x

Mirip Polandia, Egy Maulana Vikri Bicara Target dan Format Baru Liga 1

Sabtu, 1 Juli 2023 18:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Egy Maulana Vikri gabung ke Dewa United. (Foto: Dewa United)

FOOTBALL265.COM - Winger Dewa United, Egy Maulana Vikri mengatakan format baru Liga 1 2023/2024 membuat persaingan makin seru. Itu karena tim peringkat pertama di reguler season belum tentu dinobatkan sebagai juara. 

Diketahui, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) menetapkan Liga 1 2023 menggunakan format reguler series dan championship. Itu juga berdasarkan kesepakatan bersama 18 klub peserta.  

Kompetisi dimainkan secara reguler dahulu dalam 34 pertandingan dan dilanjut dengan championship series.

Kompetisi reguler dimulai 1 Juli 2023 hingga 28 April 2024 dengan sistem home away. Lalu championship series pada 4-26 Mei 2024 dengan sistem knockout tapi dimainkan dua leg (home &away) yang mempertemukan empat klub teratas di reguler series.

Di championship series, tim peringkat empat akan melawan peringkat pertama di musim reguler. Lalu peringkat kedua akan bertemu peringkat ketiga. Pemenangnya akan bermain di partai final.

Baca Juga

Nantinya, tim juara dan runner up pada championship series akan mendapatkan slot tampil di kejuaraan Asia seperti Liga Champions dan AFC Cup.

Menurut Egy Maulana, format ini mirip dengan Liga Polandia, dimana dia pernah bermain bersama Lechia Gdansk pada 2018-2021 lalu. Format ini akan membuat semua tim dituntut untuk tampil konsisten hingga pertandingan terakhir.

Baca Juga

Memang ada pro dan kontra, tapi format yang telah dipilih dinilai Egy bisa membantu meningkatkan kualitas kompetisi.

“Kalau dari saya pasti ada positif dan negatif karena di Polandia yang sudah peringkat satu, yang harusnya juara tapi ada pertandingan tambahan jadinya gak bisa juara,” buka Egy.

“Jadi menurut saya, yang peringkat satu di reguler tapi gak juara rasanya gak enak, bisa jadi peringkat empat (musim reguler) yang juara,” imbuhnya.

Baca Juga

1. Target Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri gabung ke Dewa United. (Foto: Dewa United)

“Tapi itu juga bisa jadi buat kualitasnya lebih tinggi karena targetnya ke Liga Champions Asia dan Piala AFC. Pasti tim terbaik yang akan bersaing, jadi buat sepak bola Indonesia pastinya sangat bagus karena kita harus menuju jenjang kualitas yang lebih tinggi,” lanjut eks pemain Timnas U-19 itu.

Bersama Dewa United, target utama Egy Maulana adalah berada di papan atas. Dia tak mau mengulangi situasi buruk musim lalu, dimana mereka berada di zona degradasi.

Beruntung, musim lalu tidak ada sistem degradasi jadi Dewa United aman. Tapi, musim ini, sistem degradasi diterapkan.

Baca Juga

“Target papan atas, tentu kami tak mau lagi di papan bawah seperti tahun lalu. Untuk tahun ini kami harus bersaing di papan atas karena dari tim pelatih, manajemen dan pemain yang didatangkan memang tujuannya untuk ke sana,” tuturnya. 

“Tapi pribadi, saya juga mau tampilkan terbaik buat tim karena banyak yang membantu saya. Jadi saya juga harus membantu dengan kembali ke top performa dan bantu klub bisa bersaing di papan atas,” tuntas Egy.

Baca Juga

Musim lalu, Egy MV bergabung dengan Dewa United di putaran kedua Liga 1. Dia mainkan 10 pertandingan dengan raihan satu gol dan tiga assist.

Baca Juga
Egy Maulana VikriLiga 1Dewa United FC

Berita Terkini