x

Manis Pahit Hubungan Andre Onana dan Erik ten Hag, Bisa Terulang di Manchester United?

Selasa, 11 Juli 2023 15:04 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Andre Onana punya hubungan manis-manis pahit dengan Erik ten Hag. Foto: Reuters/Daniele Mascolo.

FOOTBALL265.COM - Jelang kepindahan ke klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, ada cerita menarik dari kiper Inter Milan, Andre Onana.

Seperti diketahui, Andre Onana adalah kandidat utama kiper pengganti David de Gea yang baru saja habis kontrak dan hengkang dari Manchester United.

Sepanjang musim 2022/2023, Andre Onana sudah jadi bagian penting skuad Inter Milan Simone Inzaghi yang akhirnya berhasil menginjakkan kaki di final Liga Champions.

Ia diturunkan di seluruh pertandingan Nerazzurri mulai fase grup hingga final, dan selalu tampil penuh selama 90 menit.

Sayangnya, ia tidak mampu menjaga gawang Inter Milan tetap perawan di final usai kebobolan satu gol oleh pemain Manchester City, Rodri.

Baca Juga

Meski begitu, tentu bukan ide yang buruk bagi Andre Onana untuk hengkang ke Manchester United di tengah perannya yang penting di skuad Simone Inzaghi.

Erik ten Hag pun bukan sosok asing baginya, mengingat keduanya pernah bersama-sama di klub Liga Belanda, Ajax Amsterdam.

Baca Juga

Bahkan, Andre Onana adalah kiper yang punya cerita menarik dengan Erik ten Hag, termasuk mendapat ampunan dari pelatihnya yang satu ini setelah membuat sebuah kesalahan.

Andre Onana adalah kiper utama Ajax saat Erik ten Hag merapat sebagai juru taktik pada Desember 2017 lalu.

Ia pun tetap dipercaya memegang peran tersebut meski terbukti positif mengonsumsi obat-obatan berjenis furosemide secara tidak sengaja.

Baca Juga

1. Andre Onana dan Erik ten Hag di Ajax

Andre Onana punya hubungan manis-manis pahit dengan Erik ten Hag. Foto: Reuters/Daniele Mascolo.

Seperti pernah diwartakan Daily Mail, Andre Onana kabarnya secara tidak sengaja mengambil obat-obatan itu, yang notabene milik istrinya, saat tengah mencari aspirin.

Buntut dari insiden ini, ia pun diganjar larangan bermain selama 12 bulan oleh UEFA, yang kemudian berhasil dipangkas menjadi 9 bulan berkat Pengadilan Arbitrase Olahraga.

Saat periode sulit tersebut, Erik ten Hag tidak pernah berhenti mendukung Andre Onana, bahkan mendeskripsikannya sebagai kiper yang luar biasa.

Meski begitu, hubungan Andre Onana dan Erik ten Hag tidak selamanya mulus. Kiper asal Kamerun itu beberapa melakukan kesalahan saat pertandingan berlangsung.

Di sisi lain, Erik ten Hag kabarnya juga mempermasalahkan kondisi kebugaran sang pemain, yang dianggap kurang memuaskan.

Baca Juga

Bahkan, pernah suatu hari emosi Andre Onana pecah di lapangan karena mendapat ejekan dari para penonton.

Erik ten Hag kemudian mulai menarik Andre Onana dari skuad, termasuk tidak memainkannya di laga final Piala KNVB menghadapi PSV Eindhoven.

Baca Juga

Sejak saat itu, Andre Onana pun sudah tidak bermain lagi untuk Ajax dan Erik ten Hag. Tidak lama kemudian, ia hengkang ke Inter Milan.

Namun kini keduanya sudah di ambang reuni di Manchester United. Baik Andre Onana maupun Erik ten Hag harus mengubur dalam-dalam masa lalu mereka saat masih di Ajax.

Bagaimanapun juga, Andre Onana adalah pilihan terbaik Manchester United saat ini, dengan karakter yang lebih berani dengan bola ketimbang David de Gea.

Baca Juga

2. Kiper Nekat

Andre Onana saat bersama pelatih Timnas Kamerun, Rigobert Song. Foto: REUTERS/Ibraheem Al Omari.

Ya, Andre Onana dikenal sebagai salah satu kiper yang tidak segan mengambil risiko di depan gawang yang dijaganya.

Hanya saja, Erik ten Hag mungkin harus memerhatikan tindak-tanduk Andre Onana yang mungkin bisa membuat para suporter Manchester United ketar-ketir.

Di Piala Dunia 2022 lalu contohnya. Gara-gara nekad melakukan tindakan-tindakan berisiko dengan bola, Andre Onana sempat berseteru dengan pelatih Timnas Kamerun, Rigobert Song.

Pelatih merasa tidak sepakat dengan gaya bermain Andre Onana di laga melawan Swiss, karena sang kiper terlalu banyak melakukan sentuhan di luar kotak.

Padahal, ia sudah berkali-kali diperingatkan saat sesi latihan, sampai-sampai membuat Rigobert Song hilang kesabaran.

“Onana hebat saat latihan tapi melakukan banyak aksi berisiko saat laga. Saya berkali-kali berkata padanya, jangan ambil risiko,

“Oper bolanya melebar, bukan ke tengah,” kata Rigobert Song tentang kejadian di Piala Dunia 2022 tersebut, masih dalam pemberitaan yang pernah dimuat Daily Mail.

Menyusul tindakan indisipliner itu, Andre Onana dibekukan dari skuad Timnas Kamerun setelah laga kontra Swiss dan memutuskan pensiun dari timnas.

Kini hanya fokus dengan kariernya di level klub, Andre Onana tentu diharapkan banyak orang bisa menjadi pengganti yang sepadan atas kepergian David de Gea.

Pernah berseteru dengan Erik ten Hag dan Rigobert Song pun hanya secuil dari warna-warni kariernya di dunia sepak bola.

Manchester UnitedLiga InggrisErik ten HagAndre OnanaIndepth

Berita Terkini