x

Masih Absen di Laga PSS Sleman vs Persib Bandung, Kemana Jonathan Bustos?

Kamis, 22 Juni 2023 17:15 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Jonathan Bustos jalani latihan perdana bersama klub Liga 1, PSS Sleman. (Foto: PSS Sleman)

FOOTBALL265.COM - PSS Sleman kemungkinan masih tanpa Jonathan Bustos saat melawan Persib Bandung dalam uji coba jelang Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Minggu (25/06/23). Eks Borneo FC ternyata masih cedera.

PSS belum juga menunjukkan performa menawan di tangan Marian Mihail. Dalam dua pertandingan uji coba melawan Borneo FC dan Barito Putera, performa PSS masih saja dikritik suporter.

Dari segi penerapan strategi, PSS memang memiliki masalah besar. Saat kalah dari Borneo FC 0-1, PSS bermain tanpa Jonathan Bustos dan Esteban Vizcarra.

Kemudian, saat berbagi angka 1-1 dengan Barito Putera, PSS bermain tanpa Bustos, Vizcarra dan Kei Sano. Nama-nama yang absen tersebut merupakan rekrutan yang disiapkan untuk memperkuat sektor tengah.

Makanya, alur bola dari lini belakang ke tengah dan tengah ke depan tak berjalan lancar. Bahkan, bek asal Brasil, Thales Lira, kerap kali meninggalkan posnya untuk maju ke belakang.

Baca Juga

Masalah ini kemungkinan masih terjadi saat melawan Persib Bandung. Pelatih PSS, Marian Mihail, mengatakan Jonathan Bustos masih melakukan program terpisah.

"Ini masalah besar bagi kita. Dia (Bustos) masih mengalami cedera. Dia belum berlatih bersama tim," kata pelatih PSS, Marian Mihail.

Baca Juga

Bustos merupakan aktor krusial dalam strategi Marian Mihail. Sumbangsihnya selama dua musim ketika berseragam Borneo FC memberi bukti level Bustos yang sangat tinggi.

Makanya, Mihail tak segan menyebut Bustos merupakan salah satu pemain penting musim ini. Cedera otot betis yang menghantam Bustos diharapkan segera sembuh.

"Tentu saja kami berharap agar Bustos secepatnya bisa kembali berlatih bersama tim lagi," ucap Mihail.

Baca Juga

1. Lakukan Evaluasi

Jonathan Bustos jalani latihan perdana bersama PSS Sleman. (Foto: PSS Sleman)

Sementara untuk Vizcarra dan Kei Sano, kemungkinan besar keduanya tampil dari menit pertama. Vizcarra dan Kei Sano diharapkan mengatasi solusi atas minimnya distribusi bola matang ke Yevhen Bokhashvili.

"Menghadapi Persib menjadi laga terakhir pramusim sebelum kompetisi bergulir. Kami juga memberikan perhatian khusus karena kami menghadapi tim terbaik di Liga Indonesia," jelas Mihail.

Setelah partai melawan Barito Putera, Mihail telah melakukan banyak evaluasi. Para pemain juga disebutnya sudah belajar banyak dari dua laga tersebut.

"Banyak pembelajaran yang kami dapatkan dari dua laga yang telah dijalani dan menjadi referensi bagi PSS untuk mengembangkan sebuah ide permainan. Dua laga uji tanding yang bagus buat PSS," papar Mihail.

"Pertama dari Borneo FC yang menunjukkan permainan sepak bola yang bagus dan matang. Kemudian dari Barito Putera, tim yang secara kualitas tidak beda jauh dengan PSS. Mereka memainkan gaya sepak bola yang berbeda dari Borneo FC, lebih reaktif, bertahan," lanjutnya.

Baca Juga

Partai melawan Persib Bandung bisa menjadi simulasi sebelum pembukaan Liga 1 2023-2024 melawan Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (01/07/23) malam.

Baca Juga

Dari sisi level permainan maupun mentalitas pemain, Persib dan Bali United cukup berimbang. Musim lalu kedua tim tersebut sama-sama berada di papan atas Liga 1.

Sebelum uji coba melawan PSS Sleman, Persib Bandung sudah melakukan pemusatan latihan di wilayah Yogyakarta. Agenda ini jadi persiapan akhir sebelum melangkah ke kompetisi Liga 1 2023-2024.

Baca Juga
PSS SlemanLiga IndonesiaLiga 1Marian MihailBerita Liga 1Jonathan Bustos

Berita Terkini