x

Nasib Sial Sheikh Jassim dari Paling Unggul Beli Manchester United Sekarang Ingin Didepak Glazer

Jumat, 21 Juli 2023 17:15 WIB
Editor: Juni Adi
Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani, Bankir asal Qatar calon pemilik Manchester United. (Foto: Instagram@ammadutd)

FOOTBALL265.COM - Sheikh Jassim berpotensi untuk didepak oleh keluarga Glazer dari calon pembeli yang sangat difavoritkan mengakuisisi klub Liga Inggris, (Premier League), Manchester United karena bisa mendadak batal dijual.

Nasib penjualan Manchester United yang sudah diniatkan oleh kelurga Glazer sejak akhir tahun 2022 hingga kini masih belum menemui titik terang.

Keluarga Glazer menyerahkan proses penjualan kepada Raine Group. Jadi setiap ada pembeli yang melayangkan penawaran, harus melalui mereka sebelum diteruskan kepada sang pemilik.

Awalnya proses penjualan berlangsung sangat siginifikan, tetapi kini akuisisi klub mulai berjalan lamban, meski sudah menemukan dua calon pembeli potensial yakni Sir Jim Ratcliffe, dan Sheikh Jassim.

Miliarder asal Qatar berlatar belakang bankir, Sheikh Jassim namanya sejauh ini menjadi favorit. Ia bahkan sudah mengajukan tawaran kelima untuk membeli  klub yang berbasis di Old Trafford itu 100%.

Baca Juga

Tawaran kelima itu senilai 5,2 miliar poundsterling menyentuh angka yang diinginkan oleh keluarga Glazer yakni 6 miliar poundsterling.

Sheikh Jassim juga dilaporkan berkomitmen untuk melunasi seluruh hutang Manchester United. Ia juga menyisihkan anggaran untuk belanja pemain Erik Ten Hag, renovasi Old Trafford dan Carrington. 

Baca Juga

Sayangnya, janji-janji Sheikh Jassim itu tidak membuat proses penjualan cepat selesai.  Hingga hari ini, belum diketahui sejauh mana proses penjualan sesungguhnya.

Lantaran kabarnya tertutup dengan aktivitas transfer Manchester United dan persiapan pramusim mereka. 

Kabar terbaru menurut laporan Manchester Evening News, Sheikh Jassim berpotensi didepak dari calon pemilik klub lantaran keluarga Glazer berpotensi tidak jadi menjual klub pada musim panas ini.

Situasi itu disebabkan keluarga Glazer mendesak para calon pembeli itu berani membayar harga yang sudah ditetapkan 6 miliar poundsterling.

Menurut mereka, nilai tersebut layak disematkan ke MU, karena valuasi Setan Merah di masa depan akan semakin tinggi. Tidak hanya itu, di bawah Erik ten Hag juga Setan Merah menunjukan penampilan yang positif.

Laporan lain Bloomberg malah menyebut keluarga Glazer justru sedang mencari investor baru untuk Manchester United, sebagai investor minoritas.

Investor minoritas yang dibuka oleh Avram dan Joel Glazer disebut untuk pendanaan perombakan stadion Old Trafford dan fasilitas klub.

Baca Juga

1. Sheikh Jassim Juga Kehilangan Kesabaran

Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani, Bankir asal Qatar calon pemilik Manchester United. (Foto: Instagram@ammadutd)

Kesabaran Sheikh Jassim bin Hamad Al-Thani terhadap Manchester United juga terlihat mulai habis. Pantas saja Sheikh Jassim kesal. Sebab, proses penjualan klub sudah berlangsung lebih dari 200 hari. 

Skenarionya juga terbilang rumit, bahkan Sheikh Jassim terjebak di dalam konflik keluarga Glazer. Kini, Sheikh Jassim sudah memikirkan opsi alternatif, membeli klub lain.

Berikut beberapa klub Liga Inggris lain yang bisa dibeli Sheikh Jassim jika akhirnya berpaling dari Manchester United, karena proses penjualan yang tak kunjung selesai.

Sheikh Jassim nampaknya sangat menggebu-gebu untuk memiliki klub di Liga Inggris. Ia bahkan sudah memetakan klub mana saja yang berpotensi dibelinya.

Rencana itu sebenarnya muncul sejak dirinya belum masuk dalam proses pembelian Manchester United. Tetapi ketika proposal pembelian mereka disetujui oleh keluarga Glazer, niat itu tenggelam dengan sendirinya.

Baca Juga

Tapi, dilansir Daily Express, karena proses tukar guling dari Keluarga Glazer terlalu lama, niat membeli klub lain akhirnya kembali muncul.

Seluruh klub yang dibidik sebenarnya berasal dari Liga Inggris. Tapi, setidaknya ada dua klub yang jadi calon kuat untuk dibeli Sheikh Jassim, West Ham United dan Tottenham Hotspur.

Baca Juga

"Jika ditolak, dengan mempertimbangkan minat investor Qatar di Premier League, saya asumsikan akan beralih ke klub lain. Bisa saja Tottenham Hotspur.

"Itu sudah dibicarakan sebelum mereka mendapatkan lokasinya, stadionnya, dan tempat latihannya," kata jurnalis BBC Sport, Simon Stone, kepada Stretford Paddock.

Di sisi lain, Glazer juga meminta para calon pembeli untuk bersabar semabari mereka dan Raine Grup mengevluasi tawaran yang masuk tersebut. 

Avram Glazer dikabarkan tidak mau buru-buru dalam mempelajari tawaran yang masuk tersebut. Ia ingin memastikan keuntungan penjualan klub bisa mengakomodir untuk sodara-sodaranya.

Energi Sheikh Jassim juga sebenarnya sudah habis dengan duel melawan juragan INEOS, Sir Jim Ratcliffe. Sheikh Jassim berulang kali melempar tawaran resmi yang lebih tinggi, demi mengalahkan Ratcliffe.

Kekayaan Sheikh Jassim

Dilansir dari Forbes, sang ayah, Sheikh Hamad bin Jassim bin Jaber al-Thani, saat ini memiliki kekayaan bersih 1,2 miliar USD atau sekitar Rp17,8 triliun.

Sementara itu, sebagai anggota kerajaan Qatar, keluarga Sheikh Jassim dikabarkan memiliki kekayaan kolektif sekitar 335 miliar USD atau sekitar Rp4.988 triliun.

Forbes tidak merinci secara khusus total kekayaan Sheikh Jassim, tetapi laman Manchester Evening News menuliskan kekayaan bersih kolektifnya berkisar di angka Rp5.177 triliun.

Sheikh Jassim menjabat sebagai Ketua Qatar Islamic Bank (QIB), salah satu bank terbesar dan kini berada di peringkat ketiga dari daftar 30 perusahaan paling bernilai di Timur Tengah.

Jassim juga menjadi anggota dewan di salah satu bank investasi terbesar di dunia, Credit Suisse, sekaligus memiliki yayasan bernama Nine Two Foundation.

Baca Juga
Manchester UnitedLiga InggrisSheikh Jassim

Berita Terkini