x

3 Bukti Persis Solo Beruntung Miliki Moussa Sidibe dan Sudah Move On dari Ryo Matsumura

Selasa, 25 Juli 2023 16:29 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Pemain Persis Solo, Moussa Sidibe (kiri) mencoba melewati hadangan gelandang Borneo FC, Adam Alis pada laga pekan ketiga Liga 1 2023/2024 di stadion Manahan, Sabtu (15/07/23).

FOOTBALL265.COM - Persis Solo tak begitu terpengaruh dengan hengkangnya Ryo Matsumura ke Persija Jakarta. Ada bukti yang memperlihatkan Laskar Sambernyawa beruntung memiliki Moussa Sidibe di Liga 1 2023-2024.

Moussa Sidibe merupakan debutan di sepak bola Indonesia. Pemain asal Mali ini sempat lama berkarier di Spanyol sebelum menjajal sepak bola Asia Tenggara.

Persis Solo menjadi tim Asia Tenggara ketiga setelah Johor Darul Takzim dan Ratchaburi FC. Dalam empat penampilan di Liga 1, Moussa Sidibe tampil mengesankan.

Moussa tak terlihat seperti pemain yang susah beradaptasi. Moussa lancar menjalankan strategi karena semua pemain asing dan para pelatih bisa berbicara dalam bahasa Spanyol.

Kehadiran Moussa Sidibe membuat Persis Solo bisa dengan cepat melupakan bintangnya musim lalu, Ryo Matsumura, yang memilih gabung Persija Jakarta.

Baca Juga

Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano, memuji pekerjaan yang telah dilakukan Moussa. Strategi yang diinginkannya bisa berjalan, salah satunya berkat jasa Moussa.

"Moussa terus improve karena dia bekerja keras setiap hari. Di setiap press conference, saya juga selalu bicara bahwa dia adalah pemain penting untuk kita, karena dia bisa bermain dengan ball possesion," jelas Leo Medina.

Baca Juga

"Dia punya kemampuan untuk melakukan itu. Dia pemain yang baik sekali dalam menjalankan game model kita yang mengandalkan ball possesion," lanjutnya.

INDOSPORT.com merangkum statistik penampilan Moussa Sidibe yang membuat Persis Solo beruntung bisa memilikinya. Kehadiran Moussa membuat lini serang Persis Solo lebih mematikan.

1. Bantu Kinerja Messidoro

Moussa Sidibe bekerja dalam dua peran berbeda. Terkadang, Moussa ditempatkan dalam tiga gelandang bersama Alexis Messidoro dan satu pemain lokal.

Baca Juga

Namun dalam situasi tertentu, Moussa dipasang di posisi aslinya sebagai gelandang sayap kanan. Sejauh ini, Moussa sangat bisa membantu Messidoro, terutama dalam menghidupkan serangan.

Moussa mencatatkan 100 umpan sukses dari 135 percobaan. Ia juga melepaskan lima sepakan tepat sasaran dari delapan percobaan.

Dari segala upaya itu, Moussa membantu Persis Solo dalam mencetak tiga gol. Moussa mencetak satu gol dan mencatatkan dua assist dalam empat pertandingan.

Catatan itu lebih bagus ketimbang empat penampilan Ryo Matsumura bersama Persija Jakarta. Ryo mencatatkan 121 umpan dengan 87 umpan tepat sasaran.

Ryo menjalankan perannya di lini serang dengan melepaskan lima tembakan dengan dua di antaranya tepat sasaran. Sejauh ini, Ryo hanya membuat satu gol dan belum mencatatkan assist.

Baca Juga

2. Sukses Bantu Fernando

Prestasi Persis Solo memang belum bagus. Laskar Sambernyawa masih tercecer di peringkat 14 dengan empat poin. Mereka juga kebobolan 10 gol dalam empat pertandingan.

Namun, catatan itu tak sepenuhnya menjadi tanggung jawab Moussa Sidibe. Ia didatangkan dari JDT dengan tanggung jawab utama mempertajam lini serang, terutama membantu Fernando Rodriguez.

Baca Juga

Peran itu bisa dijalankan Moussa dengan luar biasa. Ia sudah membuat dua assist untuk Fernando, yang membuat bomber Spanyol ada di jajaran pencetak gol terbanyak Liga 1 dengan empat gol.

Situasi ini sama seperti saat keduanya membawa JDT II jadi juara Liga 2 Malaysia 2022. Fernando mampu mencetak 8 gol berkat beberapa assist dari Moussa.

Liga 1 2023-2024 masih menyisakan 30 pertandingan lagi. Tentu saja Fernando bakal lebih tajam berkat umpan-umpan terukur dari Moussa Sidibe.

Baca Juga

3. Rajin Bantu Pertahanan

Salah satu hal yang membuat Persis Solo sangat menginginkan Moussa Sidibe adalah statistiknya dalam membantu pertahanan. Ternyata, hal itu sudah dilakukan Moussa dalam empat partai di Liga 1 2023-2024.

Dalam statistik di laman resmi Liga 1, Moussa mencatatkan 5 interceptions dan 11 tackle. Jumlah itu lebih banyak ketimbang Ryo Matsumura di Persija yang hanya mencatatkan satu interceptions dan lima tackle.

Hanya memang, upaya ini masih perlu ditingkatkan lagi. Sistem bertahan Persis Solo terbilang buruk karena kebobolan 10 gol hanya dalam empat laga.

Meski catatan itu bisa diimbangi dengan catatan 9 gol, namun sebagai tim yang memasang target menembus papan atas Liga 1, Moussa Sidibe bersama skuat Persis Solo masih harus kerja keras agar tak kebobolan di setiap pertandingan.

Baca Juga
Persis SoloLiga 1Ryo MatsumuraMoussa Sidibe

Berita Terkini