x

3 Kerugian yang Didapat Chelsea andai Boyong Dusan Vlahovic dari Juventus

Senin, 10 Juli 2023 15:25 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Bursa transfer musim panas 2023 dipanaskan dengan kabar raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea, meminati penyerang Juventus, Dusan Vlahovic.

FOOTBALL265.COM – Bursa transfer musim panas 2023 dipanaskan dengan kabar raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea, meminati penyerang Juventus, Dusan Vlahovic.

Kabar ini berkembang di outlet-outlet Italia, di mana Chelsea kabarnya menginginkan penyerang asal Serbia itu untuk menjadi penyerang utamanya musim depan.

Dilaporkan bahwa klub berjuluk The Blues itu akan membuka negosiasi dengan Juventus untuk memboyong Vlahovic.

Sejauh ini, Juventus telah memasukkan penyerang andalannya itu dalam daftar jual, seiring adanya kabar perpecahan antara dirinya dengan sang pelatih, Massimiliano Allegri.

Kondisi itu membuat penyerang berusia 23 tahun tersebut dijual dengan harga sekitar 70 juta euro (Rp1,1 triliun) di musim panas ini.

Baca Juga

Chelsea pun menjadi salah satu klub peminat jasa Dusan Vlahovic dan siap menebusnya dari Juventus di bursa transfer musim panas ini.

Bahkan Juventus kabarnya bersedia melakukan barter pemain dengan meminta Romelu Lukaku plus uang tunai 25 juta euro jika Chelsea meminati Vlahovic.

Baca Juga

Kabarnya, Chelsea baru akan melakukan negosiasi untuk memboyong Vlahovic setelah melego Pierre-Emerick Aubameyang dan Lukaku di musim panas ini.

Negosiasi ini akan dilakukan setelah pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino, dikabarkan menyukai sosok mantan penyerang Fiorentina itu.

Meski kedatangannya disetujui oleh Pochettino, ada sederet kerugian yang bakal diterima Chelsea andai mendatangkan Dusan Vlahovic dari Juventus. Apa saja alasan itu?

Baca Juga

1. 1. Riwayat Cedera

Dusan Vlahovic merayakan golnya di laga Juventus vs Lecce (03/05/23). (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

Melihat usia dan kualitasnya, Dusan Vlahovic terbilang wajar jika Juventus meminta harga 70 juta euro kepada Chelsea yang meminatinya.

Tapi ada satu kekurangan yang dimiliki untuk pemain seharga Rp1,1 triliun sepertinya, yakni riwayat cedera, di mana riwayat cedera Vlahovic cukup menakutkan.

Sejak musim 2021/2022 lalu, Vlahovic telah absen total selama 127 hari akibat cedera. Dari lima cedera yang dialami, cedera parah yang ia hadapi adalah cedera pubalgia.

Cedera pubalgia sendiri merupakan cedera jaringan lunak di area selangkangan, yang membuatnya sempat absen total selama 82 hari atau hampir tiga bulan.

Dengan cedera yang dimilikinya, Chelsea akan mendapat kerugian dengan mendatangkan Vlahovic, terlebih lagi dengan mahar Rp1,1 triliun.

Baca Juga

2. Performa Musim Lalu Tak Memuaskan

Ada alasan tersendiri mengapa Chelsea ingin merekrut Vlahovic. Hal ini tak lepas dari kebutuhannya akan penyerang bernomor 9 yang punya pengalaman dan kemampuan mencetak gol.

Di musim lalu, performa Vlahovic yang banyak berkutat dengan cedera tak buruk-buruk amat, dengan sumbangan 10 gol dari 27 laga.

Baca Juga

Tapi performanya itu jauh dari kata memuaskan dan jauh dari label harga Rp1,1 triliun yang dipatok Juventus. Apalagi jika dibandingkan dengan rekrutan baru Chelsea, Nicolas Jackson.

Perbandingan statistik Dusan Vlahovic dengan Nicolas Jackson. (Foto: DataMB)

Dilihat dari Chart di atas yang dilansir dari DataMB, terlihat bahwa Nicolas Jackson unggul dari Vlahovic untuk Expected Assist, Non-Penalty Goals, serta Offensive Actions atau tindakan dalam menyerang.

Dari Chart di atas pula, dapa disimpulkan bahwa Nicolas Jackson lebih komplet ketimbang Vlahovic. Sehingga akan sia-sia rasanya jika Chelsea mengeluarkan uang Rp1,1 triliun untuk mendatangkannya.

Baca Juga

2. 3. Menghalangi Perkembangan Penyerang Muda Chelsea

Selebrasi pemain Juventus, Dusan Vlahovic melakukan selebrasi usai pertandingan. (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

Kedatangan Dusan Vlahovic secara tidak langsung akan memberi dampak terhadap progres para penyerang muda Chelsea saat ini.

Jika melihat usianya, Vlahovic masih tergolong muda dengan usia baru 23 tahun, hanya unggul setahun sampai tiga tahun dari para penyerang di tim utama Chelsea musim ini.

Saat ini Chelsea punya tiga penyerang muda, yakni Nicolas Jackson (21 tahun), Armando Broja (21 tahun), dan David Datro Fofana (20 tahun).

Melihat usia para penyerang Chelsea saat ini dan fakta bahwa The Blues akan bermain satu kali sepekan di musim 2023/2024 mendatang, maka Vlahovic akan menghambat progres mereka.

Kecuali Fofana yang akan dipinjamkan ke Union Berlin, Vlahovic justru akan membuat menit bermain Jackson dan Broja pun kian menipis musim depan.

Sehingga, hal ini akan membuat Chelsea merugi lebih banyak, terlebih lagi jika Vlahovic meneruskan tren penyerang ‘Flop’ dengan mahar besar bersama The Blues.

Bursa TransferChelseaIn Depth SportsDusan VlahovicLiga InggrisIndepth

Berita Terkini