x

Bedah Kualitas Vitor Roque, Ujung Tombak Baru Barcelona Reinkarnasi Luis Suarez

Senin, 10 Juli 2023 18:23 WIB
Editor: Juni Adi
Vitor Roque, pemain Athletico Paranaense. (Foto: Instagram@vitor_roque9)

FOOTBALL265.COM - Vitor Roque bakal jadi andalan baru klub Liga Spanyol (La Liga), Barcelona di lini depan setelah sukses diboyong dari Brasil musim panas ini.

Upaya Barcelona dalam mencari amunisi baru berkualitas semakin menunjukan pergerak agresifnya. Setelah Ilkay Gundogan dan Inigo Martinez sukses diboyong, kini Blaugrana selangkah lagi mendapatkan pemain baru selanjutnya.

Dia adalah Vitor Roque, penyerang berusia 18 tahun milik Athletico Paranaense di Liga Brasil. Meski usianya masih muda, ia memiliki statistik layaknya bomber berpengalaman.

Bagaimana tidak, ia mencetak total 15 gol dan umpan gol dari 30 laga di seluruh kompetisi. Hal ini yang membuat Barcelona kepincut mendatangkannya.

Melansir dari kabar pakar bursa transfer Eropa, Fabrizio Romano, Barcelona semakin mewujudkan ketertarikannya kepada Vitor Roque.

Baca Juga

Jurnalis asal Italia itu bahkan menyebut kalau tim Catalan sudah hampir pasti memboyongnya ke Camp Nou. Barcelona harus membayar sebesar 45 juta euro.

Jumlah tersebut belum ditambah dengan biaya lain-lain. Yang kalau ditotal secara keseluruhan, Barcelona bisa merogoh saku hingga 61 juta euro.

Baca Juga

Tidak hanya itu, Paranaense kabarnya akan mendapat keuntungan sebesar 20 persen dari penjualan Roque di masa depan.

Namun sayang meski sudah dibayar mahal, Vitor Roque baru bisa bergabung dengan Barcelona pada bursa transfer musim dingin Januari 2024. 

Jadi tidak akan ada nama Roque di skuad Barcelona untuk awal hingga pertengahan musim 2023/2024 ini.

Meski begitu kehadirannya nanti bisa saja menjadi penting untuk mengangkat performa tim di sisa musim nanti, karena ia memiliki kualitas cukup bagus untuk menambah daya gedor Barcelona. Berikut ulasan singkat tentang kualitasnya:

Baca Juga

1. Kualitas Vitor Roque

Vitor Roque, pemain Athletico Paranaense. (Foto: Instagram@vitor_roque9)

Nama Vitor Roque memang belum begitu akrab di telinga para pecinta sepakbola namun bakatnya sudah lama jadi bahan pembicaraan di negara asalnya.

Cruzeiro menjadi klub tempat Roque memulai karier profesional setelah sempat belajar di akademinya selama kurang lebih tiga tahun.

Pada musim 2022, ia sudah menjadi bagian permanen tim senior Cruzeiro dan mampu mengemas enam gol dan satu assist dari 16 penampilan saja.

Statistik tersebut sudah membuat Athletico Paranaense yakin jika mereka telah menemukan berlian baru dari tanah Samba.

Paranaense kemudian memutuskan untuk membeli Vitor Roque pada April 2022 lalu seharga 24 juta Real Brasil yang merupakan rekor pembelian termahal klub tersebut.

Baca Juga

Bila dikonversi menjadi Rupiah, maka pemain setinggi 172 cm itu berbanderol 70 miliar.

Sejak hengkang ke Paranaense, Roque semakin bisa memupuk reputasinya sebagai wonderkid berbakat berkat 22 gol dan 9 assist yang ia dapatkan dari 66 pertandingan lintas ajang hingga saat ini.

Baca Juga

Kini ia bahkan mulai disebut sebagai Luis Suarez baru. Mengingat betapa gemilangnya karier legenda Uruguay tersebut, maka bisa dibayangkan betapa tingginya harapan publik padanya.

Semakin menjadi nyata karena Vitor Roque mewujudkan mimpinya bergabung dengan Barcelona, sehingga sematan julukan The Next Luis Suarez cukup tepat diberikan kepadanya.

Saat ini opsi yang dimiliki manajer Xavi tidaklah banyak. Dari beberapa pemain bertipikal menyerang, hanya Robert Lewandowski yang menjadi sentral.

Baca Juga

2. Luis Suarez Baru

Vitor Roque, pemain Athletico Paranaense. (Foto: Instagram@vitor_roque9)

Tidak dipungkiri sebenarnya kalau Lewandowski adalah penyerang top dengan ketajaman yang konsisten, tetapi Barcelona juga tidak bisa mengandalkan pemain asal Polandia terus-terusan mengingat usianya sudah tidak lagi muda.

Jika cedera, Barcelona tak punya striker sentral pengganti yang sepadan dengan kualitasnya. Maka dari itu sosok striker yang lebih haus gol perlu didatangkan.

Layaknya Suarez, Roque seakan tahu kemana bola akan diarahkan oleh rekannya dan dengan satu sentuhan saja si kulit bundar sudah bersarang di gawang lawan.

Tengok salah satu gol Roque untuk Athletico Paranaense di bawah ini. Ia tampak kecil dalam lautan pemain di jantung pertahanan oposisi namun pergerakan tanpa bolanya sangat efektif meski seolah tidak sulit.

Akhirnya crossing dari sisi kiri dapat disambutnya menjadi gol dengan diving header. Bukti jika tekhnik dengan kepalanya cukup baik.

Barcelona punya banyak pemain dengan akurasi umpan kelas atas yang dapat memanjakan Roque. Sebut saja Gavi, Frenkie De Jong, hingga yang terbaru ada Ilkay Gundogan.

Jika dimainkan bersama Robert Lewandowski dan satu winger lain entah itu Raphinha, Ousmane Dembele, atau Ansu Fati maka tugas Roque akan semakin mudah karena perhatian bek lawan akan terpecah belah.

Maka dari itu sepertinya Vitor Roque bakal semakin berkembang kemampuannya dan membantu Barcelona meraih kejayaannya lagi. Apalagi Liga Spanyol dan Barcelona juga cukup akrab untuk beradaptasi dengan para pemain dari Brasil.

BarcelonaLiga ItaliaVitor Roque

Berita Terkini