x

Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Erick Thohir Kirim Timnas Indonesia TC ke Eropa

Sabtu, 24 Juni 2023 20:35 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
Ketum PSSI Erick Thohir saat sesi jumpa pers di stadion Manahan Solo, Minggu (04/06/23). PSSI memutuskan akan menggunakan stadion Manahan sebagai venue Kualifikasi Piala Asia U-23.

FOOTBALL265.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, secara blak-blakan bakal mengirim timnas Indonesia U-17 untuk melakukan pemusatan latihan (TC) di Eropa dalam rangka mempersiapkan diri menyambut Piala Dunia U-17 2023.

Diketahui, Indonesia baru saja ditunjuk oleh FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, menggantikan Peru yang dinyatakan tidak siap secara infrastruktur.

Pesta sepak bola dunia kategori U-17 ini dijadwalkan berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Melihat waktu yang terbatas, tim Garuda Muda cuma punya empat bulan untuk melakukan persiapan.

Dengan waktu persiapan yang mepet, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, tak menampik memang sangat sulit, sehingga dia akan melakukan seleksi di sembilan kota.

“Karena kita baru mendapatkan kabar terkait tuan rumah ini tadi malam, maka kita harus mempersiapkan timnas Indonesia U-17 dengan serius,” ucap Erick Thohir di Jakarta, Sabtu (24/6/23).

Baca Juga

“Jadi, kami akan melakukan seleksi pemain U-17 di sembilan wilayah. Nanti dipetakan dan digabungkan untuk pemusatan latihan mulai Juli, Agustus memulai TC,” jelas Erick Thohir.

Tak hanya itu, Erick sudah mencanangkan untuk mengirim timnas Indonesia U-17 melakukan pemusatan latihan di Eropa agar tidak kaget di panggung Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga

“September, Oktober kita kirim ke luar negeri, sehingga diharapkan ada beberapa pertandingan baik dengan negara Eropa, Asia, Afrika sehingga nanti mereka tidak kaget,” jelas Erick Thohir.

Perihal target, Erick Thohir belum berani membebani timnas Indonesia, sebab memang persiapan yang dilakukan tidak mudah dengan waktu yang singkat.

“Saya tahu persiapan timnas itu bukan hal mudah. Jadi kalau ditanya target hari ini targetnya apa saya belum bisa jawab. Nanti saya akan duduk bersama dengan Coach ini staf untuk persiapan ini semua,” tutup Erick. 

Baca Juga

1. Bima Sakti

Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti dan manajer Timnas, Sumardji di Kualifikasi AFC U17 2022, Senin (03/10/22). (Foto: Herry Ibrahim)

Di sisi lain, Erick Thohir akhirnya memberikan kepercayaan kepada Bima Sakti untuk menangani timnas Indonesia di Piala Dunia U-17. Sebelumnya, dia merupakan pelatih timnas Indonesia U-16.

“Kami rasa akan memberikan kesempatan kepada Coach Bima (Sakti). Kami ingin memberikan kesempatan kepada pelatih-pelatih muda dan nanti akan didiskusikan dengan anggota Exco,” kata Erick Thohir, Sabtu (24/6/23).

Baca Juga

Erick tak akan membebani terhadap pelatih-pelatih lainnya seperti Shin Tae-yong maupun Indra Sjafri. Sebab, memang dalam kontrak mereka tidak ada keharusan memegang timnas Indonesia U-17.

“Sesuai dengan kontrak Coach Shin Tae-yong, kesepakatannya itu adalah memegang timnas Indonesia senior dan U-23,” jelas Erick Thohir.

Baca Juga

“Lalu kami kemarin juga memberi kesempatan coach Indra untuk memegang yang junior dan kami sedang mencari dirtek untuk menjaga keseimbangan kepelatihan nasional secara menyeluruh,” imbuhnya.

Erick ThohirTimnas IndonesiaPiala Dunia U-17Bima SaktiBola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaOne FootballTimnas Indonesia U-17

Berita Terkini