x

Pernah Rasakan Dilibas Jeonbuk, Jacksen Tiago Pede Persis Solo Bakal Mengejutkan

Sabtu, 17 Juni 2023 08:35 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Jeonbuk Hyundai Motors menggelar coaching clinic bersama anak-anak SSB Solo Raya di Lapangan Kottabarat. (Foto: MO Persis Solo)

FOOTBALL265.COM - Pelatih asal Brasil, Jacksen Ferreira Tiago, meyakini Persis Solo bakal mengejutkan Jeonbuk Hyundai Motors dalam uji coba di Stadion Manahan Solo, Sabtu (17/6/23). Pengalamannya saat dibantai Jeonbuk tak akan terulang lagi.

Jacksen Tiago memiliki banyak pengalaman bertanding melawan tim dari Korea Selatan. Saat berstatus sebagai pemain PSM Makassar, Jacksen pernah jumpa Pohang Steelers. Lalu, ketika bersama Persebaya, Jacksen bersua Ulsan Hyundai.

Kemudian, pengalaman berlanjut saat menjadi pelatih. Ketika memimpin Persebaya, Jacksen bertemu Busan I-Park. Sementara saat menangani Persipura Jayapura, Jacksen bertemu Jeonbuk Hyundai Motors.

Kali ini, Jacksen punya kesempatan bertemu Jeonbuk lagi. Namun yang berbeda, Jacksen bukan menjabat sebagai pelatih, namun sebagai direktur akademi tim Persis Solo.

Ya, Persis Solo akan bertemu Jeonbuk dalam laga perayaan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Korea Selatan. Laga ini pun mengingatkan momen bersama Persipura pada 2010 lalu.

Baca Juga

"Saat itu kita bertemu dalam Asian Champions League di Jeonju dan Jakarta. Kita main di kandang mereka dalam kondisi minus 12 derajat. Anak-anak Papua kalah (0-8)," kata Jacksen Tiago, Jumat (16/6/23).

Jacksen mengakui, Jeonbuk Hyundai Motors merupakan tim yang sangat kuat. Makanya, Jacksen gembira ketika kini Persis Solo mendapat kesempatan bersua Jeonbuk.

Baca Juga

Jacksen yakin pertemuan dua tim ini akan menyuguhkan pertandingan menarik. Meski tak terlibat dalam tim senior Persis Solo, Jacksen masih beberapa kali menyaksikan sesi latihan yang diikuti putranya, Hugo Samir.

"Saya yakin akan jadi pertandingan yang sangat menarik karena Persis Solo punya tim yang cukup baik," tutur Jacksen.

Jacksen menyebut Persis Solo sangat solid karena mempertahankan banyak pemain dari musim lalu. Tambahan beberapa pemain, termasuk dari Persis Youth, membuat kekuatan tim Leonardo Medina semakin kuat.

Baca Juga

1. Persis Solo Sudah Solid

Direktur Teknik Persis Solo, Jacksen Ferreira Tiago. (Foto: MO Persis Solo)

"Sekarang tim sudah bangun kekuatan, sudah solid, memiliki karakter dan chemistry diantara pemain. Jadi pasti akan menjadi pertandingan yang menarik," ungkap Jacksen.

Bahkan, Jacksen memiliki optimisme bahwa Jeonbuk akan kaget dengan level permainan Persis Solo. Performa Laskar Sambernyawa bisa mengubah cara pandang tim Korea Selatan terhadap tim Indonesia.

"Saya yakin pemain-pemain Jeonbuk akan kaget dengan permainan kita, karena selama ini biasanya tim-tim dari Korea meragukan kita. Saya yakin tim kita pasti akan lebih siap untuk menghadapi mereka nanti," tegas Jacksen.

Baca Juga

Saat ini, ada lima pemain asing yang memperkuat tim Persis Solo. Mereka adalah Alexis Messidoro, Diego Bardanca, Jaimerson Xavier, Moussa Sidibe dan Fernando Rodriguez.

Dari deretan pemain lokal, Persis Solo juga memiliki Ramadhan Sananta. Bomber Timnas Indonesia U-22 ini sudah mencetak gol untuk Persis Solo dalam uji coba melawan Barito Putera, Selasa (13/6/23) lalu.

Baca Juga

Sementara Jeonbuk Hyundai Motors tak membawa para pemain utama yang jadi langganan tim inti di K League 1. Seluruh pemain asingnya absen.

Lalu, para pemain lokal, seperti Kim Jin-su, Moon Seon-min dan Cho Gue-sung mendapat panggilan Jurgen Klinsmann untuk gabung Timnas Korea Selatan. Ketiga nama ini disiapkan untuk laga melawan Peru dan El Savador.

Jeonbuk Hyundai Motors membawa para pemain muda dari tim utama ditambah pemain dari U-23 yang berlaga di K League 4. Mereka sudah berlatih dua kali di Kottabarat, Kamis (15/6/23) dan di Manahan pada Jumat (16/6/23) petang.

Baca Juga
Persis SoloJacksen F. TiagoBola InternasionalJeonbuk Hyundai Motors

Berita Terkini