x

Rumor Bursa Transfer Barcelona: Ilkay Gundogan Datang Gratisan, Man City Tak Ikhlas?

Kamis, 22 Juni 2023 14:16 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Ilkay Gundogan, pemain Manchester City yang segera diperkenalkan Barcelona sebagai rekrutan anyar di bursa transfer musim panas 2023. Foto: REUTERS/Chris Radburn

FOOTBALL265.COM - Rumor bursa transfer klub raksasa Liga Spanyol, Barcelona membuat publik sepak bola gempar, ketika merekrut Ilkay Gundogan dari Manchester City.

Gelandang andalan Manchester City, Ilkay Gundogan, dikabarkan telah sepakat untuk bergabung ke Barcelona secara gratis pada bursa transfer musim panas 2023 ini.

Laporan ini dikemukakan oleh juru transfer kenamaan dunia, Fabrizio Romano, yang menuturkan bahwa raksasa Catalan itu telah mendapatkan tanda tangan Ilkay Gundogan.

Fabrizio Romano menambahkan bahwa Gundogan sepakat gabung Barcelona scara gratis usai kontraknya di Man City habis pada 30 Juni 2023 mendatang.

Kabarnya, tim berjuluk Blaugrana itu akan memberi Gundogan kontrak berdurasi dua tahun, atau sampai tahun 2025, dengan opsi perpanjangan satu tahun.

Baca Juga

Bahkan, gelandang senior berusia 32 tahun itu juga dikabarkan segera didaftarkan sebagai rekrutan baru Barcelona, kini hanya tinggal menuntaskan beberapa urusan minor.

Fabrizio Romano juga menuturkan bahwa Barcelona akan memagari Ilkay Gundogan dengan klausul rilis yang bernilai fantastis, usai hengkang secara gratisan dari Manchester City.

Baca Juga

Disebutkannya bahwa Barcelona akan memagari rekrutan barunya itu dengan klausul rilis sebesar 500 juta euro, atau setara dengan Rp8 triliun.

Kedatangan Gundogan menjadi suntikan positif bagi kubu Barcelona, yang berambisi untuk mempertahankan gelar juara Liga Spanyol musim depan.

Sedangkan Manchester City nampaknya masih belum ikhlas melepas kepergian Ilkay Gundogan, meski tim Inggris ini juga telah mendapatkan gantinya, Mateo Kovacic.

Baca Juga

1. Gundogan ke Barcelona, Man City Sulit Move on

Ilkay Gundogan, pemain Manchester City yang segera diperkenalkan Barcelona di bursa transfer musim panas 2023. Foto: REUTERS/Craig Brough

Sampai beberapa waktu terakhir, sang jawara Liga Inggris, Manchester City dikabarkan masih berupaya menahan Ilkay Gundogan agar tidak ke Barcelona di bursa transfer.

Meskipun sudah berusia kepala tiga, tetapi tak dapat dipungkiri, Gundogan dianggap masih memiliki kualitas permainan yang baik.

Terbukti, pemain kelahiran Gelsenkirchen, Jerman, pada 24 Oktober 1990 itu berhasil mengantarkan Manchester City meraih treble winner di musim 2022-2023.

Tiga gelar juara yang dipersembahkan Gundogan untuk Manchester City adalah Liga Champions, Liga Inggris, dan Piala FA.

Terlebih lagi, Ilkay Gundogan mencatatkan rekor sebagai pemilik assist terbanyak di Liga Champions musim ini. Man City tentu kesulitan untuk move on.

Baca Juga

Tetapi Ilkay Gundogan sudah menjatuhkan pilihan. Ia akan membela Barcelona di Liga Spanyol 2023, bahkan mungkin saja ia akan mengakhiri kariernya di raksasa Catalan itu.

Jika ia menghabiskan masa kontraknya di Camp Nou dengan gaji fantastis, maka di usia 36 tahun nanti Ilkay Gundogan menghasilkan lebih banyak uang dari yang dia dapatkan di musim treble-nya bersama Manchester City.

Baca Juga

Meski menurut media Spanyol, Gundogan dikabarkan rela pangkas gaji demi berlabuh ke Barcelona, dan gaji kotornya dilaporkan hanya sebesar 9 juta Euro saja.

Namun, tetap saja itu adalah peningkatan dari gaji yang ia peroleh di Manchester City.

Jika Ilkay Gundogan bisa mencapai kesuksesan bersama Barcelona usai kiprahnya di Liga Jerman dan Inggris, maka ia berpeluang untuk meraih gelar gelandang terbaik sepanjang masa di generasinya.

Baca Juga
Bursa TransferManchester CityBarcelonaIlkay GundoganBerita Transfer

Berita Terkini