x

Liga 1: Elias Dolah Memuaskan, Bali United Lanjut Bidik Penyerang Brasil

Selasa, 27 Juni 2023 10:29 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Bek Timnas Thailand, Elias Dolah, resmi diperkenalkan Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (6/6/23). (Foto: MO Bali United)

FOOTBALL265.COM - Bali United tampak cukup puas dengan efek kehadiran Elias Dolah di sektor pertahanan. Satu slot pemain asing tersisa rumornya bakal ditempati penyerang asal Brasil, Jefferson de Assis.

Awalnya, Bali United cukup serius memburu satu bek tengah asing, meski sudah memiliki Elias Dolah. Perburuan itu mengacu hasil evaluasi musim lalu.

Bali United merupakan tim dengan catatan gol terbanyak dengan 67 gol. Ilija Spasojevic menjadi top skor tim dengan 17 gol, diikuti Privat Mbarga dengan 16 gol.

Catatan itu berbanding terbalik dengan sistem pertahanan. Bali United kebobolan 53 gol atau menjadi yang paling banyak di antara penghuni sepuluh besar klasemen Liga 1 2022-2023.

Bos Bali United, Pieter Tanuri, sempat menyebut pihaknya akan memiliki bek bagus dari Liga Belanda. Meski tak menyebut nama, Keziah Veendorp muncul sebagai kandidat terkuat.

Baca Juga

Sayangnya, Veendorp mengalami cedera serius di bagian lutut. Cedera itu sempat membuatnya absen membela FC Emmen dalam beberapa laga pamungkas Eredivisie Belanda, termasuk babak playoff.

Sebagai pengganti Veendorp, Bali United tak mencari bek lain, justru disebut-sebut segera mengumumkan penyerang baru. Sosok yang dirumorkan merapat adalah Jefferson de Assis.

Baca Juga

Selama tiga musim terakhir, Jefferson berkarier di Liga Malta bersama Griza United. Dia mencetak 20 gol membawa klubnya menempati urutan ke-3 pada klasemen akhir musim lalu.

"Bali United dikaitkan dengan striker asal Brasil, Jefferson de Assis (28 tahun)," tulis akun instagram gosip bola nasional, gosball, dalam storynya Senin (26/6/23) malam. 

"Musim lalu Jefferson bermain di Liga Malta dan menjadi top skor dengan torehan 20 gol dan 5 assist dari 25 pertandingan," sebut akun tersebut.

Baca Juga

1. Kesan Elias Dolah

Laga uji coba Bali United vs Dewa United di Gianyar (Bali). (Foto: MO Bali United)

Andai Jefferson de Assis benar-benar merapat, artinya pelatih Stefano Cugurra cukup puas dengan performa lini belakang. Duet Elias Dolah dan I Kadek Arel Priyatna menjadi opsi utama saat playoff leg kedua melawan PSM Makassar.

Selain Dolah dan Arel, Bali United masih punya Ryuji Utomo, Haudi Abdillah, Jajang Mulyana dan I Komang Tri Arta Wiguna. Nama-nama tersebut cukup diperhitungkan di sepak bola Tanah Air.

Elias Dolah sendiri tampak menikmati karier barunya di Indonesia. Elias Dolah bisa satu tim bersama sosok yang sama-sama pernah berkompetisi di Liga Swedia, Brwa Nouri.

Kebetulan, peran Nouri juga tak jauh berbeda dengan Dolah. Brwa Nouri merupakan sosok gelandang bertahan yang jadi andalan memutus serangan lawan.

Baca Juga

"Saya berbicara dengan dia (Nouri) tentang Bali United. Saya diskusi tentang klub ini, tentang suporter, tentang pelatih dan pemain, serta fasilitas yang ada. Saya berpikir ini jadi perjalanan yang bagus buat karir saya," kata Elias Dolah.

Dolah pun menyebut Nouri turut mempengaruhi keputusannya gabung Bali United. Tak ketinggalan adalah sosok Stefano Cugurra yang pernah lama berkarier di Liga Thailand.

"Ya benar, ada Brwa Nouri dan juga Coach Teco serta klub Bali United menjadi alasan keinginan pada waktu itu memilih bergabung dengan tim ini. Saya sangat senang bisa berada di tim ini," ungkap Elias Dolah.

Elias Dolah sudah ditampilkan Bali United dalam uji coba melawan Arema FC, Sabtu (24/6/23). Dalam laga itu, Bali United mengakhiri laga dengan skor 2-2.

Baca Juga

Elias Dolah bersama rekan-rekannya sudah tak sabar melakoni laga perdana di Liga 1 2023-2024 melawan PSS Sleman di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (1/7/23).

"Saya melihat kompetisi di Indonesia memiliki dukungan yang besar dari suporter. Saya bisa bilang dukungan suporter di Indonesia tidak bisa dibandingkan dengan kompetisi yang ada di Thailand," ungkap Dolah.
 
Performa Elias Dolah dan lini belakang Bali United bakal diuji Yevhen Bokhashvili dkk. PSS Sleman akan berangkat ke Bali dengan percaya diri setelah pulihnya Jonathan Bustos, Kei Sano, dan Esteban Vizcarra.

Bursa TransferBali UnitedLiga 1Bola IndonesiaBerita Bursa TransferBerita Liga 1One FootballElias Dolah

Berita Terkini