x

Diusulkan Jadi Venue Piala Dunia U-17, Rumput JIS Ternyata Tak Berstandar FIFA

Selasa, 4 Juli 2023 15:09 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Herry Ibrahim
Menteri PUPR, Mochammad Basuki Hadimoeljono sebut rumput stadion JIS tak berstandar FIFA dan memiliki masalah akses dan parkir.

FOOTBALL265.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimoeljono, menyebut rumput dan parkiran Jakarta International Stadium bakal dipersolek jelang gelaran Piala Dunia U-17 2023.

Informasi tersebut diungkapkan Menteri PUPR saat dirinya melakukan peninjauan lapangan Jakarta International Stadium (JIS) hari ini, Selasa (407/23). Dia didampingi oleh Ketua Umum PSSI sekaligus Menteri BUMN, Erick Thohir.

Selain itu, agenda kunjungan sekaligus peninjauan Jakarta International Stadium (JIS) hari ini juga turut dihadiri oleh Penjabat Gurbenur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

Hadir juga anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga, Ketum Jakmania Dicky Soemarno, Waketum PSSI Zainudin Amali dan Ratu Tisha, serta Menpora RI Dito Ariotedjo yang hadir menyusul.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimoeljono, memberikan beberapa catatan terkait hal ini.

Baca Juga

Ia menuturkan bahwa sebelum melakukan peninjauan hari ini, Selasa (4/7/23) sudah ada catatan dari tim teknis PSSI terkait hasil evaluasi dari standar Jakarta International Stadium (JIS) yang perlu dievaluasi.

"Hari ini kita melihat JIS, stadion kita yang sangat bagus ini, namun kita evaluasi," jelas Basuki Hadimoeljono di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Selasa (4/7/23).

"Kira-kira, kalau nanti dievaluasi atau diperiksa FIFA mudah-mudahan bisa segera memenuhi syarat, dan salah satu yang utama adalah soal rumput," cetusnya.

Baca Juga

Bahkan di luar dugaan, pria berusia 69 tahun tersebut menyebut jika kualitas rumput stadion tidak sesuai standar dari FIFA.

"Kondisi rumput sekarang menurut evaluasi ahlinya, jelas tidak masuk standar FIFA kalo dengan kondisi sekarang," sambung Menteri PUPR Basuki.

Baca Juga

1. Solusi Akses Penonton dan Parkir

Menteri PUPR, Mochammad Basuki Hadimoeljono sebut rumput stadion JIS tak berstandar FIFA dan memiliki masalah akses dan parkir.

Lebih lanjut, Basuki menjelaskan bahwa soal kendala rumput JIS sudah disiapkan solusi terbaiknya yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini, yakni akan mengganti semua jenis rumput dengan bahan yang sesuai dengan standar FIFA.

"Sesuai dengan (evaluasi) ahlinya yaitu bapak Kamal, sebagai ahli Agronomi untuk rumput di stadion. Menurut beliau harus diganti kalau mau 3 bulan sudah dipakai, itu hanya solusi untuk jangka pendeknya saja. Kalo jangka panjangnya, mungkin juga harus diubah rumputnya," kata Basuki.

Baca Juga

"Itu salah satunya soal rumput yang tidak memenuhi kriteria FIFA sesuai dengan pengalaman beliau. Dan itu akan diganti dengan rumput yang lain untuk bisa dipakai di U-17," timpal Basuki.

Selain itu, Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono juga menjelaskan soal lahan parkiran yang bakal diperluas, terutama demi bisa meyediakan akses bus pemain yang lebih memadai.

Baca Juga

"Tambahan lagi, ini adalah akses bus, yang nantinya akan dipakai oleh bus besar para pemain dan offifial. Kondisi sekarang bis nggak bisa masuk sini, jarena ada di sana di pintu itu,  itu akan dibongkar supaya bis bisa masuk," terang Basuki Hadimoeljono.

"Nah ini yang juga akan dipikirkan saat ini. Kalo kondisi sekarang tidak bisa masuk karena ada pintu tiket di sana. Nah itu nanti harus dilebarkan, atau dibongkar," tutup Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono.

Baca Juga
FIFAPSSIErick ThohirPiala Dunia U-17Stadion JISTimnas Indonesia U-17

Berita Terkini