x

Daftar Pelatih yang Mundur di Awal Liga 1 2023/24, Keluarga Jadi Dalih Favorit

Senin, 24 Juli 2023 12:30 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Persib, Luis Milla.

FOOTBALL265.COM - Baru empat pekan kompetisi Liga 1 Indonesia 2023-2024 bergulir, sudah tiga pelatih yang memutuskan mundur dari jabatannya. Satu lokal dan dua asing.

Luis Milla menjadi figur pertama yang memutuskan mundur dari jabatan sebagai pelatih Persib Bandung, Sabtu (15/7/23), setelah pertandingan pekan ketiga kompetisi Liga 1 2023-2023. 

Kemudian dilanjutkan dengan I Putu Gede memutuskan mundur dari jajaran kepelatihan tim Arema FC, Sabtu (22/7/23). Kendati menjabat asisten, ia kerap bertukar pikiran dengan pelatih kepala, Joko Susilo.

Berselang sehari kemudian, Minggu (23/7/23), pelatih asal Singapura, Aidil Sharin Sahak, memutuskan untuk mundur dari jabatan di Persikabo. 

Padahal, pada pekan keempat kompetisi Liga 1 2023-2024, Persikabo berhasil meraih kemenangan usai menaklukkan tuan rumah Bhayangkara FC 1-3 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Sabtu (22/07/23).

Ketiga pelatih tersebut, mundur dengan alasan yang berbeda, namun dua di antaranya, Luis Milla dan Aidil Sharin Sahak, terpaksa meninggalkan timnya karena alasan keluarga. 

Baca Juga

Luis Milla, memutuskan meninggalkan tim bukan karena desakan Bobotoh atau manajemen terkait penampilan Persib Bandung di tiga laga awal Liga 1 2023-2024.

Walaupun, pada tiga pertandingan kompetisi Liga 1 2023-2024, Persib hanya mampu meraih hasil imbang. Namun, Luis Milla mundur dari tim kebanggaan Bobotoh karena alasan keluarga yang ada di negaranya Spanyol.

Faktor persoalan pribadi tersebut menjadi alasan di balik pengambilan keputusan pelatih berusia 57 tahun ini. Sehingga, Luis Milla harus kembali ke Spanyol dan mencurahkan segenap perhatian dan konsentrasi untuk bisa menyelesaikan persoalan itu.

Manajemen Persib sendiri memahami keputusan yang diambil oleh Luis Milla, meskipun setelahnya tiga staf kepelatihan juga turut angkat kaki, yakni Manuel Perez-Cascallana dan Carlos Grande Rodriguez, kemudian Bayu Eka Sari. 

Mereka memutusakan untuk mundur dari jajaran staf pelatih karena sebelumnya datang ke tim kebanggaan Bobotoh berdasarkan rekomendasi dari Luis Milla.

Baca Juga

"Dengan informasi dan keputusan yang sudah diambil oleh Luis Milla, ya kita tetap harus menghormati keputusan tersebut," kata Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono.

"Karena memang ada masalah pribadi, keluarga yang memang harus kita hormati, bahwa itu sudah diputuskan oleh beliau," ujarnya menambahkan.

Sama seperti Luis Milla, Aidil Sharin Sahak juga memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih Persikabo karena alasan keluarga.

Keputusan pelatih asal Singapura tersebut terpaksa harus dia ambil, demi bakti Aidil kepada sang ibu tercinta yang tengah menjalani perawatan insentif di salah satu Rumah Sakit Singapura.

Informasi tersebut disampaikan oleh media officer Persikabo 1973, Nandang Permana, yang menyatakan jika alasan coach Aidil Sharin mengundurkan diri karena alasan personal.

"Coach Aidil mengundurkan diri dari jabatan pelatih karena alasan keluarga di mana saat ini orang tuanya sedang menjalani perawatan intensif di salah satu rumah sakit di Singapura," ungkapnya.

Baca Juga

"Beliau menyampaikan tidak ingin hilang fokus, dan sebagai anak lelaki tentunya harus bisa merawat orang tua saat sakit. Itu alasan yang disampaikan beliau yang saya ketahui," jelasnya.

Keputusan mundur tersebut, tentunya cukup mengagetkan, pasalnya Persikabo baru saja meraih kemenangan usai menaklukkan tuan rumah Bhayangkara FC 1-3 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Sabtu (22/07/23).

Sedangkan I Putu Gede, memutuskan untuk mundur tak lepas dari start buruk yang dijalani Arema FC dalam mengarungi empat pekan awal kompetisi Liga 1 2023-2024.

Situasi ini membuat Arema FC terlempar ke papan bawah, setelah hanya meraup 1 angka hasil dari imbang 3-3 menjamu Persib Bandung, Jumat (7/7/23).

Sedangkan tiga laga berakhir kekalahan. Dimulai saat kalah 0-1 melawan Dewa United (2 Juli), 2-5 di markas Persik Kediri, Sabtu (15/7/23) dan 1-3 versus Bali United, Jumat (21/7/23).

Baca Juga
Persib BandungPersikaboLuis MillaI Putu Gede SwisantosoArema FCLiga 1Bola IndonesiaAidil Sharin SahakBerita Liga 1Persikabo 1973Indepth

Berita Terkini