x

Dianggap Flop di Liverpool, Darwin Nunez Dapat Pembelaan dari Jurgen Klopp

Senin, 10 Juli 2023 20:22 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Isman Fadil
Darwin Nunez di laga Aston Villa vs Liverpool. (Foto: Reuters/Paul Childs)

FOOTBALL265.COM - Meski banyak dicibir karena kontribusi yang minim, Darwin Nunez, pemain klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, tetap dibela oleh sang pelatih, Jurgen Klopp.

Darwin Nunez menjadi sensasi saat didatangkan Liverpool pada bursa musim panas 2022. Kala itu, Darwin Nunez menjadi pemain termahal kedua sepanjang sejarah The Reds setelah Virgil van Dijk.

Hanya saja, performa Darwin Nunez kemudian menukik tajam dan kesulitan untuk tampil di Liga Inggris.

Mengingat penampilan para penyerang yang memburuk, manajemen dan Jurgen Klopp akhirnya mendatangkan Cody Gakpo pada Januari 2023. Sayang, kedatangan Cody Gakpo juga tak cukup banyak meningkatkan performa tim.

Namun, Darwin Nunez tak sepenuhnya gagal. Ia berhasil mencetak 15 gol dan menjadi pemain favori fan, meski di akhir musim namanya seringkali dicoret dari daftar Starting XI Jurgen Klopp.

Baca Juga

Dua faktor sering disebut menjadi kendala Darwin Nunez untuk tampil maksimal pada musim perdananya bersama The Reds, yakni kemampuan berbahasa Inggris dan kerawanannya akan cedera.

Kendala bahasa cukup bisa dipahami, mengingat dirinya tidak berasal dari Inggris, melainkan dari Amerika Selatan, tepatnya Uruguay.

Baca Juga

Meski demikian, kekurangan tersebut tak membuat Jurgen Klopp segan memujinya. Pelatih asal Jerman tersebut bahkan terang-terangan menyebut Darwin Nunez sebagai pemain yang penuh skill.

"Darwin adalah pemain dengan keterampilan berbeda dengan pemain-pemain lain. Itu bagus, sangat bagus," ujar Jurgen Klopp.

Tak hanya itu, Jurgen Klopp pun meyakini Darwin Nunez akan menemukan performa terbaiknya dan mulai mencetak banyak gol.

Baca Juga

1. Masih dalam Proses Adaptasi

Reaksi Darwin Nunez di laga Liverpool vs Leeds United (30/10/22). (Foto: REUTERS/Phil Noble)

"Dia seperti mesin. Pemain sepertinya akan mencetak banyak gol. Jumlah golnya sendiri saat ini sudah mengagumkan. Bagaimanapun juga, dia masih beradaptasi," tutur Jurgen Klopp.

"Bahasa Inggrisnya memang masih belum bagus. Tapi kami sedah mengusahakannya dengan sungguh-sungguh. Bagaimanapun dia harus latihan berbahasa Inggris."

"Kami bisa menerjemahkan semuanya. Tapi, di sesi latihan, kita tidak bisa menerjemahkan semuanya dalam empat bahasa. Adalah bahasa sepak bola yang membantunya berkembang," ujarnya menambahkan.

Baru-baru ini, Darwin Nunez sempat mengunggah video yang menunjukkan betapa pesatnya perkembangan sang pemain dalam berbahasa Inggris.

Ia tampak bercakap-cakap dengan Fabinho, Joe Gomez, dan Joel Matip dalam bahasa Inggris saat menjalani tes laktasi. Joe Gomez bahkan tak bisa menutupi kekagumannya akan keberanian Darwin Nunez menggunakan bahasa Inggris.

Baca Juga

"Saya pikir, setelah beberapa bulan pertama beradaptasi, semuanya mulai berkembang. Saya merasa di rumah sendiri. Saya merasa bahagia," tutur Darwin Nunez.

"Saat saya masuk, saya selalu menunggu-nunggu waktu latihan, karena untungnya, saya punya beberapa teman di sini yang berbahasa Spanyol."

Baca Juga

"Mereka sangat mendukung saya sampai sekarang. Inilah yang kami lakukan sebagai tim saat ini. Kalau kami bisa saling membantu, ini adalah sesuatu yang bagus."

"Teman-teman saya yang berbahasa Spanyol selalu menerjemahkan untuk saya karena masih ada banyak hal yang tidak saya pahami. Saya harap, dalam setahun ini, saya bisa memahami semuanya," pungkasnya.

Layak dinanti, apakah kursus yang diambil Darwin Nunez dapat membantunya tampil lebih baik pada musim depan, terutama dengan hadirnya gelandang-gelandang anyar seperti Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai. 

Baca Juga
LiverpoolJurgen KloppLiga InggrisDarwin Nunez

Berita Terkini