x

Bedah Formasi Persija usai Datangkan Marko Simic di Liga 1 23/24

Selasa, 20 Juni 2023 22:17 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Marko Simic melakukan selebrasi melawan Persib Bandung

FOOTBALL265.COM – Melihat potensi formasi yang bakal diterapkan Persija Jakarta usai resmi mendatangkan Marko Simic di bursa transfer Liga 1 23/24.

Jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 23/24, Persija Jakarta yang musim lalu berhasil finish sebagai runner up musim lalu, membuat kejutan dengan kembali menggaet eks striker mereka, Marko Simic.

Persija Jakarta merilis perekrutan Marko Simic melalui akun media sosial dan laman resmi klub pada Selasa (20/6/23) siang WIB.

"Persija dan Simic akan kembali berjuang bersama-sama lagi," ujar Mohamad Prapanca, Presiden Klub Persija, dikutip dari laman resmi klub.

"Simic harus mampu beradaptasi cepat dengan strategi yang diinginkan pelatih Thomas Doll. Dia harus menunjukkan kontribusi yang maksimal di musim depan," ia menambahkan.

Baca Juga

Bagi Marko Simic, ini adalah periode kedua kebersamaannya dengan Macan Kemayoran, setelah Sebelumnya ia pernah menjadi tumpuan Persija pada tahun 2018 hingga 2022.

Rapor penampilan Marko Simic bersama Persija pun terbilang apik, dimana striker asal Kroasia itu mampu membantu tim memenangkan empat trofi juara.

Baca Juga

Beberapa gelar juara yang dimenangkan Simic bersama Persija diantaranya adalah Piala Presiden 2018, Boost Fix Super Cup 2018, Liga 1 2018 serta Piala Menpora 2021.

Berbekal memori indah itu, Marko Simic berharap bisa kembali mengulang dan membawa Persija ke tangga juara dalam dua tahun masa baktinya nanti.

Usai resmi mendapatkan Marko Simic, lini depan Persija diprediksi bakal semakin tajam di Liga 1 musim 23/24 nanti.

Berikut INDOSPORT merangkum, potensi formasi Persija Jakarta setelah merekrut Marko Simic:

Baca Juga

1. Muka Lama di Lini Belakang

Laga Liga 1 antara Persija Jakarta vs PSS Sleman di Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Sabtu (15/04/23).

Dengan masih dilatih oleh Thomas Doll, maka formasi Persija musim depan tampaknya masih bakal sama seperti musim lalu yakni 3-4-3.

Di lini pertahanan, tampak tak ada perubahan besar di mana Andritany masih akan menjadi pilihan utama sebagai penjaga gawang.

Sementara trio bek Persija akan ditempati oleh Hansamu Yama dan Ondrej Kudela, serta Rizky Ridho yang baru saja didatangkan pada akhir musim lalu.

Untuk membantu di lini tengah, ada duet Hanif Sjahbandi serta Ryo Matsumura yang bakal jadi motor serangan Persija serta pemutus aliran bola lawan.

Hanif Sjahbandi yang tangguh dalam bertahan, bakal berperan sebagai defensive midfielder.

Baca Juga

Sedangkan Ryo Matsumura yang baru didatangkan, punya kemampuan umpan mumpuni dan membuatnya cocok bermain sebagai deep lying playmaker atau central midfielder.

Melengkapi kuartet gelandang Persija, ada Firza Andika serta Rio Fahmi yang menempati posisi wing back atau wide midfielder.

Baca Juga

Di posisi ini, kedua pemain tersebut bertugas multifungsi yakni sebagai bek tambahan juga sebagai winger saat klub melakukan counter attack.

Sepanjang musim lalu, baik Firza Andika maupun Rio Fahmi merupakan salah satu pemain yang sangat jarang dicadangkan pelatih Thomas Doll.

Tercatat, Firza Andika mampu mengoleksi 2.536 menit bermain dan menjadikannya pemain kedua dengan jumlah merumput terbanyak buat Persija di musim lalu.

Sementara Rio Fahmi menorehkan 2.050 menit bermain, dan membuatnya berada di urutan keenam sebagai pemain Persija dengan jumlah tampil terbanyak sepanjang 22/23.

Baca Juga

2. Simic Tumpuan Persija

Marko Simic saat jadi cadangan di Persija Jakarta. Foto : Nofik Lukman Hakim/Football265.com

Di lini depan, Persija akan yang sudah ditinggal Michael Krmencik dan Abdulla Yusuf Helal, bakal mengandalkan bakat lokal plus Marko Simic sebagai rekrutan anyar.

Menyisakan tiga pemain untuk menopang lini serang, Persija tampaknya akan bertumpu pada Witan Sulaeman, Marko Simic serta Riko Simanjuntak.

Witan Sulaeman dan Riko Simanjuntak bakal menempati posisi winger, kecepatan serta akurasi umpan maupun tembakan keduanya bisa jadi senjata mematikan buat Persija.

Selain itu, umpan-umpan silang dari keduanya juga bakal mempermudah tugas Marko Simic sebagai goal getter untuk menjebol gawang lawan.

Dengan hadirnya Marko Simic, bakal kembali mengulang duet maut Persija yang sempat dipegang Simic-Riko Simanjuntak.

Berkat duet kedua pemain tersebut, Persija sukses menjuarai Liga 1 pada musim 2018 lalu.

Untuk lebih lengkapnya, berikut bedah formasi Persija Jakarta usai kedatangan Marko Simic di Liga 1 musim depan.

Persija Jakarta (3-4-3):
Andritany; Hansamu Yama, Ondrej Kudela, Rizky Ridho; Firza Andika, Hanif Sjahbandi, Ryo Matsumura, Rio Fahmi; Witan Sulaeman, Marko Simic, Riko Simanjuntak.

Persija JakartaLiga 1Marko SimicBerita Liga 1

Berita Terkini