x

Menerka Daftar Pemain Persib yang Disiapkan Luis Milla untuk Liga 1 2023/24

Selasa, 27 Juni 2023 10:57 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
Starting eleven Persib saat uji coba dengan Dewa United.

FOOTBALL265.COM - Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, berencana untuk mengurangi jumlah pemainnya sebelum mengarungi Liga 1 Indonesia 2023-2024. Sehingga, bakal ada beberapa yang dilepas maupun dipinjamkan.

Luis Milla sebelumnya mengatakan, skuad Maung Bandung hanya membutuhkan 22 sampai 23 pemain ditambah tiga dari Akademi Persib untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Komposisi pemain tersebut akan ditentukan setelah pemusatan latihan (TC) di Yogyakarta yang berlangsung mulai 16 hingga 25 Juni kemarin.

"Di akhir pemusatan latihan saya rencananya hanya akan bekerja dengan 22-23 pemain dan ditambah tiga pemain dari Akademi," kata Luis Milla beberapa waktu lalu sebelum berangkat TC.

Menurut Luis Milla, jumlah tersebut dirasa ideal untuk mengarungi Liga 1 2023-2024. Pasalnya, dia bisa lebih maksimal mempersiapkan pasukannya dengan komposisi tadi.

"Rencananya saya adalah hanya bekerja dengan 22-23 pemain, karena bagi saya itu lebih baik untuk kerja bersama," tegas Luis Milla menuturkan.

Baca Juga

Mantan pelatih timnas Indonesia ini mengakui, tidak mudah untuk menentukan daftar pemain yang bakal disiapkan untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Meski demikian, menurut Luis Milla dalam sepak bola keputusan untuk mendatangkan maupun melepas pemain merupakan hal biasa, apalagi setiap pelatih pasti ingin timnya tampil maksimal dalam kompetisi.

Baca Juga

Rencana Luis Milla yang akan menyiapkan 22 sampai 23 pemain, akan membuat beberapa orang tersingkir dari skuad Maung Bandung, seperti dilepas maupun dipinjamkan. Pasalnya, saat ada sekitar 32 pemain di dalam tim.

Sejauh ini, belum ada informasi atau keputusan yang diumumkan Luis Milla, terkait jumlah pasti pemain yang bakal disiapkan untuk Liga 1 musim 2023-2024. Walaupun, tim Persib sudah menyelesaikan pemusatan latihannya.

Sebagai penutup program pemusatan latihan, Persib melakoni uji coba melawan sesama peserta Liga 1, PSS Sleman, di Stadion Maguwoharjo, Minggu (25/6/23).

Baca Juga

1. Tanda Tanya Skuat

Persib latihan perdana untuk hadapi Liga 1 202-2024, di Stadion Persib, Jalan Ahmad Dhani, Kota Bandung, Senin (05/06/23).

Luis Milla memasukkan 24 nama dalam daftar susunan pemain (DSP). Ada pun starter yakni Fitrul Dwi Rustapa, I Putu Gede, Victor Igbonefo, Rezaldi Hehanusa, Daisuke Sato, Robi Darwis, Marc Klok, Ryan Kurnia, Febri Hariyadi, David da Silva, dan Ezra Walian.

Kemudian pemain cadangan, Kakang Rudianto, Edo Febriansyah, Alberto Rodriguez Martin, Beckham Putra Nugraha, Dedi Kusnandar, Ferdiansyah, Rachmat Irianto, Arsan Makarin, Tyronne del Pino, Frets Butuan, Ciro Alves, Sheva dan Fitrah.

Sedangkan pemain yang tidak masuk DSP laga uji coba kontra PSS Sleman, di antaranya Nick Kuipers, Achmad Jufriyanto, Ricky Kambuaya, Zalnando, dan Abdul Aziz. 

Tidak masuknya nama-nama tersebut dalam DSP, menimbulkan pertanyaan. Apakah berhubungan dengan rencana Luis Milla yang akan mengurangi jumlah pemain di timnya? 

Baca Juga

Luis Milla memberikan penjelasan, terkait tidak masuknya nama mereka dalam DSP Persib pada pertandingan tersebut. Menurutnya, skuat Maung Bandung saat ini baru merekrut pemain anyar, tiga lokal dan dua asing.

Sehingga, Luis Milla ingin melihat performa mereka, apalagi dua pemain asing baru tiba dan bergabung, serta kompetisi Liga 1 2023-2024 menjadi musim pertamanya mereka berkarier di sepak bola Indonesia.

Kedua pemain asing tersebut yakni, Tyronne Gustavo del Pino Ramos dan Alberto Rodriguez Martin, mereka berasal dari Spanyol dengan posisi yang berbeda, bek tengah dan gelandang serang.

Baca Juga

Pada uji coba menghadapi PSS Sleman, empat pemain anyar mendapatkan kesempatan bermain, yakni Ryan Kurnia, Edo Febriansyah, I Putu Gede, dan Tyronne del Pino. 

"Itu karena kami memiliki pemain yang baru dan tentunya tidak semua pemain akan dimainkan. Sekarang setelah masa pramusim, setelah saya melakukan analisa dan memantau kinerja pemain," kata Luis Milla setelah pertandingan.


2. Pinjamkan Pemain

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono.

Sementara itu, manajemen Persib sebelumnya sudah memberikan tanggapan terkait rencana Luis Milla yang ingin mengurangi jumlah pemain untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, mengatakan mayoritas pemain Persib saat ini dikontrak dengan durasi panjang. Namun, jika pelatih hanya membutuhkan 22 sampai 23 pemain, manajemen berusaha mengikutinya.

"Itu kan kalau kebanyakan kan kontrak jangka panjang, jadi kalau memang ada dari tim pelatih permintaan seperti itu ya kita akan mencoba mengikuti," kata Teddy Tjahjono.

Teddy manambahkan, ada beberapa mekanisme yang bisa diambil manajemen untuk mengurangi jumlah pemain di dalam tim, meskipun mayoritas pilar Maung Bandung terikat kontrak dengan durasi yang cukup panjang.

Salah satu opsi untuk mengurangi jumlah pemain seperti yang dibutuhkan oleh Luis Milla, yakni peminjaman seperti yang sudah dilakukan belum lama ini kepada Henhen Herdiana.

"Mekanismenya bisa macam macam, bisa dipinjamkan mungkin. Belum ada (yang dipinjam lagi)," jelas Teddy Tjahjono.

Persib BandungLuis MillaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1One FootballJadwal Persib Bandung

Berita Terkini