nathan Ake. Sang pemain memang jadi pilihan utama di Manchester City menggeser Aymeric Laporte. Tetapi bek asal Belanda itu juga terlalu riskan untuk tetap jadi andalan.

Pasalnya ia kerap diterpa cedera sehingga mengganggu performa tim. Adanya Josko Gvardiol bisa mengancam posisi Ake dan mengirimnya ke bangku cadangan untuk menjaga kedalam skuad.

Musim lalu, Nathan Ake tampil dalam 41 pertandingan dan membuat 3 gol. Tetapi ia diterpa cedera dan absen dalam 10 pertandingan bersama Manchester City.


2. Sergio Gomez

Bek Anderlecht, Sergio Gomez, yang dirumorkan resmi berseragam Manchester City. Foto: Instagram@sergiogm_10

Sergio Gomez memang bukan bek tengah seperti Josko Gvardiol. Ia adalam pemain yang mengisi pos bek kiri, tetapi secar kebutuhan tim pemain asal Spanyol itu tetap terkena imbasnya.

Pep Guardiola yang gemar memainkan tiga bek central, bakal mengorbankan salah satu tiga bek andalannya untuk bergeser ke kiri demi bisa memberi ruang untuk Gvardiol.

Alhasil, Sergio Gomez makin kesulitan mendapat tempat utama dan bermain reguler di tim. Musim lalu, Sergio Gomez tampil dalam 24 pertandingan dan membuat 1 assist.

Ia kalah bersaing dengan Ruben Dias di sektor bek kiri. Sang pemain kabarnya akan dipinjamkan ke klub promosi Burnley.

Vincet Kompany selaku pelatih Burnley, disebut menyukai gaya bermain Sergio Gomez. Namun, sepertinya pemain 22 tahun tersebut masih ingin bertahan dan berharap bisa mengesankan Pep Guardiola musim depan.

Kalvin Phillips

Terakhir ada Kalvin Phillips. Pemain berposisi sebagai gelandang bertahan berusia 27 tahun ini diboyong oleh Manchester City dari Leeds United pada musim panas 2022 lalu, setelah tampil impresif bersama Leeds dan juga timnas Inggris.

Sayang, kemampuannya mulai berkurang sejak bergabung dengan Manchester City. Ia sulit mendapat jam terbang yang cukup.

Kehadiran Josko Gvardiol bisa saja semakin menggerus kesempatan Kalvin Phillips untuk bermain reguler.

Karena Gvardiol bisa mendorong Nathan Ake atau Ruben Dias bermain sebagai gelandang bertahan berduet dengan John Stones. Musim lalu, Kalvin Phillips tampil dalam 21 pertandingan tanpa membuat satupun gol.

Manchester CityLiga InggrisTRIVIAJosko Gvardiol

Berita Terkini