x

Samurai Menggila, 3 Pemain Jepang Cetak Gol di Laga Pembuka Liga 1 2023-2024

Selasa, 4 Juli 2023 20:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
Pemain Persija Jakarta, Ryo Matsumura menghindar dari kejaran pemain PSM Makassar pada pekan pertama Liga 1 2023-2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (03/07/23). (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT)

FOOTBALL265.COM - Beberapa pemain asal Jepang tampil gemilang pada laga pembuka BRI Liga 1 2023-2024. Bukan hanya bermain apik, mereka juga mencetak gol.

Total ada 3 pemain asal Negeri Samurai yang mencetak gol pada pertandingan perdana Liga 1 Indonesia ini.

Para pemain tersebut adalah Kenzo Nambu (PSM Makassar), Ryo Matsumura (Persija Jakarta), dan Mitsuru Maruoka (RANS Nusantara).

Namun, dominasi penampilan gemilang pemain Jepang pada match pertama Liga 1 musim ini tidak terlalu menganggetkan.

Alasannya nama-nama pemain Jepang di atas sebenarnya bukanlah wajah baru di Liga 1. Mereka bertiga sudah mewarnai sepak bola Tanah Air sejak 2022.

Baca Juga

Artinya terlepas dari skill dan mental mereka yang di atas rata-rata, para pemain Jepang tersebut sudah beradaptasi baik dengan gaya sepak bola Indonesia.

Kemampuan mumpuni milik Nambu, Matsumura, dan Maruoka tidak perlu dipertanyakan lagi berasal dari mana. Jawabannya tentu saja karena budaya disiplin Negeri Samurai.

Baca Juga

Budaya disiplin di sana juga menular untuk sepak bola, khususnya di Liga Jepang (J.League). Dan tentu saja, Nambu, Matsumura, dan Maruoka adalah jebolan akademi klub J.League.

Lahir dan besar di Ibu Kota Jepang, Nambu sudah gabung dengan akademi Tokyo Verdy sedari jenjang sekolah. Lalu dia malang-melintang main di klub J.League seperti Kataller Toyama, Briobecca Urayasu, hingga FC Osaka.

Lalu untuk Matsumura sudah gabung klub ternama Vissel Kobe dari akademi pada 2010, dan kemudian masuk tim senior pada 2012.

Baca Juga

1. Gol-Gol Pemain Jepang di Liga 1 2023-2024

Selebrasi di pertandingan Liga 1 antara PSM Makassar vs Bhayangkara FC di Stadion Gelora B.J. Habibie (Lompoe), Jumat (17/03/23). (Foto: Instagram@psm_makassar)

Adapun Maruoka yang merupakan jebolan akademi Cerezo Osaka sejak 2011. Bahkan pada 2014 dia sempat dipinjamkan ke Borussia Dortmund.

Sukses di musim perdananya di Liga 1 dengan membawa PSM Makassar menjadi juara, Kenzo Nambu kembali tampil gemilang pada match pembuka Liga 1 2023/2024.

Bermain di kandang Persija Jakarta di Gelora Bung Karno, Nambu mencetak gol pembuka pada menit ke-12. PSM pun unggul hingga babak pertama usai.

Baca Juga

Namun, kompatriot Nambu di Persija yakni Matsumura mencetak gol cantik pada 10 menit sebelum laga usai. Alhasil duel Persija vs PSM berakhir dengan skor imbang 1-1.

Gol penyeimbang Matsumura pun menuai banyak pujian. Selain karena gol cantik, Matsumura adalah pemain baru Persija untuk musim 2023-2024, setelah sebelumnya bermain untuk Persis Solo.

Baca Juga

Sedangkan Mitsuru Maruoka lebih dahsyat lagi. Dia memborong gol kemenangan timnya RANS Nusantara dalam duel melawan Persikabo Bogor.

Dalam pertandingan yang dimainkan di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta tersebut, Maruoka mencetak 2 gol melalui titik penalti, dan membawa RANS menang 2-1.

Padahal sebelumnya RANS Nusantara tertinggal 0-1 lebih dulu Persikabo di babak pertama. Namun gol Maruoka pada menit ke-54 dan 87 sukses membuat RANS menutup laga dengan 3 poin.

Baca Juga
Liga 1Mitsuru MaruokaRyo Matsumura

Berita Terkini