x

Curhat Bintang Timnas Indonesia Putri U-19, Ayunda Dwi Dicemooh karena Berhijab

Jumat, 7 Juli 2023 16:32 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Menjadi pemain sepak bola dengan mengenakan hijab adalah tantangan tersendiri. Hal ini dirasakan oleh bintang Timnas Indonesia Putri U-19, Ayunda Dwi Anggraini. (Foto: PSSI)

FOOTBALL265.COM - Menjadi pemain sepak bola dengan mengenakan hijab adalah tantangan tersendiri. Hal ini pun dirasakan oleh bintang Timnas Indonesia Putri U-19, Ayunda Dwi Anggraini.

Ayunda Dwi Anggraini merupakan salah satu penggawa Timnas Indonesia U-19 yang tampil di ajang Piala AFF Wanita U-19 2023 yang tengah berlangsung 5-15 Juli 2023.

Sebagai laga pembuka, Timnas Indonesia U-19 Wanita sukses meraih kemenangan dengan diwarnai hujan gol. Garuda Pertiwi menggilas Timor Leste dengan skor 7-0.

Tujuh gol Timnas Wanita Indonesia U-19 itu masing-masing ditorehkan oleh Marsela Awi dan Ayunda, masing-masing dua gol, serta tiga gol lainnya oleh Claudia, Rana Wandik, dan gol bunuh diri pemain Timor Leste.

Kemenangan 7-0 ini membuat Timnas Indonesia Putri U-19 untuk sementara jadi pemuncak klasemen Grup A dengan raihan 3 poin, selisih gol atas Kamboja yang mengalahkan Laos dengan skor tipis 2-1.

Baca Juga

Bagi Ayunda Dwi Anggraini, dua golnya ke gawang Timor Leste tersebut sekaligus menyempurnakan debutnya bersama Timnas Indonesia Putri U-19 di Piala AFF Wanita.

Ayunda tidak menyangka dirinya bisa menyumbang dua gol di laga tersebut. Meski demikian, dual gol tersebut semakin memotivasinya menjadi pesepak bola yang lebih baik.

Baca Juga

“Saya tak menyangka sih sebenarnya, ini juga menjadi debut saya di timnas, yang jelas, saya sangat senang sekali, dan karena itu saya bisa menunjukkan ke orang tua saya, kalau saya akan menjadi pesepakbola wanita yang baik," kata Ayunda dilansir dari PSSI.

Ayunda pun berharap Timnas Indonesia Wanita U-19 bisa lolos ke babak final Piala AFF U-19 2023 dan bisa meraih juara.

Ayunda sebagai penggawa Timnas Indonesia U-19 Wanita cukup mencuri perhatian karena hijab yang dia kenakan Penampilannya inilah yang menyisakan cerita duka dalam perjalanan kariernya.

Baca Juga

1. Ayunda Berjuang Meski Dicemooh karena Hijabnya

Timnas Indonesia U-19 Wanita, Ayunda Dwi Anggraini. (Foto: PSSI)

Bisa dibilang, Ayunda Dwi Anggraini merupakan satu-satunya penggawa Timnas Indonesia U-19 yang mengenakan hijab.

Baginya, hijab ini adalah simbol dirinya sebagai perempuan muslim tetapi juga kerap membuatnya kesulitan berbaur dengan rekan setim sesama pesepak bola wanita.

Ada cerita duka di balik perjuangan Ayunda tetap bertahan mengenakan hijab di Timnas Indonesia U-19. Dirinya kerap dipengaruhi dan dicemooh oleh teman agar menanggalkan hijabnya.

“Kadang dukanya itu, pernah dipengaruhi dan dicemooh oleh teman, dengan berkata 'eh, jangan pakai hijab, dong' namun itu sama sekali tak menggoyahkan iman dan niat awal saya berhijab,” tutur Ayunra.

“Karena bagi saya, hijab itu penting, sebagai saya perempuan muslim. Tapi akhirnya lama kelamaan itu tidak lagi menjadi masalah," ceritanya.

Baca Juga

Pesepak bola berusia 17 tahun tersebut diketahui berasal dari Dukun, Gresik Jawa Timur. Namun kini dia bersekolah di SMAN 1 Sedayu.

Awal mula Ayunda menyukai bermain si kulit bundar ketika dia sering ikut bermain dengan anak laki-laki di desa asalnya. Lalu saat SMP dia bergabung dengan klub sepak bola sampai bisa bermain di ajang Piala Pertiwi bersama Persebaya.

"Waktu kecil saya sering ikut-ikut di desa itu bermain sepakbola dengan laki-laki, terus saat SMP diajak ke Gresik, main di klub, terus akhirnya main di Piala Pertiwi, bersama Persebaya, ikut di Kebumen juga," ungkap saat menceritakan kehidupan pribadinya.

Baca Juga

Mengenai posisi favoritnya di timnas, Ayunda Dwi Anggraini mengaku lebih senang sebagai striker, tetapi dia kerap dimainkan sebagai gelandang atau winger.

“Saya bersekolah di SMAN 1 Sedayu, posisi saya sebenarnya striker, dan itu juga merupakan posisi favorit, namun pelatih kadang memainkan saya diposisi gelandang atau sayap,” ujar Ayunda.

Pada laga berikutnya, Timnas Indonesia Putri U-19 akan menghadapi Laos pada Jumat (07/07/23). Sedangkan di laga lainnya, Kamboja akan jumpa Timor Leste.

Baca Juga
Piala AFFTimnas Wanita IndonesiaTimnas Indonesia Putri

Berita Terkini