x

Bedah Formasi Liverpool dengan 3 Gelandang Baru Senilai Rp2,4 Triliun

Kamis, 29 Juni 2023 18:04 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Bedah formasi Liverpool jika memakai tiga gelandang baru musim 2023/2024. Foto: Reuters/Andrew Boyers.

FOOTBALL265.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, berpeluang mengantongi tiga gelandang baru senilai 130 juta poundsterling atau Rp2,4 triliun.

Seperti diketahui, Jurgen Klopp baru saja kehilangan sejumlah gelandangnya termasuk pemain veteran, James Milner. Tidak ayal, situasi ini pun membuat pelatih asal Jerman itu akhirnya mengambil tindakan.

Padahal, selama ini Jurgen Klopp dikenal sebagai salah satu juru taktik dan manajer yang tidak terlalu suka berselancar di bursa transfer pemain.

Alhasil, belum lama ini Liverpool sudah mendaratkan Alexis Mac Allister, salah satu pemain idaman yang diincar banyak klub papan atas di bursa transfer kali ini.

3 Gelandang Bernilai Rp2,4 Triliun

Alexis Mac Allister didatangkan dengan banderol 35 juta poundsterling (sekitar Rp633,3 miliar) dan diharapkan bisa membawa dampak instan bagi skuad The Reds musim depan.

Baca Juga

Dengan kemampuannya yang serbabisa, mantan gelandang Brighton ini nampaknya tidak akan sulit menembus persaingan di starting line up Jurgen Klopp.

Namun jika harus memilih posisi, bermain di sebelah kiri akan jadi opsi terbaik bagi Alexis Mac Allister, yang artinya ada kemungkina Curtis Jones akan tersingkir.

Baca Juga

Namun saat sudah memiliki Alexis Mac Allister, Liverpool pun diprediksi akan mendatangkan sejumlah pemain lagi, terutama yang berposisi gelandang.

Salah satu nama yang belakangan mencuat adalah bintang RB Leipzig, Dominik Szoboszlai, yang dahulu kala sempat diminati AC Milan.

Bahkan, gelandang yang satu ini sempat mendapat julukan Paul Pogba Hungaria dari seorang ahli sepak bola bernama Tom Mortimer.

Baca Juga

1. Bedah Formasi Liverpool dengan Trio Ini

Bedah formasi Liverpool jika memakai tiga gelandang baru musim 2023/2024. Foto: Reuters/Andrew Boyers.

Tim Mortimer, pernah menyebut Dominik Szoboszlai sekilas mengingatkannya kepada Paul Pogba karena pola permainan mereka yang mirip.

“Jika ada ruang kosong dia bisa melakukan segalanya," ujar Tim Mortimer seperti pernah diwartakan Football London.

Keberadaan Dominik Szoboszlai juga akan menjadi keuntungan tersendiri bagi Liverpool mengingat pemain yang satu ini juga unggul saat terlibat dakam situasi set-piece.

Dari 130 juta poundsterling, Dominik Szoboszlai bisa 'menyumbang' 60 juta dalam daftar tiga gelandang Liverpool ini.

Sementara sisanya, ada Khephren Thuram, yang disebut-sebut bernilai 35 juta poundsterling. Nama putra legenda sepak bola Prancis ini belakangan juga jadi perbincangan.

Baca Juga

Keberadaannya pun diprediksi bisa menambah kekuatan Liverpool secara physical di lapangan tengah. Pemain bertinggi badan 192 cm ini sekarang masih bermain di Nice.

Menerawang Line Up Liverpool

Dengan tambahan tiga gelandang tersebut, Jurgen Klopp pun bisa membentuk line up yang cukup menjanjikan musim depan.

Baca Juga

Alisson Becker masih akan diandalkan di bawah mistar gawang Liverpool dan sebagai penjaga terakhir lini pertahanan.

Dengan skema 3-2-2-3, formasi tiga bek Liverpool mungkin akan diisi Ibrahima Konate, Virgil van Dijk, dan mungkin saja Micky van de Ven (VfL Wolfsburg).

Micky van de Ven sendiri belum lama ini juga dikaitkan dengan Liverpool di bursa transfer pemain. Ia bisa direkrut sebagai tambahan stok untuk posisi bek.

Baca Juga
 

2. Trent Alexander-Arnold Geser

Bedah formasi Liverpool jika memakai tiga gelandang baru musim 2023/2024. Foto: Reuters/Andrew Boyers.

Kemudian, ada Trent Alexander-Arnold yang dalam beberapa waktu belakangan sudah sedikit beralih peran dari posisinya yang biasanya, bek kanan.

Ia bisa menjadi salah satu pemain dalam formasi empat gelandang persegi di skema 3-2-2-3 bersama Khephren Thuram, dan bermain di sebelah kanan.

Sementara itu, untuk dua gelandang persegi lainnya di depan, tugas ini bisa dilimpahkan kepada Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai.

Sisanya, tiga penyerang termasuk ujung tombak tim bakal diisi Mohamed Salah dengan posisinya yang biasa di sayap kanan.

Sementara di sisi sayap kiri ada Luis Diaz, salah satu pemain penting dalam skuad Jurgen Klopp musim 2022/2023.

Meski sempat menghabiskan hari-harinya dengan cedera, Luis Diaz diharapkan bisa fit dan bugar saat Liverpool memasuki musim baru 2023/2024.

Kecepatan dan kemampun dribelnya yang ciamik akan menjadi momok menakutkan bagi para pemain belakang lawan.

Cody Gakpo bisa memimpin front line Liverpool setelah mengalami transisi yang cukup berat dari PSV Eindhoven ke tim barunya.

Walau harus bersaing dengan Darwin Nunez, Cody Gakpo layak mendapat kepercayaan dan tanggung jawab sebagai tumpuan Liverpool di lini depan.

Formasi Liverpool 3-2-2-3 Liverpool dengan Trio Gelandang Rp2,4 Triliun

Alisson; Konate, Van Dijk, Van de Ven; Alexander-Arnold, Thuram; Szoboszlai, Mac Allister; Salah, Gakpo, Diaz

LiverpoolLiga InggrisDominik SzoboszlaiOne FootballAlexis Mac AllisterKhephren ThuramIndepth

Berita Terkini