x

Erick Thohir: Pelatih Timnas Wanita dari Jepang Dikontrak 4 Tahun, Target Piala Dunia 2027

Selasa, 4 Juli 2023 20:32 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Timnas Wanita Indonesia menggelar latihan perdana di Lapangan D Senayan, Jakarta, Senin (08/03/21).

FOOTBALL265.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyampaikan akan mengontrak pelatih dari Jepang untuk Timnas Wanita Indonesia. Sosok itu akan diberi kontrak jangka panjang, selama empat tahun. 

Beberapa hari lalu, Erick Thohir sudah bertemu Presiden JFA, Tashima Kozho dan mendapatkan beberapa CV untuk calon pelatih Timnas wanita Indonesia. Tapi, siapa saja sosok tersebut masih dirahasiakan. 

Pada Selasa (04/07/23) di Jakarta, Erick Thohir menyampaikan ingin mengontrak pelatih Jepang dengan target menuju Piala Dunia 2027. Dia ingin sepak bola wanita dibangun mulai saat ini agar sudah siap saat ada babak kualifikasi. 

Baca Juga

"Kita akan mempunyai pelatih timnas dari Jepang yang juga punya kredibilitas tinggi. Kita akan kontrak selama empat tahun kalau sepakat kan masih negosiasi," ujarnya. 

"Jadi, 2027 kalau gak salah untuk Piala Dunia perempuan paling tidak kita coba membangun dari sekarang. Karena membangun tim itu tidak bisa di 2027,  baru enam bulan bangun tim, enggak bisa," sambung Erick Thohir. 

Baca Juga

Dikatakan Erick Thohir, Presiden RI, Joko Widodo menginginkan sepak bola Indonesia berprestasi. Tak hanya tim putra, tapi juga tim putri. 

Sebab, sepak bola adalah olahraga paling populer di Tanah Air. Hampir 70 persen masyarakat menonton pertandingan bal-balan.  

Baca Juga

1. Bagian dari Kerja Sama PSSI dan Federasi Sepak Bola Jepang

Ketum PSSI, Erick Thohir.

"Mesti perlu empat - lima tahun dan saya rasa inilah yang dicita-citakan Pak Jokowi ketika pemerintah bersama PSSI bersama-sama," jelas Erick Thohir. 

"Jadi yang isunya dulu government intervensi itu tidak benar. Kalau tidak ada pemerintah tidak mungkin sepak bola kita berkembang, olahraga kita berkembang. Di situlah pak Menpora dan saya kompak," tuntasnya. 

Sebagai informasi, Timnas Indonesia saat ini ditangani pelatih lokal, Rudy Eka Priyambada. Dia melatih tim senior dan kelompok usia.  

Baca Juga

Pada 22 Mei 2023 laku, PSSI dan JFA telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman kerja sama untuk empat aspek. 

Ketika itu, Erick Thohir hadir langsung ditemani wakil ketua umum PSSI, Zainudin Amali dan anggota Komite Eksekutif Vivin C Sungkono.

Baca Juga

Ada empat hal kerja sama yang ditandatangani, yakni kerja sama benchmarking Liga Indonesia, kerja sama pembangunan lapangan latihan Timnas, kerja sama pembangunan Timnas Putri, dan kerja sama perwasitan.

Baca Juga
PSSIErick ThohirTimnas Wanita Indonesia

Berita Terkini