x

Sudah Punya Banyak Winger, Apa yang Bisa Chiesa Tawarkan untuk Liverpool?

Sabtu, 24 Juni 2023 18:11 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Federico Chiesa adalah salah satu nama terbesar yang dikaitkan dengan Liverpool pada bursa transfer musim panas 2023.

FOOTBALL265.COM - Federico Chiesa adalah salah satu nama terbesar yang dikaitkan dengan Liverpool pada bursa transfer musim panas 2023.

Winger milik Juventus tersebut kabarnya bisa dimiliki sang raksasa Liga Inggris dengan harga 60 juta Euro.

Menurut laporan dari La Gazzetta dello Sport, bukan hanya Liverpool saja yang meminati Chiesa.

Mulai dari Newcastle United, Aston Villa, hingga Paris Saint-Germain dan Bayern Munchen juga menginginkan bintang 25 tahun itu.

Hanya saja The Reds diklaim sebagai klub terdepan untuk mendapatkannya. Media yang sama menyebut jika mereka siap menggaji Chiesa 8 juta Euro per musim alias menjadikannya salah satu pemain terkaya di Anfield.

Baca Juga

Juventus sendiri sepertinya tidak ingin menjual sang pemain namun mereka sedang dalam posisi minim pilihan.

Tidak adanya Liga Champions di Turin musim depan membuat keuangan mereka untuk kesekian kalinya dalam tiga tahun terakhir akan merasakan guncangan besar.

Baca Juga

Maka dari itu menjual Federico Chiesa yang masuk dalam daftar aset paling berharga mereka di bursa transfer musim panas 2023 adalah salah satu cara agar Juventus bisa survive nantinya.

Beruntung banyak klub yang memang mau 'menolong' Si Nyonya Tua dan Liverpool salah satunya.

Yang menarik adalah bagaimana cara Liverpool untuk bisa memanfaatkan talenta Chiesa seutuhnya. Sang pemain punya banyak kelebihan namun sejumlah faktor juga akan membuatnya terlihat bak rekrutan sia-sia untuk juara 19 kali Liga Inggris tersebut.

Baca Juga

1. Pemain Surplus yang Rentan Cedera

Federico Chiesa. REUTERS-Massimo Pinca

Andai Liverpool saat ini tidak memiliki banyak penyerang sayap maka rumor kedatangan Federico Chiesa dari Juventus akan terdengar wajar.

Akan tetapi saat ini dalam skuad asuhan Jurgen Klopp setidaknya sudah ada empat pemain yang dapat dikategorikan sebagai winger dan semuanya pantas bermain di starting XI yakni Mohamed Salah, Luis Diaz, Cody Gakpo, dan Diogo Jota.

Bahkan Darwin Nunez pun mungkin masih bisa dimasukkan dalam kategori tersebut mengingat beberapa kali sang striker Uruguay juga ditempatkan melebar di beberapa laga 2022/2023.

Menambah Chiesa ke dalam skuad akan membuat Liverpool mengalami surplus winger kecuali mereka memang hendak melepas salah satu opsi lama mereka yang mana belum terdengar sama sekali rumornya hingga kini.

Katakanlah niatan Klopp mendatangkan Chiesa adalah dilandasi tujuan untuk memfokuskan Gakpo dan Jota di posisi yang lebih sentral namun rencana bursa transfer ini masih bisa ditangkal.

Baca Juga

Yakni dengan menunjukkan riwayat cedera sang buruan yang terbilang sangat beresiko tinggi.

Dua musim terakhir Chiesa di Juventus banyak dihabiskan di ruang perawatan. Masalah terbesar yang dilami oleh eks Fiorentina itu adalah cedera ACL lutut pada 2022 silam dimana dokter memvonisnya harus dioperasi dan menepi nyaris setahun lamanya.

Baca Juga

Bahkan sebelum cedera tersebut datang, Chiesa pun sebenarnya sudah mulai menunjukkan tanda-tanda keringkihan dengan beberapa kali menderita problem pada hamstring.

Hasilnya performa putra dari Enrico Chiesa itu tidaklah maksimal di 2022/2023 dengan hanya ada enam start di Liga Italia yang ia buat untuk Juventus.

Akan tetapi walau demikian pahlawan Italia di EURO 2020 itu masih sanggup mengemas dua gol dan lima assist yang mana tetap boleh dianggap impresif.

Baca Juga

2. Perbandingan dengan Para Winger Liverpool

Pemain Liverpool, Mohamed Salah dan Cody Gakpo. (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

Mungkin dengan sampel data yang tidak terlalu optimal itu Liverpool tetap bisa menemukan alasan kenapa Federico Chiesa tetap layak mereka tebus mahal.

Atau statistik oke di 2020/2021 yang jadi musim fit terakhirnya dimana 46 laga berbuah 15 gol dan 11 assist lintas ajang bersama Juventus menjadi referensi mereka untuk mengeksekusi deal di bursa transfer.

Entah apapun itu fans Liverpool berhak tahu jika perekrutan Chiesa akan sangat beresiko terutama saat kedalaman di lini tengah belum sepenuhnya terpenuhi walau Alexis Mac Allister telah diresmikan.

Jiba dibandingkan dengan kwartet Salah, Jota, Gakpo, dan Diaz, statistik dari Chisa masih kalah.

Bahkan dengan satuan per 90 menit sekalipun untuk membuat perbandingan ini sedikit lebih adil mengingat menit bermain Chiesa musim lalu bahkan tidak sampai 1000 menit di Liga Italia.

Perbandingan Federico Chiesa dengan winger Liverpool saat ini

Terlihat jelas bahwa Chiesa kalah dalam nyaris semua aspek krusial untuk seorang winger modern mulai dari rataan gol, jumlah dan akurasi tembakan, percobaan dribel dan tingkat suksesnya, serta masih banyak lagi.

Hanya saja ia menang dalam hal jumlah assist yang rupanya mencapai 0,6 tiap laganya berkat keunggulan juga soal kreasi peluang (2,2).

Mungkin inilah yang jadi alasan kenapa Liverpool mengincarnya. Mereka menginginkan seorang winger yang tidak hanya produktif namun juga bisa menjadi pembuka jalan bagi rekan-rekannya.

Jika benar demikian dan Federico Chiesa benar-benar didaratkan dari Juventus pada bursa transfer musim panas ini, maka PR besar menanti divisi kebugaran Liverpool.

Liga Inggris terkenal punya intensitas tiggi dan Si Merah adalah salah satu tim dengan gaya bermain paling cepat. Sang winger harus benar-benar dipersiapkan agar nantinya investasi 60 juta Euro tidak mubazir begitu saja.

Bursa TransferLiverpoolJuventusFederico ChiesaIndepth

Berita Terkini