x

Legenda Barcelona, Luis Suarez Meninggal Dunia

Minggu, 9 Juli 2023 16:56 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Isman Fadil
Legenda raksasa Liga Spanyol (LaLiga), Barcelona, dan Inter Milan bernama Luis Suarez Miramontes wafat di usia 88 tahun.

FOOTBALL265.COM – Legenda raksasa Liga Spanyol (LaLiga), Barcelona, bernama Luis Suarez Miramontes wafat di usia 88 tahun.

Dunia sepak bola kembali berduka setelah Luis Suarez Miramontes mengembuskan napas terakhirnya di usia 88 tahun.

Kabar wafatnya sang legenda Barcelona itu diungkapkan oleh jurnalis kondang asal Italia, Fabrizio Romano, melalui cuitannya di Twitter.

“Luis Suarez Miramontes, salah satu pemain terhebat Spanyol, wafat di usia 88 tahun,” cuit Fabrizio Romano di Twitter.

“Legenda Barcelona dan Inter (Milan) dan satu-satunya pesepak bola pria asal Spanyol yang (pernah) memenangi Ballon d’Or. Beristirahatkan dengan damai, Luisito,” tutup Fabrizio Romano.

Baca Juga

Saat itu, Miramontes berhasil memenangi Ballon d’Or pada tahun 1960 setelah menempati ranking 1 mengalahkan beberapa bintang jempolan pada masanya.

Ya, Miramontes saat itu bersaing dengan bintang top, seperti Ferenc Puskas, yang dianggap sebagai pemain terhebat Hungaria.

Baca Juga

Tak hanya itu saja, Miramontes pernah juga mengalahkan bintang terkenal Argentina, Alfredo Di Stefano, dan juga pemain jempolan Inggris, Sir Bobby Charlton.

Simak profil singkat legenda Barcelona dan Inter Milan, Luis Suarez Miramontes, berikut ini.

Baca Juga

1. Profil Singkat Luis Suarez Miramontes

Legenda Barcelona dan Inter Milan, Luis Suarez Miramontes

Luis Suarez Miramontes lahir pada 2 Mei 1935 di A Coruna, Spanyol. Ia adalah seorang pesepak bola yang memiliki kewarganegaraan Spanyol dan Italia.

Luis Suarez Miramontes merupakan pemain yang berposisi asli sebagai gelandang tengah, tetapi juga bisa dimainkan di sektor gelandang serang dan kiri.

Mengawali kariernya di Deportivo Coruna, Luis Suarez Miramontes dibeli Barcelona pada Juli 1954 silam senilai 600 euro atau sekitar 10,43 juta rupiah.

Miramontes mengabdi kepada La Blaugrana selama tujuh tahun dan mempersembahkan 2x juara Liga Spanyol, 2x Piala Spanyol, dan 2x Inter-cities Fairs Cup.

Luis Suarez Miramontes mencetak 80 gol dan sebiji assist dalam 176 penampilan bersama Barcelona di seluruh ajang.

Baca Juga

Setelahnya, raksasa Liga Italia, Inter Milan, membeli sang pemain pada Juli 1961 senilai 175 ribu euro atau sekitar 3 miliar rupiah.

Miramontes menghabiskan sembilan tahun membela Nerazzurri dan mencatatkan 55 gol dan 2 assists dalam 329 penampilan sebelum dilepas ke Sampdoria pada 1970 hingga gantung sepatu pada 1973 silam.

Baca Juga

Setelah gantung sepatu, Miramontes sempat melanjutkan kariernya sebagai pelatih di mana ia pernah menjadi pelatih Inter Milan pada 1974/1975 dan berhasil mencatatkan rata-rata 1,42 poin dalam 43 penampilan.

Sepak terjang Miramontes sebagai pelatih kemungkinan berada di puncaknya saat melatih Timnas Spanyol pada 1988 sampai 1991.

Miramontes mendampingi La Furia Roja sebanyak 27 kali dan mencatatkan rata-rata 1,81 poin sebelum akhirnya kembali menukangi Nerazzurri pada 1991/1992.

Menukangi Inter Milan di musim keduanya, Luis Suarez Miramontes berhasil mencatatkan rata-rata 1,11 poin dalam 19 penampilan.

Tim terakhir yang ditangani Luis Suarez Miramontes adalah Inter Milan pada 1995/1996 saat ia menjadi pelatih caretaker dan hanya menangani tiga pertandingan saja.

Baca Juga
BarcelonaInter MilanLiga SpanyolLuis Suarez Miramontes

Berita Terkini