x

Bedah Taktik Revolusioner Juventus usai Gaet Charles De Ketelaere dari AC Milan

Kamis, 22 Juni 2023 21:37 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Charles De Ketelaere saat laga Liga Italia AC Milan vs Napoli. Foto: Reuters/Daniele Mascolo

FOOTBALL265.COM – Intip formasi yang bakal diterapkan Juventus andai mereka sukses mendapatkan tanda tangan Charles De Ketelaere dari AC Milan di bursa transfer Liga Italia musim panas ini.

AC Milan sendiri berniat untuk menjual Charles De Keteleare pada bursa transfer musim panas. Sebaliknya, Juventus malah ingin berinvestasi pemain di posisi playmaker.

Rencana Rossoneri melepas Charles De Ketelaere tak llepas dari pemecatan Paolo Maldini dan Ricky Massara beberapa waktu lalu.

Pasalnya, De Ketelaere merupakan pemain yang didatangkan oleh Paolo Maldini ke AC Milan pada bursa transfer musim panas kemarin.

Pada saat itu, AC Milan mendaratkan Charles De Ketelaere dari Club Brugge dengan mahar cukup besar yakni mencapai 35,5 juta euro.

Baca Juga

Sayangnya penampilan Charles De Ketelaere tak sesuai ekspektasi. Tercatat, dirinya baru mengoleksi satu assist dalam 40 laga yang dilakoni bersama AC Milan di semua ajang.

Oleh sebab itu, AC Milan berjudi tendang De Ketelaere pada jendela bursa transfer yang dibuka Juli nanti.

Baca Juga

Meski belum pasti bakal ditendang, namun Juventus dikabarkan bakal coba menampung Charles De Ketelaere dan berusaha mengembalikan sentuhan terbaiknya musim depan.

Kehadiran Charles De Ketelaere sangat dibutuhkan Juventus, lantaran kubu Si Nyonya tua berhasrat melepas sejumlah bintang seperti Angel Di Maria, Leandro Paredes, Adrien Rabiot, hingga Paul Pogba untuk meringankan beban pengeluaran klub.

Dengan ketambahan Charles De Ketelaere, tampaknya kekuatan Juventus bakal jadi salah satu yang menyulitkan di Liga Italia.

Lantas bakal seperti apa starting XI Juventus andai resmi mendatangkan Charles De Ketelaere? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:

Baca Juga

1. Muka Lama di Lini Pertahanan Juventus

Para pemain Juventus Frederico Gatti, Bremer, Filip Kostic, Wojciech Szczesny dan Arkadiusz Milik terlihat sedih usai pertandingan di laga Serie A Italia. (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

Andai masih dilatih Massimiliano Allegri musim depan, maka Juventus diprediksi akan tetap menggunakan formasi 3-5-2 yang sering diterapkan sepanjang musim 22/23.

Untuk posisi pertahanan, tampaknya Juventus tidak akan melakukan perombakan dan belum ada kabar kalau salah satu bek mereka bakal dijual.

Oleh karena itu, muka-muka lama bakal menghiasi starting XI Juventus kali ini untuk sektor pertahanan.

Dari posisi penjaga gawang, ada Wojciech Szczesny yang dipastikan mengawal barisan paling belakang Juventus.

Di depan Wojciech Szczesny, tiga bek sejajar akan membantu pertahanan yang bakal ditempati oleh Danilo, Federico Gatti serta Gleison Bremer.

Baca Juga

Berikutnya di posisi gelandang, ada lima pemain yang bakal jadi pengatur tempo permainan serta pilar penting untuk menghambat serangan lawan sebelum masuk kotak 12.

Dimulai dari posisi wing back atau wide midfielder, ada Filip Kostic yang menempati pos kiri serta Mattia De Sciglio di sebelah kanan.

Baca Juga

Untuk bek sayap kanan, masih ada nama Juan Cuadrado namun faktor usia yang sudah mencapai 35 tahun membuat pemain asal Kolombia itu berpeluang kecil untuk terus tampil starting musim depan.

Beralih ke posisi gelandang, kehadiran Charles De Ketelaere berpotensi membuat lini tengah Juventus alami perubahan kecil.

Jika sebelumnya Juventus lebih sering menggunakan tiga gelandang sejajar, namun kehadiran Charles De Ketelaere membuat La Vecchia Signora harus memasang satu attacking midfielder di belakang striker.

Baca Juga

2. Charles De Ketelaere Otak Serangan Juventus

Charles De Ketelaere, pemain AC Milan. Foto: REUTERS/Massimo Pinca

Peran attacking midfielder inilah yang akan dimainkan Charles De Ketelaere jika resmi berseragam Juventus musim depan nanti.

Sebelum hengkang ke AC Milan, posisi sebagai gelandang serang memang jadi tugas utama Charles De Ketelaere bersama Club Brugge KV.

Berbekal kecepatan serta visi bermain tinggi dan disempurnakan dengan insting gol tajam, membuat Charles De Ketelaere menjelma sebagai salah satu gelandang serang terbaik di Liga Belgia.

Total selama memperkuat Club Brugge, pemain berusia 22 tahun itu mampu mencetak 25 gol serta memberikan 20 assists dari 120 pertandingan di semua ajang.

Selain itu, dengan postur tubuh mencapai 192 cm membuat Charles De Ketelaere bisa jadi second option buat Juventus dalam membangun serangan.

Charles De Ketelaere bisa hadir dari second line untuk menyambar bola lambung, atau memaksimalkan crossing dari situasi sepak pojok.

Mengawal Charles De Ketelaere di lini tengah, duet Manuel Locatelli dan Nicolo Fagioli sebagai central serta holding midfielder bakal mampu membuat Juventus unggul penguasaan bola.

Terakhir di lini depan, Juventus bakal kian mematikan dengan memaksimalkan duet Federico Chiesa - Dusan Vlahovic.

Federico Chiesa yang posisi aslinya adalah winger, akan memainkan peran sebagai second striker yang bertugas menarik bek lawan dan berharap Dusan Vlahovic bisa bebas mendapat ruang tembak.

Andai Federico Chiesa gagal menarik bek lawan dan membuat Vlahovic mendapat ruang tembak, maka Charles De Ketelaere bakal bisa membantu serangan dengan merangsek masuk ke kotak 16.

Kreatifitas tinggi milik Charles De Ketelaere, ditambah agresivitas pergerakan Federico Chiesa serta finishing mematikan Dusan Vlahovic, membuat lini depan Juventus bakal jadi salah satu yang berbahaya di Liga Italia musim depan.

Berikut prediksi formasi Juventus andai resmi dapatkan Charles De Ketelaere:
Juventus (3-4-1-2):

Wojciech Szczesny; Danilo, Federico Gatti, Gleison Bremer; Filip Kostic, Manuel Locatelli, Nicolo Fagioli Mattia De Sciglio; Charles De Ketelaere; Federico Chiesa, Dusan Vlahovic.

AC MilanJuventusLiga ItaliaCharles De Ketelaere

Berita Terkini