x

Bima Sakti Akan Coret Pemain Timnas Indonesia U-17 Setiap Akhir Pekan

Kamis, 13 Juli 2023 20:44 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti (tengah) didampingi Indra Sjafri (kiri) dan Roby Darwis. (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT)

FOOTBALL265.COM - Timnas Indonesia U-17 mulai menjalani latihan perdana di lapangan ABC Senayan, Jakarta, Kamis (13/07/23). Latihan dipimpin langsung oleh pelatih Bima Sakti.

Ada 34 pemain yang dipanggil pada seleksi kali ini dan semuanya antusias melahap menu latihan yang diberikan. Kondisi mereka juga dilaporkan sangat baik setelah jalani tes fisik, kesehatan dan psikologis.

Hal itu penting karena skuad Garuda Asia dipersiapkan untuk mengikuti Piala Dunia U-17 2023 pada 10 November - 2 Desember.

"Setelah menjalani tes kesehatan, psikotes, dan penguatan, hari ini kami latihan perdana di lapangan. Kondisi semua pemain cukup baik dan akhir pekan nanti kami adakan internal game," kata Bima Sakti.

Pelatih 47 tahun itu menyampaikan, tidak ada jaminan aman untuk 34 pemain saat ini. Sistem promosi dan degradasi akan tetap dilakukan, apalagi tim pelatih sedang melakukan seleksi terbuka di beberapa daerah. 

Baca Juga

"Setiap pekan kami rencana ada promosi dan degradasi untuk pemain. Apalagi nanti ada masuk pemain dari seleksi yang dibikin di 12 kota.

Jika tidak memenuhi syarat, pemain yang ada saat ini akan dicoret dari pemusatan latihan. Nama baru akan masuk dan itu berlaku hingga September nanti, sebelum Timnas U-17 lakukan TC di Eropa.

Baca Juga

"Yang pasti pemain yang memenuhi kriteria kami dan sesuai dengan kebutuhan tim yang akan dipilih," jelas Bima Sakti.

"Tidak ada keistimewaan untuk setiap pemain, semua mempunyai peluang yang sama untuk masuk di tim U-17 Indonesia," tambahnya.

Baca Juga

1. Rencana Timnas Indonesia U-17 TC di Eropa

Seleksi pemain untuk Timnas Indonesia U-17.

Dari 34 pemain yang ada saat ini, Bima Sakti mempercayakan ke nama-nama pemain dari Timnas U-16 2022 seperti Muhammad Iqbal Gwijangge, Arkhan Kaka, Muhammad Kafiatur dan lainnya.

Untuk pemain keturunan, enam nama dipanggil yakni Welber Halim Jardin, Madrid Augusta, Mahesa Ekayanto, Staffan Qabiel Horrito, Aaron Liam Suitela dan Aaron Nathan Ang.

Baca Juga

Setelah TC di Jakarta, Timnas U-17 direncanakan menjalani latihan di Eropa pada September - Oktober. Harapannya agar pemain tampil maksimal di Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. 

Untuk memimpin Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17, Bima Sakti tetap memakai staf pelatih tahun lalu atau dari Timnas U-16 saat juara Piala AFF U-16 2022. Mereka adalah Indriyanto Nugroho, Firmansyah dan Markus Horison. 

Baca Juga

Namun, akan ada sedikit perubahan. Ada nama staf pelatih yang dipertahankan, tapi ada juga yang diganti. 

Bima Sakti juga akan juga diberikan tiga mentor. PSSI telah menawarkan tiga nama yakni Shin Tae-yong, Indra Sjafri dan direktur teknik baru dari Jerman. 

Baca Juga
Bima Sakti TukimanPiala Dunia U-17Timnas Indonesia U-17

Berita Terkini