x

Berapa Poin yang Didapat Timnas Indonesia di Ranking FIFA Jika Kalahkan Argentina?

Minggu, 18 Juni 2023 14:10 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Latihan Timnas Indonesia jelang FIFA Matchday melawan Argentina di Lapangan A Senayan, Kamis (15/06/23). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

FOOTBALL265.COM - Berapa poin yang didapatkan Timnas Indonesia di ranking FIFA, jika bisa mengalahkan Argentina di laga FIFA Matchday di GBK, 19 Juni 2023 nanti?

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia akan menghadapi sang juara Piala Dunia 2022, Argentina, di FIFA Matchday 2023, Senin (19/06/23) di Gelora Bung Karno.

Argentina tidak akan diperkuat beberapa pemain andalannya, yakni Lionel Messi, Angel Di Maria, dan Nicolas Otamendi.

Pelatih Lionel Scaloni dikabarkan ingin memberikan jam terbang pada pemain pelapis, sehingga Timnas Indonesia bisa saja menghadapi lawan yang lebih mudah.

"Kami berencana melakukan banyak perubahan (rotasi) dan membiarkan semua pemain berlaga, karena mereka pantas mendapatkannya," kata Lionel Scaloni.

Baca Juga

Sebenarnya, masih banyak bintang Timnas Argentina yang diboyong Scaloni ke Tanah Air, misalnya Enzo Fernández, Alejandro Garnacho, Julian Alvarez, Emiliano Martinez, dan Leandro Paredes.

Selain itu, juga ada Alexis Mac Allister atau nama-nama tenar seperti Rodrigo de Paul, Nahuel Molina, Cristian Romero, German Pezzella, Marcos Acuna, Guido Rodriguez, Nicolas Gonzalez, hingga Giovani Lo Celso.

Baca Juga

Ini adalah tantangan bagi Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong. Jika bisa menang melawan tim pelapis Argentina, maka tim akan panen poin besar di ranking FIFA.

Saat ini Timnas Indonesia masih tertahan di ranking 149 dunia, jauh di bawah Vietnam yang ada di urutan ke-94, dan Thailand yang ada di peringkat 114 dunia.

Jika Timnas Indonesia bisa mengalahkan Argentina, maka posisi skuad Garuda juga dipastikan naik di ranking FIFA tahun 2023.

Baca Juga

1. Ranking Timnas Indonesia Berpotensi Naik

Latihan Timnas Indonesia jelang FIFA Matchday melawan Argentina di Lapangan A Senayan, Kamis (15/06/23). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Perlu diketahui, jika Timnas Indonesia bisa menang atas Argentina di FIFA Matchday 2023 dengan skor berapa pun, maka skuat Garuda akan memborong tambahan +9,55 poin.

Namun jika Timnas Indonesia hanya bisa bermain imbang melawan skuat besutan Lionel Scaloni, maka skuat Garuda akan mendapatkan tambahan +4,55 poin. Jumlah yang juga cukup banyak. 

Hanya saja, melihat perbedaan kualitas antara Argentina dan Timnas Indonesia, tentu ada kans besar jika skuat besutan Shin Tae-yong akan kalah melawan Tim Tango.

Untungnya, jika kalah, Timnas Indonesia hanya terancam kehilangan -0,45 poin. Hal ini tak terlepas dari posisi kedua tim yang sangat jauh di ranking FIFA. 

PSSI sendiri menargetkan Timnas Indonesia bisa memberikan perlawanan ke Argentina, dan bisa meraih kemenangan saat tampil di Stadion GBK.

Baca Juga

Jika berandai-andai dengan tambahan poin yang didapat Timnas Indonesia usai imbang melawan Palestina, dan menang melawan Argentina, ranking Garuda akan melesat.

Timnas Indonesia berpotensi naik ke posisi 147 di ranking FIFA, menyalip posisi Hong Kong dan Liberia. Merah Putih punya kans untuk mengejar Malaysia di peringkat 138.

Baca Juga

Kini, tinggal menanti seperti apa taktik yang diterapkan Shin Tae-yong untuk mengejar kemenangan atas Argentina, pada FIFA Matchday 19 Juni 2023 nanti di GBK.

Shin Tae-yong memiliki rekor apik tidak pernah kalah saat Timnas Indonesia main di kandang, yakni 6 kali menang, dan 4 kali imbang.

Apakah Argentina akan memutus rekor apik tersebut, atau Shin Tae-yong bisa membuat keajaiban dan membawa Timnas Indonesia menang atas Alejandro Garnacho dkk?

Baca Juga
ArgentinaFIFATimnas IndonesiaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini