x

Bentrok dengan Konser Coldplay, 5 Opsi Stadion untuk Opening Ceremony Piala Dunia U-17 2023

Sabtu, 24 Juni 2023 12:43 WIB
Editor: Juni Adi
Ketum PSSI Erick Thohir saat sesi jumpa pers di stadion Manahan Solo, Minggu (04/06/23). PSSI memutuskan akan menggunakan stadion Manahan sebagai venue Kualifikasi Piala Asia U-23.

FOOTBALL265.COM - Gelaran Piala Dunia U-17 2023 berpotensi tidak akan dibuka di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) karena bentrok dengan jadwal konser Coldplay.

Federasi sepak bola dunia atau FIFA, resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Keputusan ini diambil oleh organisasi pimpinan Gianni Infantino tersebut dalam rilis terbaru FIFA, yakni pada Jumat (23/06/23) malam WIB.

Dalam rilisnya, FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 menggantikan Peru yang sebelumnya menjadi tuan rumah ajang ini.

“Dewan juga menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-17 World Cup 2023,” bunyi pernyataan dari FIFA.

Baca Juga

Adapun penyelenggaraan ajang untuk pemain muda di seluruh dunia ini rencananya akan digelar pada 10 November-2 Desember 2023 mendatang.

Sejak penunjukkan ini dirilis oleh FIFA, belum ada keterangan yang diberikan oleh PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia.

Baca Juga

Hanya saja penunjukkan tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 ini bisa menjadi pelipur lara bagi Indonesia yang sebelumnya gagal menyelenggarakan Piala Dunia U-20 2023 lalu.

Sebagai informasi, FIFA sempat mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 dan mengalihkannya ke Argentina.

Sayangnya, gelaran turnamen Piala Dunia U-17 2023 nanti harus bentrok dengan agenda konser musik Internasional di Jakarta, Coldplay.

Grup band asal Inggris itu bakal menggelar konser pada Rabu, 15 November 2023 mendatang di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Sementara Piala Dunia U-17 2023 akan mulai digelar lima hari sebelumnya, pada Jumat, 10 November 2023. Konser musik berskala internasional itu tentu persiapannya akan dilakukan jauh-jauh hari.

Sehingga kemungkinan Piala Dunia U-17 akan mengalah untuk tidak menggunakan SUGBK untuk acara opening ceremony. Berikut beberapa opsinya:

Baca Juga

1. Stadion Patriot

Tribun Stadion GBT sudah terpasang single seat.

Selain Stadion Utama Gelora Bung Karno, wilayah Jabodetabek juga memiliki beberapa stadion megah berstandar FIFA yang tak kalah bagusnya dengan Stadion GBK.

Salah satunya adalah Stadion Patriot Candrabhaga yang terletak di Bekasi, Jawa Barat. Berada di tengah pusat kota dan akses yang mudah, memungkinkan para penonton banyak yang hadir.

Stadion ini berkapasitas 35 ribu penonton. Sempat masuk dalam nominasi venue Piala Dunia U-20 2023, tetapi haru tersingkir.

Menginat status gengsi yang levelnya sedikit berada di bawah Piala Dunia U-20, Stadion Patriot layak dipertimbangkan untuk jadi venue opening ceremony ataupun babak penyisihan di Piala Dunia U-17 nanti.

Sebab stadion ini sudah beberapa kali digunakan untuk pertandingan internasional yang melibatkan timnas Indonesia, salah satunya pernah jadi tempat bertanding FIFA Matchday melawan Burundi baru-baru ini.

Baca Juga

Stadion Si Jalak Harupat

Stadion Si Jalak Harupat terpilih menjadi salah satu venue untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U-20 2023 lalu sebelum akhirnya batal digelar di Indonesia.

Sempat menuai kritikan karena kurang terawat, kini salah satu stadion kebanggaan warga Jawa Barat itu sudah dilakukan renoviasi, mengingat kala itu jadi venue Piala Dunia U-20 dengan kapasitas 35 ribu penonton.

Baca Juga

Lantaran tidak digunakan, Pemerintah, PSSI dan FIFA bisa melirik Stadion Si Jalak Harupat untuk menjadi tempat pembukaan Piala Dunia U-17.

Stadion Gelora Bung Tomo

Selanjutnya ada Stadion Gelora Bung Tomo. Antusiasme warga Surabaya terhadap sepak bola, bisa jadi pertimbangan untuk menggelar opening ceremony Piala Dunia U-17 di sini.

Stadion berkapasitas 45 ribu penonton itu sudah dilakukan renovasi karena masuk dalam salah satu venue Piala Dunia U-20 lalu yang batal.

Beberapa waktu lalu, stadion ini telah menggelar pertandingan internasional bertajuk FIFA Matchday antara Indonesia vs Palestina, dengan kehadiran penonton yang cukup padat.

Baca Juga

2. Stadion Manahan

Keindahan rumput Stadion Manahan Solo setelah ditambal dengan mesin jahit rumput.

Terakhir ada Stadion Manahan, Solo. Stadion ini yang sangat memungkinkan untuk menjadi pengganti GBK untuk opening ceremony Piala Dunia U-17.

Sebab, stadion ini sudah mengalami renovasi yang sangat signifikan hingga berstandar FIFA dan mewah dengan kapasitas 20 ribu penonton.

Pada Piala Dunia U-20 yang batal digelar, Stadion Manahan menjadi salah satu venue pertandingan.

Walikota Solo, Gibran Rakabuming, sangat mendukung kemajuan sepak bola nasiona khususnya timnas Indonesia, sehingga dukungan penuh pemerintah Solo sangat memudahkan persiapan.

Stadion Kapten I Wayan Dipta

Stadion Kapten I Wayan Dipta merupakan salah satu stadion yang akan menggelar Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, sebelum batal.

Stadion di Bali ini memiliki kapasitas 15,860 penonton dan sudah direnovasi beberapa bagian pentingnya, termasuk rumput lapangan.

FIFAStadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)Stadion Manahan SoloPiala Dunia U-17Stadion Kapten I Wayan DiptaBola InternasionalStadion Gelora Bung Tomo

Berita Terkini